Bingung menentukan akan menggunakan web hosting seperti apa untuk website kamu? Terlalu banyak provider hosting membuat kamu pusing mikirin menggunakna penyedia yang mana. Tak perlu khawati karena artikel ini akan membahas bagaimana memilih web hosting terbaik.

Mau tahu bagaimana memilih penyedia web hosting? Apa saja kriteria yang dinilai dalam menentukan web hosting untuk website kamu? Yuk simak informasinya disini!!

Kriteria dalam Menentukan Web Hosting Terbaik

1.  Kecepatan Akses

Siapa sih yang tidak ingin punya website yang cepat? Pasti itu idaman pemilik website. Tips untuk mengecek kecepatan calon web hosting adalah melakukan trace route pada calon IP server website kita. Semakin sedikit hop yang muncul, maka semakin ramah web hosting terhadap ISP yang kita pakai.

Kecepatan akses ini bisa ditentukan dengan lokasi server web hosting, Jika targer audiens kamu berlokasi indonesia maka kamu harus memilih web hosting dengan lokasi server indonesia. Jika kamu mentargetkan Indonesia dan mancanegara maka lokasi server terbaik yaitu Singapura.

2. Memiliki Performa yang Sangat Baik

Pastikan performa web hosting memiliki performa yang sangat baik, Performa web hosting dapat dinilai berdasarkan penggunaan infrastruktur. Pastikan infrastruktur yang digunakan oleh penyedia hosting merupakan yang terbaik, Seperti lokasi data center, Network, Media penyimpanan (Pastikan SSD), dll.

Untuk media penyimpanan pastikan menggunakan SSD atau NVME, Karena dengan menggunakan media penyimpanan terssebut website akan memiliki performa yang lebih baik dan lebih cepat diakses.

Kamu bisa menganalogikan Website sebagai bangunan, Web Hosting sebagai petak tanah. Analogikan Data Center sebagai sebuah kota dan Network sebagai akses jalan untuk mencapai satu kota lain. Agar perjalanan pengakses lain ke website kita lancar, tentu diperlukan dukungan infrastruktur lainnya berupa data center dan network yang handal dan berkualitas.

3. Mampu Menjaga Keamanan dan Privasi

Data adalah barang berharga yang sangat penting yang kita percayakan untuk dijaga oleh provider web hosting. Web hosting yang dapat mengerti hal ini dan mampu menjaga kerahasiaannya adalah web hosting yang dapat diandalkan. Pastikan web hosting anda adalah salah satunya.

Jagoan Hosting memiliki ISO 27001 yang berari keamanan yang diterapkan jagoan hosting merupkan standard internasional.

4. Bantuan Support 24×7 Jam

Walaupun banyak web hosting yang menjamin layanan selama 24×7, tetapi pastikan bahwa 24×7 benar-benar dipenuhi. Jangan ragu untuk menghubungi pada jam tidur atau bahkan subuh sekalipun untuk memastikan web hosting anda menepati janjinya.

Jagoan Hosting memiliki ISO 9001 yang berari layanan yang diberikan oleh jagoan hosting sesuai dengan standard internasional. Kamu tak perlu khawatir untuk bantuan SUpport. Kamu juga bisa menghubungi virtual assistand andro untuk bantuan support secara otomatis.

5. Layanan Ramah dan Profesional

Kesan pertama mengontak webhosting sangat penting untuk menjalin suatu hubungan yang panjang. Tetapi jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pastikan jangan hanya pada kesan pertama saja web hosting anda bersahabat.

Jagoan Hosting menganggap customernya merupakan Sobat, Jadi tak perlu khawatir. Jagoan hosting akan memberikan layanan yang ramah dan profesional. Maka dari itu, Kamu harus menentukan web hosting dengan layanan ramah dan prfoesional.

6. Harga Sesuai, Plus Layanan Prima

“Paling murah dengan kualitas paling baik di antara pesaing lainnya”. Jangan terjebak dengan bahasa marketing itu. Harga pasti berbanding lurus dengan kualitas. Dengan harga yang semakin tinggi, tentu saja spesifikasi server semakin bagus, dan pemeliharaan server semakin rutin.

Beberapa provider web hosting memiliki cara tersendiri untuk menekan harga menjadi sekecil mungkin tetapi tetap menjaga kualitas dengan sebaik mungkin. Temukan web hosting tersebut. Tentu saja, dengan melakukan perbandingan.

7. Memenuhi Jaminan Server Uptime

Setiap provider web hosting memiliki jaminan server uptime masing-masing. Tekadang server malfunction karena serangan eksternal, maintenance bulanan, dan sebagainya biasanya tidak masuk dalam jaminan tersebut.

Cara paling mudah untuk mengetahui berapa persen server uptime yang dijamin adalah dengan mencermati Aturan dan Layanan suatu web hosting. Dan sekali lagi, dengan melakukan perbandingan bersama teman sesama pengguna hosting.

Nah bagaimana? Sudah mulai mantap menentukan web hosting denganpilihan yang tepat, kan? Hosting manapun yang kamu pilih, pastikan sudah cocok dengan kebutuhanmu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like