Cari tutorial

Ringkasan Mudah Menggunakan CodeIgniter

Hai sob, dari beberapa tutorial tentang codeIgniter sebelumnya, kamu pasti paham banget sama tutorial yang jelasin dengan detail. Disini kita membagi 3 sub bagian besar CodeIgniter, yang pertama adalah codeIgniter dasar, codeIgniter CRUD, dan serba-serbi codeIgniter. Buat kamu yang belum baca sama sekali tentang panduannya keseluruhan, kita punya kok panduan ringkasnya.

Untuk yang pertama kamu bisa memahami tentang codeIgniter dasarnya terlebih dahulu, seperti dibawah ini.


Pengertian CodeIgniter

Membahas tentang codeIgniter, kamu harus tau dulu apa itu framework codeIgniter yaitu sebuah framework dari PHP yang digunakan oleh web developer untuk membangun aplikasinya atau websitenya yang bersifat open source dan gratis. CodeIgniter menggunakan metode Model, View, Controller (MVC).

Untuk panduan lengkapnya kamu bisa buka Pengertian CodeIgniter dan Tutorial Menggunakan CodeIgniter.

 


Membuat Controller dengan CodeIgniter

            Apasih controller itu ? Controller memiliki peran sebagai pengatur aksi dari aplikasi yang dibangun, sedangkan controller codeIgniter juga memiliki peran untuk mengirimkan parameter, menangani inputan form, mengatur view dan model, mengaktifkan library dan helper codeIgniter.

Kamu bisa pelajari panduan lengkapnya di Tutorial Membuat Controller di CodeIgniter.


Membuat View dengan CodeIgniter

Membaca atau mendengar kata view pasti kalian langsung terpikirkan dengan tampilan, nah tentunya kamu juga ingin tampilan di aplikasi atau website kamu sesuai dengan keinginan kan ? Yaudah langsung aja pelajari panduan lengkapnnya di Tutorial Membuat View Pada CodeIgniter.


Mengenal Helper HTML Pada CodeIgniter

Helper sangat membantu kamu dalam menggunakan codeIgniter, apa sih itu ? Helper memiliki dua fungsi untuk membuat element html itu sendiri seperti heading dan menampilkan gambar.

Untuk kelanjutan paduannya kamu bisa langsung pelajari di Mengenal Helper HTML Pada CodeIgniter.


Menghubungkan CodeIgniter dengan Database MySQL

Ini sangat penting loh buat kamu, jangan sampe ketinggalan panduannya ya. Kamu bisa pelajari langsung panduan lengkapnya di Tutorial Menghubungkan CodeIgniter dengan Database MySQL.

Panduan untuk CodeIgniter Dasar, kamu bisa pelajari dibawah ini :


Lanjut bagian kedua kamu akan mempelajari tentang codeIgniter CRUD.

 

Menampilkan Data dari Database

CodeIgniter CRUD sendiri adalah singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Jadi CRUD adalah menginput data, mengedit data, mengupdate data, menghapus data.

Pelajari selengkapnya di Cara Menampilkan data dari Database. 


Menginput Data ke Database CRUD Menggunakan CodeIgniter

Disini kamu menggunakan form biasa bisa langsung menginput data ke database CRUDnya loh, penasaran kayak gimana ? Ikuti panduannya di Tutorial Input Data ke Database Melalui CRUD Menggunakan CodeIgniter


Menghapus Data Menggunakan CRUD CodeIgniter

Sesuai dengan salah satu singkatan dari hurufnya, disini akan memberikan kamu panduan tentang membuat tombol hapus menggunakan codeIgniternya.

Yuk, pelajari langsung panduannya di Tutorial Menghapus Data Menggunakan CRUD dengan CodeIgniter.


Update Data CRUD dengan CodeIgniter

Mengupdate data CRUD salah satu panduan penting yang harus kamu ketahui, yuk pelajari selengkapnya di Tutorial Update Data CRUD dengan CodeIgniter.


Bagian ketiga, kamu akan mempelajari tentang serba serbi codeIgniter yang penting banget untuk dipahami.

Membuat Pagination Pada CodeIgniter

Pagination pada codeIgnter bisa kamu lakukan dengan menjalankan library pagination codeIgniter dan settingnya. Untuk panduan lengkapnya bisa kamu pelajari di Tutorial Membuat Pagination Pada CodeIgniter.


Mendapatkan Data User dengan CodeIgniter

Kamu sebagai web developer pasti membutuhkan data-data tentang user kamu kan, nah data disini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi atau website kamu.

Gausah panjang lebar deh, yuk langsung pelajari panduannya di Tutorial Mendapatkan Data User dengan CodeIgniter.


Membuat Login Menggunakan CodeIgniter

Lewat codeIgniter kamu bisa membuat login dengan mudah dan cepat di website kamu.  

Sekarang kamu bisa pelajari di Tutorial Membuat Login Menggunakan CodeIgniter.


Tutorial yang terakhir ini adalah tips utnuk kamu belajar codeIgniter dengan cepat dan mudah, disini kita punya 10 Tipsnya.


Nah, ternyata gampang kan, Yuk simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat.

Kamu wajib baca artikel ini juga Sob!

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!