3 Hal Ini Wajib Dilakukan Agar Hubungan dengan Pelanggan Makin Dekat

“People do not buy goods and services. They buy relations, stories and magic”
(Seth Godin)

Kalau berbicara tanggung jawab melayani pelanggan di sebuah perusahaan, apa yang terbersit dalam pikiran kamu? Banyak dari kamu mungkin yang menjawab customer service.

Padahal tanggung jawab melayani pelanggan dengan setulus hati bukan lagi tugas customer service perusahaan, tapi merupakan tanggung jawab semua orang yang ada di dalam perusahaan. Tal terkecuali untuk seorang public relations.

Pastikan tiga hal ini tidak kamu lewatkan agar hubungan perusahaan dengan pelanggan senantiasa baik:

 

1. Berikan ucapan bagi pelanggan yang berulang tahun

 

Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan kita. Semuda mengirimkan email atau sms ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil yang bermakna dan berarti bagi mereka.

 

2. Buatlah acara rutin untuk pelanggan tetap

 

Gathering maupun kopi darat atau yang sering dikenal dengan sebutan kopdar bersama pelanggan juga menjadi hal-hal yang sangat berarti bagi pelanggan tetap perusahaan. Tak melulu membicarakan tentang produk yang ditawarkan, buatlah konsep acara yang menyenangkan sehingga Jangan sampai aktifitas rutin yang dijalani hanya berfokus pada mencari pelanggan baru saja, tapi menjalin hubungan baik dengan pelanggan tetap juga harus menjadi prioritas.

3. Publikasikan keberhasilan pelanggan setelah menggunakan produk kita

Keberhasilan pelanggan juga menjadi kebahagiaan bagi perusahaan. Buat cerita dan kisah yang menarik untuk membantu pelanggan kita lebih dikenal oleh banyak orang. Dengan mempublikasi keberhasilan pelanggan setelah menggunakan produk kita, tak hanya memberikan apresiasi bagi pelanggan tapi juga menjadi sarana bagi calon pelanggan kita untuk lebih percaya dan tertarik untuk menggunakan layanan atau produk kita.

Cek Konten Lainnya:
Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Terbaik

Itulah tiga tips dan trik sukses Jagoanhosting.com sebagai salah satu perusahaan penyedia hosting dan domain murah di Indonesia sejak tahun 2006 dan telah memiliki puluhan ribu pelanggan tetap yang senantiasa loyal. Tetap jaga hubungan baik dengan pelanggan agar hubungan dapat terjalin untuk jangka waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tunggu Dulu Jangan Sembarangan Melabeli Diri Anda Entrepreneur
Read More
Tunggu Dulu! Jangan Sembarangan Melabeli Diri Anda Entrepreneur Muda Sebelum Baca Ini!
Dunia penuh sesak dengan label entrepreneur. Banyak orang mengakui dirinya sebagai seorang entrepreneur. Tak jarang bahkan yang menjadikan…
fenomena digitalisasi di masa pandemi
Read More
Fenomena Digitalisasi di Masa Pandemi, Apakah Efektif untuk Aktivitas Sehari-hari?
Fenomena Digitalisasi di Masa Pandemi – Sepertinya bukan hal asing lagi ya Sob kalau aktivitas sehari-hari saat ini…