Sebelumnya telah membahas beberapa cara untuk menerapkan lazy load pada website, Dan salah satunya yaitu menggunakan Plugin Lazy load wordpress. Buat yang belum tahu, Lazy load merupakan salah satu cara untuk mempercepat loading dan meningkatkan performa website.

Semakin baik performa website kamu, Maka akan lebih mudah untuk menempati halaman pertama google, Karena performa website menjadi salah satu faktor dalam SEO. Nah artikel ini menjelaskan sedikit tentang lazy load dan merekomendasikan beberapa plugin lazy load terbaik untuk website wordpress.

Apa itu Lazy Load?

Lazy Load adalah Lazy Load adalah sebuah teknik untuk membuat pemuatan gambar di website menjadi tidak sinkron, Ini berfungsi untuk menjaga browser agar tetap tidak memuat bagian halaman web (biasanya gambar) dengan cara  menunda bagian tersebut sampai mereka benar-benar dibutuhkan. 

Dengan begitu, page size lebih kecil dan menyebabkan website lebih cepat diakses. Dengan kata lain, Sebuah gambar tidak akan dimuat sampai pengunjung menggulir dan gambar berada dalam viewport, Jadi browser tidak perlu menunggu halaman tersebut memuat cukup lama. 

Keuntungan Lazy Load

  1. Mempercepat Loading Website
  2. Menghemat bandwidth dan Resource server, Lazy load akan mengurangi beban server baik dari segi resource maupun bandwidth. Dengan begitu performa website akan menjadi lebih baik
  3. Pengunjung tidak perlu membuang banyak waktu hanya untuk menunggu gambar yang bahkan tidak akan mereka lihat.
  4. Meningkatkan User Experience, Dengan Lazy load pengalaman pelanggan semakin baik. Terutama untuk mereka yang memiliki koneksi yang cukup buruk.

Plugin Lazy Load untuk WordPress Terbaik

Meskipun memungkinkan untuk menambahkan Lazy Load ke WordPress secara manual, Dengan berbagai cara yang telah disebutkan di konten sebelumnya. Namun dengan menggunakan plugin lazy load maka menerapkan fitur lazy load semakin mudah.

Hanya dengan menggunakan salah satu rekomendasi plugin di bawah ini dan  mengaktifkannya saja dan tanpa perlu konfigurasi yang berlebih, Kamu bisa membuat website kamu memiliki performa yang lebih baik. Nah berikut ini rekomendasi plugin Lazy load wordpress terbaik.

1. Lazy Load

Lazy load adalah plugin yang memungkinkan kamu untuk menerapkan fitur lazy load pada website kamu. Plugin ini telah memiliki lebih dari 90.000 pemasangan, Kontributor dari plugin ini adalah tim Automattic yang merupakan pengembang wordpress.

Plugin ini menggunakan jQuery.sonar untuk memuat setiap gambar yang ada pada halaman hanya dimuat ketika mereka muncul di viewport. Plugin unzipped ini hanya berukuran 20 KB dan kamu hanya perlu menginstal dan mengaktifkannya untuk menggunakannya tanpa harus kesulitan dalam mengkonfigurasi. 

2. WP Rocket

Plugin Lazy Load Gratis
Lazy Load by WP Rocket

WP Rocket merupakan salah satu plugin All in One dimana plugin ini memiliki banyak sekali fiturnya seperti caching, minify file, terutama plugin caching dan salah satu fiturnya yaitu Lazy Load. Fitur lazy load memungkinkan untuk digunakan pada gambar atau iframe termasuk thumbnail, konten widget, avatar, dan emoji.

Plugin ini merupakan plugin premium, Namun kamu bisa menggunakan versi gratisnya dengan cara menginstall Lazy Load by WP Rocket. Plugin tersebut tidak menggunakan library JavaScript apapun, Sehingga hanya memiliki ukuran sekitar 10KB.

3. a3 Lazy Load

Plugin Lazy Load Terbaik
a3 Lazy Load

A3 Lazy Load adalah plugin lazy load gratis ini memungkinkan kamu untuk menerapkan lazy load pada gambar, video, dan iframe dalam postingan, halaman, widget, thumbnail, dan avatar. Bahkan plugin ini juga berfungsi untuk menyematkan postingan dan kompatibel dengan WooCommerce.

Tim a3 Lazy Load mengklaim sebagai “Plugin lazy load dengan berfitur paling lengkap, Dan sangat mudah untuk mengatur plugin ini”. Plugin ini memungkinkan kamu untuk memilih apakah akan memuat skripnya di header atau footer dan mengabaikan gambar atau video.

4. BJ Lazy Load

BJ Lazy load adalah plugin lazy load gratis terbaik yang simple dan sederhana, Plugin ini telah memiliki lebih dari 60.000 pemasangan. Bahkan plugin ini juga memiliki review bintang yang cukup baik. 

Plugin ini sangat simple untuk menerapkan lazy load pada website, Cukup dengan menginstall plugin ini dan mengaktifkannya maka fitur lazy load akan diterapkan secara otomatis. Tidak ada pengaturan berlebih dalam menggunakan ini. Plugin ini akan menggantikan semua gambar dan iframe (termasuk video YouTube dan Vimeo) di konten dengan placeholder hingga dilihat. 

5. WordPress Infinite Scroll – Ajax Load More

Plugin ini sangat cocok untuk menerapkan lazy load untuk pada scroll postingan, single post, page, komentar, dan elemen halaman lainnya dengan membangun shortcode custom kamu sendiri. 

Plugin ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk menerapkan lazy load pada semua elemen dalam website kamu. Plugin ini juga memiliki konfigurasi yang cukup mudah, Jadi kamu tidak akan terlalu susah untuk menggunakan plugin ini.

Dengan page load time menjadi faktor penting dalam SEO dan User Experience, menerapkan Lazy Load merupakan cara terbaik untuk meningkatkan performa dan mempercepat loading website.

Teknik ini juga dapat mengurangi page size dan permintaan HTTP, Dan memungkinkan pengunjung untuk melihat website yang diinginkan dengan lebih cepat tanpa harus menunggu pemuatan secara penuh. Kamu bisa menggunakan salah satu rekomendasi plugin lazy load wordpress gratis terbaik untuk mulai menerapkan fitur lazy load pada website.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like