Cara Pindah WordPress Dari Hosting Lama ke Baru

Latest posts by Dwi Marta Marwatul Wardah (see all)

Halo sobat Jagoan! Kamu tahu tidak apa itu backup? Backup adalah sebuah proses membuat salinan data atau file yang bertujuan untuk antisipasi apabila kedepannya data atau file kamu mengalami kerusakan atau error.

Nah bagi kamu pengguna CMS WordPress, di tutorial kali ini kamu akan melakukan proses backup manual dari data dan file WordPress kamu. Tujuannya sama, yaitu untuk antisipasi pribadi apabila data atau website Wordpess kamu mengalami kerusakan.

Namun sebelum memulai mengikuti tutorial ini, pastikan kamu sudah menyiapkan hal-hal berikut ini ya sob :

  1. Pastikan hosting dalam kondisi aktif
  2. Memiliki akses ke hosting dan phpmyadmin

1. Masuk ke Panel Hosting

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke panel hosting terlebih dahulu. Untuk masuk ke hosting kamu bisa menggunakan tombol Login ke Directadmin atau Login ke Cpanel yang ada di member area. Atau kamu bisa cek di panduan Login ke Directadmin dan Login ke Cpanel ya sob.

Login ke Directadmin

Login ke Cpanel

2. Menuju ke Menu File Manager

Dalam melakukan backup WordPress secara garis besar akan ada dua proses yaitu backup file dan juga backup database. Nah, di langkah nomor 2 ini kamu akan melakukan backup untuk file website wordpress.

Setelah kamu berhasil masuk ke hosting, selanjutnya kamu perlu masuk ke menu File Manager. Hosting dengan panel Directadmin dan Cpanel memiliki tampilan yang berbeda namun keduanya sama-sama memiliki fitur File Manager. Lanjutkan dengan masuk ke Menu File Manager.

File Manager di Directadmin

File Manager di Cpanel

3. Backup File di File Manager

Setelah masuk ke menu File Manager yang ada di hosting, kamu akan melakukan proses compress file yang bertujuan untuk mengemas file kamu dalam satu folder yang ukurannya lebih kecil sehingga lebih efisien untuk disimpan di komputer kamu.

Backup File di Hosting Directadmin

Bagi kamu yang menggunakan hosting Directadmin, kamu bisa masuk ke folder Domains >> Pilih domain kamu >> Klik pada folder public_html.

Setellah itu klik kanan pada public_html dan pilih opsi Compress and Download

Tunggu proses compress hingga selesai. Setelah proses compress selesai, secara otomatis folder yang telah di compress akan terdownload di komputer kamu.

Backup File di Hosting Cpanel

Untuk kamu yang menggunakan hosting Cpanel, kamu bisa menuju ke folder dari domain yang akan kamu backup. Sebagai contoh misal backup akan dilakukan untuk domain utama maka kamu bisa masuk ke folder public_html.

Setelah itu klik salah satu file atau folder yang ada di dalam folder public_html lalu klik kanan dan pilih opsi Select All

Lanjutkan dengan klik kanan kemudian pilih opsi Compress

Pilih tipe compress yang akan digunakan, sebagai contoh disini tipe compress menggunakan .zip. Setelah itu berikan nama pada file compress, contohnya disini nama file compress menggunakan backup.zip. Jika sudah lanjutkan dengan klik Compress Files

Proses compress akan memakan waktu beberapa saat. Setelah prosesnya selesai akan muncul file baru yang merupakan backup file kamu. Klik kanan pada file tersebut dan lanjutkan dengan klik Download untuk menyimpan ke komputer.

4. Backup Database di Phpmyadmin

Proses selanjutnya adalah melakukan backup database website kamu melalui menu Phpmyadmin dengan proses Export. Sebelumnya kamu perlu memastikan apa nama database dari WordPress kamu. Caranya adalah dengan cek pada file wp-config.php pada bagian 'DB_NAME'.

Jika kamu sudah memastikan nama database WordPress, lanjutkan dengan masuk ke menu Phpmyadmin yang ada di hosting kamu.

Phpmyadmin di Directadmin

Phpmyadmin di Cpanel

Setelah masuk di menu Phpmyadmin, lanjutkan dengan klik pada nama database yang sudah kamu cek sebelumnya. Lalu klik di opsi Export >> GO

Tunggu proses export selesai, setelah itu secara otomatis hasil export akan terdownload menuju ke komputer kamu.

Selamat, kamu sudah melakukan proses terakhir dan berhasil membuat backup manual untuk website WordPress. Kamu bisa membuat file backup ini sebanyak yang kamu butuhkan ya, sob. Apabila kamu mengalami kendala atau membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi tim support Jagoan Hosting melalui tiket atau chat di member area. Kami siap sedia bantu kamu 24/7.

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?