Admin Tutorial

Berikut ini cara-cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan malware dan spam pada hosting kamu

STEP 1 : Mengaktifkan Maintenance Mode

Kalau kamu menggunakan CMS seperti wordpress, ataupun joomla, agar terlihat profesional saat melakukan perbaikan, maka kamu bisa mengubah website kamu menjadi maintenance mode untuk membersihkan malware dan spam.


STEP 2 : Mengganti Password

Khususnya jika email kamu terindikasi melakukan spam, kamu perlu mengganti password akun email kamu. Caranya cukup mudah:

  • Buka akun cPanel kamu lalu scroll sedikit ke bawah, nanti kamu akan melihat bagian Email, lalu klik email akun kamu.
  • Setelah men-klik email akun, langkah selanjutnya adalah memasukkan password baru kamu dan pastikan password kamu sesuai yang diharapkan, setelah itu klik tombol bertuliskan Change Password.

Kamu bisa meningkatkan setting keamanan cPanel kamu dan mengganti password website kamu.

Karena seringkali salah satu celah yang digunakan hacker adalah dari lemahnya password yang anda gunakan. Jadi perlu diganti segera.


STEP 3 : Membersihkan Hacking

Setelah anda mengganti password. Kamu perlu memeriksa file file pada hostingmu. Langkah ini sangat berguna untuk mengetahui secara pasti file file yang menjadi penyebab hack. Kamu bisa mengikuti langkah membersihkan hacking pada account hosting kamu


STEP 4 : Menindaklanjuti Laporan Malware (Optional)

Apabila kamu mendapatkan informasi dari kami akan adanya malware pada account hostingmu, Kamu mengikuti panduan berikut ini menindaklanjuti laporan malware pada account hosting kamu


STEP 5 : Melakukan Scan Malware

Setelah kamu melakukan pemeriksaan file, kamu perlu meyakinkan bahwa hostingmu telah bersih dengan melakukan scan malware pada hosting kamu dari cpanel.

Untuk semakin meningkatkan keamanan, kamu bisa menambahkan plugin security


STEP 6 : Melakukan Scan Komputer

Selanjutnya, apabila semua sudah dilakukan, kamu perlu memastikan juga komputermu aman, karena dibeberapa kasus hacking justru disebabkan karena komputer yang digunakan banyak virusnya.

Komputer yang telah terinfeksi virus banyak mengakibatkan masalah serius, yang menjurus ke malware atau spam.

Gunakan antivirus dengan basis data yang terus diperbarui ya sob. Banyak yang versi gratisan seperti AVG, Avast, BitDefender dsb.


STEP 7 : Melakukan Restore apabila Cara yang diatas tidak Menyelesaikan Masalah

Opsi ini digunakan apabila cara yang sudah dilakukan diatas tidak dapat menyelesaikan masalah. Biasanya karena hacker selain mengupload file hacking juga menghapus data, sehingga untuk mengembalikan websitenya perlu dilakukan restore account hosting kamu.

Setelah dilakukan restore, kamu perlu mengulangi mulai dari cara pertama hingga keenam untuk memastikan websitemu terbebas dari peretasan.

Kamu bisa melakukan restore akun hosting menggunakan Jetbackup, atau minta tim support untuk merestore akun hostingmu.


STEP 8 : Update Semua Program ke Latest Version

Setelah semua dilakukan, untuk menjaga keamanan, cara yang perlu dilakukan adalah melakukan patch dengan mengpdate semua bagian CMS yang ada update.

Jika kamu pakai wordpress misalnya, akan ada update berkala pada plugin dan themesnya. Ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga kemanan website kamu.


Demikian cara-cara yang dilakukan untuk melakukan perbaikan website kamu. Silakan kontak Jagoan Hosting lebih lanjut apabila anda memerlukan bantuan ya Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment