Cari Tutorial yang Kamu Butuhkan Disini

Segala tutorial cara hosting dan tentang website ada disini

Tutorial Mengatasi Maximum Execution Time Exceeded Menggunakan Cpanel

Pernahkah Anda tiba tiba mengalami error dengan pesan “Fatal Error : Maximum execution time exceeded” setelah website lambat saat diload? Kendala ini terjadi karena webserver menerapkan besarnya waktu maksimal untuk mengeksekusi script. Biasanya konfigurasi ini adalah konfigurasi default yang digunakan webserver untuk menjaga performa akses website. Berikut ini adalah tutorial mengatasi maximum execution time exceeded pada Hosting Indonesia Anda.

Secara default, Apache menggunakan konfigurasi maksimum execution time dalam 30 detik. Apabila website anda mengalami error demikian, berarti script anda membutuhkan waktu eksekusi yang lebih besar yang bisa dikarenakan resource yang diperlukan untuk mengeksekusi script juga cukup besar. 

Lakukan hal berikut jika cpanel di hosting Anda memiliki menu “select php version”


STEP 1 Masuk ke cpanel hosting Anda, lalu pilih menu select php version

Tutorial Mengatasi Maximum Execution Time Exceeded

Langkah ini digunakan untuk mengubah versi php pada hosting Anda. Apabila Current PHP Version anda masih menggunakan native, silahkan mengubah versi php nya sesuai keinginan Anda atau sesuai versi php script yang anda gunakan di lokal komputer anda.


STEP 2 Jika sudah, maka akan keluat tampilan yang kurang lebih sama seperti gambar diatas, lalu pilih Switch to PHP Options

Tutorial Mengatasi Maximum Execution Time Exceeded


STEP 3 Langkah ini adalah untuk mengubah waktu eksekusi maksimal. Secara default max_execution time adalah 30. Anda bisa mengubahnya menjadi 60 atau sesuai kebutuhan script anda. Angka ini menunjukkan waktu lama eksekusi dalam satuan detik atau sekon. Lalu klik save. seperti pada gambar berikut ini.

 Tutorial Mengatasi Maximum Execution Time Exceeded


Jika Anda telah mengikuti tutorial mengatasi maximum execution time exceeded di atas, silahkan Anda coba kembali untuk mengakses website Anda. Seharusnya jika langkah-langkah telah diikuti dengan benar, maka ketika Anda mengakses website Anda, Anda tidak akan menjumpai pesan error “Fatal Error : Maximum execution time exceeded” ketika di script website Anda membutuhkan waktu eksekusi script yang cukup lama. Jika masih belum berhasil, silahkan Anda periksa kembali langkah demi langkah di atas, periksa kembali versi php ataupun waktu eksekusi maksimal yang Anda atur.


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?

Leave a Comment





Akses cepat dari dalam maupun luar negeri! Coba Cloud Hosting Singapore Sekarang! Kuota Terbatas!

AMBIL DISKON 30%