Memasuki tahun yang baru, sistem atau aturan yang berlaku bisa juga mengalami pembaharuan. Lalu, di tahun 2021 ini, Algoritma Google mengalami perubahan nggak ya?

SEO, salah satu yang terikat Algoritma Google

algoritma google
gambar dari unsplash

Dari hari ke hari, SEO makin menjadi channel marketing andalan bagi seluruh pebisnis. Hal tersebut dibuktikan dari 70 sampai 80% pengunjung di Google ternyata lebih tertarik dengan hasil pencarian organik. Mereka mengabaikan ads atau iklan yang muncul di hasil pencarian. 

Fenomena tersebut terjadi karena manusia akan menaruh kepercayaan lebih kepada sesuatu, misalnya website, yang memiliki kredibilitas tinggi. Oleh karena itu, semua bisnis atau bahkan perseorangan sikut-sikutan untuk meraih kepercayaan user dengan menggunakan SEO.

Kenapa Harus Google?

Hampir 90 persen dari jumlah populasi pengguna internet di dunia menggunakan Google Search. Hal tersebut membuktikan bahwa Google memiliki kredibilitas yang tinggi dari segi konten, sistem dan experience yang ditawarkan. Google memang dibuat untuk mencari data yang dapat diakses oleh publik dari penyedia web server.

Pada dasarnya, setiap sistem atau software pasti mengalami pembaharuan supaya lebih nyaman dan mudah digunakan. Hal itu pula yang terjadi pada Google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. Brandingnya yang sudah mendominasi menyebabkan Google tidak lagi membuat pasar; pasar sudah mengikuti kebutuhan Google.

Berawal dari 1997 hingga saat ini, Google tetap menjadi yang pertama bagi para pengguna internet untuk mengatasi kemalasannya. Kamu mau tau nggak alasan kenapa Google yang dipilih jadi nomor satu? Kalau Mimin sih bakal bilang karena Google adalah mesin pencari yang paling akurat dan selalu up-to-date.

Perubahan Algoritma Google

Selama bertahun-tahun, algoritma Google telah diperkaya dengan ratusan atau bahkan ribuan faktor pendukung. Salah satunya dengan menggunakan machine learning. Makanya, Google masih tetap menjadi cara paling tepat kalau kamu mau cari tahu sesuatu di internet.

Biasanya secara berkala algoritma Google akan mengalami pembaharuan. Seperti yang telah disiapkan Google untuk tahun 2021. Namun, mumpung Google belum meng-update algoritmanya karena terhalang pandemi, kamu jadi masih bisa mempersiapkan strategi untuk “berperang” di algoritma Google yang baru.

Buat Website dengan Experience yang Menyenangkan

Pembatalan update algoritma Google menyebabkan Google memberi kisi-kisi tentang pentingnya Page Experience untuk websitemu. Page Experience adalah tolak ukur bagaimana user memandang dan merasakan pengalaman berinteraksi dengan halaman website.

Jika kamu memperhatikan faktor ini dengan riset yang cukup, website akan menjadi lebih optimal dalam menarik dan mendatangkan user dari berbagai browser dengan berbagai perangkat.  Dengan mengoptimalkan Page Experience, kesuksesan objektif di website dapat meningkat dan user serta engagement dapat naik juga.

Yang ingin di-highlight dari perubahan algoritma Google untuk 2012 adalah reaksi user akan sangat mempengaruhi seberapa bermanfaat dan kredibel website yang kamu kelola atau miliki. Jadi, kamu sudah tahu belum gimana caranya untuk mengoptimasi user experience di websitemu? Kalau belum, ada beberapa tips yang bisa kamu coba nih dari Jagoan Hosting!

  1. Benahi website experience bahkan sampai ke page experience;
  2. Optimasi kecepatan website dan kurangi 400 errors;
  3. Bandingan experience di websitemu dengan website lainnya;
  4. Analisis ulang desain website;
  5. Install SEO tools untuk membantumu men-generate keywords yang terbaru dan sesuai dengan kebutuhan website.

Itu dia tips yang bisa kamu aplikasikan supaya algoritma Google bisa lebih melirik websitemu di tahun 2021! Biar website experience lebih lancar, nggak ada salahnya untuk mencoba pakai Hosting Terbaik atau VPS Indonesia dari Jagoan Hosting ya, Sob. Dijamin websitemu bakal ramai visitor deh!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like