Instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak, Hal tersebut sangat berpotensi jika mulai jualan di Instagram. Jika kamu masih belum mulai mengoptimalkan akun Instagram kamu untuk penjualan, Maka kamu akan kehilangan peluang besar.

Berdasarkan laporan belakangan ini, 75 persen dari pengguna Instagram akan mengambil tindakan, seperti mengunjungi situs web atau melakukan pembelian, setelah melihat iklan Instagram.

1. Optimalkan Profil Bisnis Instagram Kamu

Profil instagram menjadi kunci utama kamu dalam jualan di Instagram, Untuk tujuan memasarkan produk Sebaiknya kamu membuat feed Instagram yang dirancang dengan indah seperti halnya kamu membuat situs web.

Pastikan profil instagram kamu menarik untuk dilihat, Agar instagram kamu terlihat lebih menarik pastikan terdapat beberapa aspek, Seperti; 

  • Foto profil: Pilih foto sesuai dengan brand kamu, Baik itu logo ataupun profil khusus bisnis dan pastikan nama kamu mudah diidentifikasi.
  • Bio Instagram: Bio Instagram menjadi sangat penting. Bio berfungsi untuk mendeskripsikan bisnis kamu, Maka dari itu buat deskripsi yang jelas tentang bisnis dan biarkan mereka tahu persis apa yang kamu tawarkan pada instagram kamu.
  • Tautan: Pada bagian URL dari bio, Pastikan kamu menggunakan untuk mengarahkan pengunjung profil ke toko online atau informasi produk. Jadi jangan lupa untuk menambahkan tautan di bawah bio instagram kamu.

Buatlah pengunjung profil instagram bisnis kamu memiliki kesan yang hebat dan menarik agar orang tertarik untuk mengikuti instagram kamu. 

2. Beriklan untuk Mencapai Target Audiens

Ketika kamu mulai berjualan di Instagram kamu mungkin kesulitan mendapatkan pengikut atau orang yang tertarik pada jualan kamu. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan cara beriklan. Jika kamu belum tahu tentang Instagram Ads, Kamu bisa membaca artikel tentang mengenal Instagram ads.

Instagram ads sangat bermanfaat untuk mulai berjualan di instagram, Kamu bebas menempatkan iklan dimana saja, dan berapa lama Anda ingin menjalankannya. Instagram menyediakan berbagai opsi penargetan, sehingga kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Dengan beriklan kamu mencapai target audiens kamu, Sehingga kamu bisa mulai mendapatkan lebih banyak pengikut pada profil instagram bisnis kamu. Selain itu, Instagram akan secara otomatis menarik “audiensi serupa” yang dapat kamu bagikan posnya, Kamu juga dapat dengan mudah membuat audiens sendiri di aplikasi dengan memilih minat, rentang usia, dan jenis kelamin.

Kamu dapat mulai beriklan dengan anggaran kecil dan menjalankan iklan kamu selama beberapa hari untuk menguji segalanya. Untuk melacak kinerja iklan , Kamu cukup klik “Lihat Hasil” di sudut kiri bawah iklan kamu.

3. Buat Instagram Story tentang Produk yang Menarik

Buatlah instagram story dengan menyematkan tautan produk didalamnya, Namun sayang nya untuk menggunakan fitur “swipe up” kamu harus memiliki follower diatas 10 Ribu,

Instagram Stories memberikan peluang sempurna bagi bisnis untuk terlibat dengan audiensi secara lebih sering dan pribadi. Banyak merek menggunakan Instagram story untuk menangkap produk mereka dalam aksi, mempromosikan penawaran khusus, atau memamerkan item baru.

Saat menambahkan tautan pada Instagram story, Kamu akan melihat panah kecil dan teks “Lihat Lainnya” muncul di bagian bawah gambar kamu. Karena teks kecil ini mungkin tidak diperhatikan, Kamu juga dapat menambahkan teks yang mengarahkan pengguna ke “Swipe Up” (atau yang serupa) untuk visibilitas tambahan.

4. Jadikan Feed Instagram kamu Shoppable

Jualan di Instagram
Shoppable Instagram

Fitur belanja Instagram memungkinkan perusahaan untuk menandai produk yang tersedia untuk dijual dan memungkinkan pengguna membelinya langsung di dalam aplikasi.

Plugin Shopify seperti Shoppable Instagram Galleries menjadikan bisnis kamu lebih mudah untuk melakukan penjualan. Fitur Pembelian Instan memungkinkan pengunjung menambahkan item ke troli dan membeli produk langsung dari gambar di feed kamu.

Dengan membuat instagram kamu lebih shoppable kamu memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

5. Riset dan Tambahkan Hashtag yang Sedang Viral pada Postingan

Jualan di Instagram
Hashtag Instagram

Hashtag dapat menjadi hal yang bagus untuk menempatkan brand kamu di depan jutaan orang yang berpotensi. Namun, penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak tagar dalam posting kamu. Melakukan hal itu dapat membuat posting kamu terlihat seperti spam dan usaha kecil.

Penggunaan hashtag sangat penting, Hashtag berfungsi sebagai daya tarik di Instagram dan menjangkau pemirsa yang sama sekali baru, Maka dari itu  harus menguasai seni tagar.

Jauh lebih baik untuk fokus pada beberapa tagar yang ditargetkan dan sangat diperdagangkan. Ini akan meningkatkan peluang orang yang tepat melihat posting kamu. Dengan memilih tagar dengan hati-hati, Anda akan memastikan bahwa orang-orang yang menemukan pos kamu berada di demografis target Anda.

6. Kerjasama dengan Influencer

Jualan di Instagram dengan bekerja sama dengan influencer sangat disarankan, Semakin mudah bagi pelanggan untuk menggambarkan produk/brand  menggunakan produk kamu, semakin mudah untuk menjual kepada mereka.

Jika kamu tidak memiliki anggaran untuk bermitra dengan influencer besar, pertimbangkan untuk mulai mencari influencer mikro yang potensial. Penting bagi kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan strategi dan sasaran kampanye.

Sebelum kamu memulai kampanye pemasaran influencer, Kamu menetapkan tujuan yang jelas akan mendorong keputusan perencanaan awal dan membantu kamu menentukan yang paling cocok untuk kemitraan kamu.

Saat bekerja dengan influencer, penting untuk membuat kemitraan berbayar terasa sealami mungkin. Duduk seorang influencer di kursi untuk membicarakan betapa hebatnya produk kamu kemungkinan akan muncul sebagai iklan dan dengan cepat akan kehilangan perhatian pemirsa.

7. Analisis Kinerja Instagram Kamu

Yang terakhir yaitu melakukan analisis dari hasil kinerja kamu, Kamu bisa memanfaatkan tools analytic instagram untuk mengetahui performa instagram kamu. Apa saja yang harus dikembangkan dan bagaimana strategi social media marketing kedepannya untuk memaksimalkan jualan di instagram.

Dengan bantuan tools kamu dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar jualan laris manis. Itulah beberapa informasi mengenai cara berjualan di instagram. Yuk mulai praktek dan dapatkan uang lebih dari jualan di instagram.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like