Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Kegiatan Awal

  • Aktivasi VPS X - Mulai mengaktifkan vps x melalui member area jagoanhosting, memilih paket, mengatur image dan os yang terinstal.
  • Belajar VPS untuk Pemula (Coming soon) - Ada baiknya kamu belajar dan mengerti konsep dasar VPS, untuk memudahkan pekerjaan kamu mengelola VPS X.
  • Mengakses / remote VPS X melalui SSH - Lakukan akses ke VPS X menggunakan OpenSSH atau Putty untuk meremote server kamu.
  • Menambahkan SSH Keys ke VPS X - Tingkatkan keamanan untuk login ke VPS X dengan membuat SSH Keys dan ditambahkan ke VPS X. Agar bisa login secara otomatis tanpa password.
  • Mengakses VPSX melalui VNC Console - Kamu bisa akses VPS X melalui vnc console yang disediakan di member area. Akses vnc console sangat berguna saat keadaan urgent, load tinggi atau terjadi kesalahan konfigurasi
  • Transfer file menggunakan Filezilla - Transfer file secara aman antara VPS X dengan laptop / komputer kamu menggunakan Filezilla, open-source ftp client.
  • Mengarahkan domain ke VPS X - Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kamu ingin mengarahkan domain kamu ke vps. Salah satunya agar website kamu bisa diakses oleh publik menggunakan nama domain tersebut.

 

Pindah dari SharedHosting ke VPS X

Terdapat dua skenario untuk memindah website kamu dari sharedhosting menuju VPS X, antara lain :

1. Kamu mengelola satu website.

Jika kamu terbiasa menggunakan cPanel, maka kamu bisa mulai dengan install VPS X dengan cPanel juga (resiko biaya lebih mahal) atau install alternatif panel gratis seperti vestaCP atau Webuzo. Gunakan fitur rebuild VPSX untuk install OS + Panel.

Diluar template yang disediakan XCube, kamu bisa gunakan salah satu panduan ini :

Kemudian untuk pindah atau migrasinya gunakan salah satu panduan berikut ini :

Atau jika kamu sudah familiar dengan linux, abaikan panel diatas lalu kamu bisa install VPS X dengan stack LAMP atau LEMP.

Kemudian untuk pindah ke VPS tanpa panel gunakan panduan berikut ini :

2. Kamu mengelola banyak website.

Skenario berikutnya, kamu mengelola banyak domain dan website, maka pendekatan yang paling tepat adalah dengan install control panel pada VPS kamu.

Misalnya install cPanel (ada resiko biaya lebih mahal, karena beli lisensi) atau install alternatif panel gratis seperti vestaCP atau Webuzo. Gunakan fitur rebuild VPSX untuk install OS + Panel.

Diluar template yang disediakan XCube, kamu bisa gunakan  salah satu panduan ini :

Kemudian untuk pindah atau migrasinya gunakan salah satu panduan berikut ini :

Note : Pemindahan ke VPS tanpa panel juga mungkin untuk dilakukan, tapi tidak disarankan karena pengelolaannya akan jauh lebih sulit dan merepotkan.

 

Manajemen VPS X

  • Start, Stop, dan Restart VPS X - Ada kondisi tertentu server kamu tiba-tiba Hang atau Freeze. Tidak merespon baris perintah yang diketikkan. Saat itu terjadi kamu bisa gunakan fitur Restart untuk menghentikan dan memulai lagi VPS X melalui dasbor member area. Sama halnya jika kamu mau sekedar melakukan Stop atau Start lagi sewaktu-waktu.
  • Install Ulang / Rebuild VPS X - Melakukan instal ulang VPS X dengan image os atau aplikasi baru dengan template yang disediakan.
  • Cara Mengubah Hostname VPS X - Hostname adalah label dari server atau VPS kamu, ada kalanya kamu ingin mengubah dengan nama lain.
  • Upgrade VPS X - Untuk menambahkan jumlah CPU dan RAM dari VPS X caranya dengan menggunakan tombol upgrade paket dari dalam member area.

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?