Eka Zahara
Latest posts by Eka Zahara (see all)

Pengantar 

Haloo Sob! Kamu sudah tau tentang Google Sites? Kalau belum tau, yuk kenalan dulu. Jadi Google Sites ini adalah salah satu kemudahan yang disediakan oleh Google untuk kamu yang ingin membuat website dengan mudah tanpa keahlian coding. Tampilannya yang nyaman akan membuat user mudah membuat website keren tanpa ribet. Ya, jadi konsepnya adalah Content Management System (CMS) seperti WordPress.

Setelah website kamu jadi, nantinya akan dapat diakses dengan menggunakan https://sites.google.com/view/namawebsite. Namun tentunya buat kamu yang menggunakan websitenya sebagai portofolio atau website profile bisnis kamu akan tampak kurang profesional dong. Maka dari itu, di panduan kali ini kita akan mencoba untuk mengarahkan domain kamu menuju website di Google Sites yang sudah kamu buat sebelumnya. Yuk simak terus panduannya 🙂

Persyaratan

  1. Memiliki domain aktif. Jika kamu belum memiliki domain, kamu bisa beli dulu melalui halaman order domain id ataupun domain tld
  2. Menyiapkan website di Google Sites

 

Step 1 : Buat Website Kamu Di Google Sites

Pertama-tama kamu harus menyiapkan dulu website yang akan kamu publish di Google Sites. Kamu bisa akses menuju ke https://sites.google.com/new untuk membuat website baru.

Step 2 : Tambahkan Custom Domain

Masuk ke menu Setting berbentuk gear terlebih dahulu.

Pilih Domain Kustom > Mulai Penyiapan

Pilih Gunakan domain dari pihak ketiga > Berikutnya

Tambahkan domain kamu lalu klik pada Verifikasi kepemilikan anda

Step 3 : Verifikasi Domain Kamu

Setelah itu kamu akan diarahkan menuju ke halaman metode verifikasi. Pada pilihan Select your domain registrar or provider pilih Other

Kamu akan mendapatkan dua opsi untuk melakukan verifikasi domain yaitu dengan menambahkan TXT record atau CNAME record

Untuk menambahkan DNS record pada domain kamu bisa ikuti panduan setting DNS domain di member area.

Contohnya seperti ini,

Jika sudah menambahkan DNS recordnya kamu bisa kembali ke halaman verifikasi domain lalu klik tombol Verify

Tunggu prosesnya hingga domain kamu berhasil terverifikasi

Step 4 : Lanjutkan Proses Tambah Domain Kustom

Setelah dilakukan verifikasi, kamu bisa kembali lagi ke halaman Google Sites. Lakukan refresh atau tambahkan ulang domain kustom kamu agar terupdate statusnya.

Jika domain sudah diverifikasi akan muncul tanda centang biru di bagian kanan, lanjutkan dengan klik tombol Berikutnya hingga domain kamu berhasil masuk ke daftar Domain yang terhubung 

 

Step 5 : Publikasikan Website

Selanjutnya kamu bisa publikasikan websitenya dengan klik Publikasikan

Isikan kolom Alamat Web dengan kebutuhan kamu. Kolom ini diisikan untuk sebagai penamaan saat website kamu diakses menggunakan url default Google Sites. 

Kamu perlu menunggu kurang lebih 48 jam kedepan untuk website kamu bisa diakses menggunakan domain kustom yang sudah kamu tambahkan.

Penutup

Bagi kamu yang ingin membuat website untuk bisnis atau portofolio kamu di Google Sites tapi ingin url nya tampak lebih profesional, ini solusi untuk kamu. Gimana? Mudah bukan cara mengarahkan domain kamu ke Google Sites. Silahkan mencoba Sob.

Kalau kamu merasa kesulitan atau ada yang ditanyakan, silahkan menghubungi tim support melalui chat atau ticket di member area ya.

 

 

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?