Dengan berkolaborasi suatu pekerjaan bisa dikerjakan dengan cepat, Salah satunya yaitu Kolaborasi coding bagi para programmer. Para programmer terutama pekerja remote akan menggunakan tools kolaborasi khusus coding.

Kolaborasi kode real time kini telah menjadi solusi yang layak, Terutama para pekerja remote ataupun pair programmer. Teknik koloorasi di mana dua developer software bekerja sama secara bersama untuk lebih cepat dan mudah menyelesaikan proyek mereka.

Keduanya akan bekerja sama menulis, mengamati dan meninjau kode walaupun mereka berbeda tempat. Mereka dapat saling bekerja sama dalam mengerjakan projek dengan bantuan tools kolaborasi coding. Nah berikut ini beberapa rekomendasi tools kolaborasi coding terbaik yang bisa digunakan :

1. Microsoft Visual Studio Live Share

tools kolaborasi coding
Visual Studio Share

Salah satu tools kolaborasi coding terbaik adalah Visual Studio Live Share. Tools Ini memungkinkan kamu untuk mengedit dan melakukan debug secara real time tanpa harus mengkloning terlebih dahulu. 

Kamu dan temanmu akan dapat mengatur breakpoint dan kode bersama-sama secara langsung, serta melihat database tanpa menghubungkan ke internet. Kamu dapat berbagi terminal sehingga dapat menjalankan perintah dan tugas dengan output yang mengalir ke anggota tim saat berkomunikasi melalui voice tool dalam program pada saat yang sama.

kamu dapat menggunakan Visual Studio Live Share dengan cara menginstal ekstensi dan masuk dengan akun Microsoft atau GitHub kamu. Host (tuan rumah) perlu mengirim tautan yang memungkinkan sang kolaborator dan memuat editor dengan sesi live share dan mengakses semua file dari panel file.

2. CodePen

CodePen adalah salah satu coding programs yang populer di kalangan para web developers yang bekerja secara individual maupun dalam tim. Pengguna CodePen versi Pro dapat mengakses Mode Collab yang memungkinkan pengguna lain atau developer satu tim untuk menulis, mengedit bersama secara langsung. 

Namun, hanya pengguna pro saja yang dapat menyimpan perubahan yang terjadi. Setiap perubahan pengguna,  dan perubahan pengaturan tercermin dalam Mode Collab, dan terdapat area obrolan. Selain itu, hanya pengguna pro yang dapat memutuskan apakah akan menyimpan perubahan atau tidak.

3. Teletype for Atom

Teletype for Atom yang dirancang oleh GitHub adalah tools kolaborasi programmer yang bersifat open source dan dibuat khusus untuk menghadirkan kenyamanan pengkodean kolaborasi bagi developer software. 

Teletype menggunakan enkripsi koneksi peer-to-peer WebRTC untuk memaksimalkan privasi dan meminimalkan latency yang terjadi antar kolaborator. Dengan cara ini, server tidak akan bisa melihat file atau suntingan kamu. 

Namun sayangnya teletype hanya dapat mengirimkan teks saja, sehingga untuk komunikasi harus membutuhkan program lain. Tools ini sangat cocok untuk pemrograman dengan model driver dan navigator tetapi tidak sebaik pengembangan kolaboratif terbuka secara Live Share.

4. Remote Collab for SublimeText

Remote Collab adalah plugin barebones yang menghadirkan pemrograman pasangan virtual ke Sublime Text. Plugin ini memungkinkan developer membuat dan menulis kode bersama secara real time untuk proyek tertentu. 

Setelah host memulai sesi, Maka kolaborator hanya perlu alamat IP host untuk bergabung dalam project yang sama. Kamu dapat dengan mudah menginstal Remote Collab menggunakan Sublime Package Control. 

Untuk memulai sesi, Kamu dapat membuka menu Command Palette di file yang telah  ditentukan dan memilih Remote : Host Session. Kolaborator kamu akan dapat bergabung dengan sesi menggunakan alamat IP kamu pada menu Command Palette mereka.

5. CodeSandbox Live

CodeSandbox adalah aplikasi Editor online yang dapat digunakan secara bersamaan. Developers dapat menentukan apakah seseorang dapat mengedit atau mengontrol siapa yang dapat mengedit pada waktu tertentu. Kolaborator dapat secara real time mengubah kode dalam dokumen yang sama atau cukup mengedit file lain pada saat sesi berlangsung. 

Live mode dapat diakses dengan mengklik tombol “Go Live” di sidebar untuk mendapatkan URL, URL tersebut yang akan dibagikan dengan kolaborator untuk bergabung dan melakukan kolaborasi. 

6. Codeshare

Codeshare adalah salah satu kode editor online yang mudah dan nyaman. Developers dapat menulis atau menyalin kode untuk membuat program, kemudian membagikan kode dengan kolaborator secara real time tanpa perlu mendaftar. 

Untuk mengaksesnya developers perlu mengunjungi codeshare.io dan klik “Share Code Now” untuk mulai mengetik kode, lalu klik “Share” di bagian atas layar untuk mendapatkan URL. Siapapun yang memiliki URL share dapat mengakses dan melihat kode secara real time. 

Jika kamu ingin orang lain hanya melihat kode tanpa mengedit atau menulis kode, kamu dapat mengaktifkan mode ” View only “, yang tersedia untuk pengguna terdaftar. Codeshare juga menyediakan fitur obrolan video untuk berkomunikasi dengan kolaborator.

7. Brackets

Brackets adalah code editor yang bersifat open source keluaran Adobe yang menawarkan alat visual dan dukungan preprocessor. Di Brackets, Kamu dapat berkolaborasi secara real time dengan menggunakan sebuah ekstensi.

Dengan menggunakan tools kolaborasi coding ini developers dapat membuat kode dan melihat perubahan secara instan tanpa harus menyimpan atau memuat ulang halaman. Untuk mulai melakukan coding secara kolaborasi, Kamu hanya perlu membuka folder proyek kamu, tekan ikon sinkronisasi di toolbar kanan, dan masukkan ID room yang sama.

8. Codeanywhere

Codeanywhere merupakan sebuah platform berbasis browser yang memungkinkan kamu untuk membuat kode dan berbagi file dari perangkat apapun. Codeanywhere memiliki berbagai fitur seperti terminal, pelacakan revisi dan kolaborasi koding yang tidak terbatas. 

Sama halnya seperti, Live Share atau Teletype, Tools kolaborasi coding ini menjanjikan gaya pengeditan dokumen Google Documents, Tanpa adanya batasan jumlah kolaborator yang bergabung dalam proyek yang sama.

Untuk menggunakan Codeanywhere, Kamu  akan dikenakan biaya mulai dari $ 2,50 / bulan hingga $ 40 / bulan, Hal tersebut tergantung pada tingkat paket dan frekuensi penagihan yang kamu pilih diawal.

Nah itulah beberapa rekomendasi tools collaboration coding untuk pair programmer. Kamu bisa melakukan coding secara kolaborasi untuk mempercepat proyek coding kamu. Tools di atas sangat cocok bagi kamu programmer individual ataupun pair programmer yang bekerja secara remote.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like