Admin Tutorial

Istilah ping mungkin sudah tidak asing lagi terutama bagi kamu yang sering mengecek koneksi internet. Secara teknis, ping adalah hal pertama yang dilakukan banyak orang untuk memastikan masalah pada jangkauan jaringan. Cara cek ping CMD juga sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. 

Tidak hanya untuk memastikan jangkauan jaringan, cek ping CMD juga berfungsi untuk memastikan apakah suatu host tertentu masih aktif atau tidak. Selain istilah ping, kamu juga mungkin pernah mendengar kata tracert. 

Berbeda dari ping, tracert sifatnya seperti melakukan proses investigasi pada suatu host. Tracert berfungsi untuk memeriksa apakah kondisi internet atau jaringan dalam keadaan baik. 

Sebelum memasuki pembahasan cara cek ping CMD, alangkah lebih baik kalau kamu memahami fungsi dari ping dan tracert, Sob! Berikut penjelasannya:

Fungsi ping

Perintah ping adalah perintah Command Prompt (CMD) yang digunakan untuk menguji kemampuan komputer sumber dalam mencapai atau menghubungi komputer tujuan yang ditentukan. 

Cek ping CMD biasanya digunakan sebagai cara sederhana untuk verifikasi bahwa suatu komputer dapat berkomunikasi melalui jaringan dengan komputer atau perangkat jaringan lain.

Fungsi tracer

Perintah tracert adalah perintah Command Prompt (CMD) yang digunakan untuk menunjukkan beberapa detail informasi komunikasi komputer. Biasanya, perintah ini akan memberikan detail jalur mana saja yang dilewati sebuah paket dari satu komputer atau perangkat untuk tiba di komputer atau perangkat tujuan. Perintah tracert juga disebut sebagai perintah rute jejak atau perintah traceroute.

Cek ping CMD

Pada dasarnya, cek ping CMD juga dilakukan untuk mengecek koneksi dari internet apakah telah terhubung dengan server atau tidak. Pada Windows, kamu bisa masuk pada menu Start dan ketikkan command prompt untuk cek ping CMD.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan ping pada domain atau suatu IP perangkat tertentu. Perintah yang digunakan untuk cek ping CMD adalah "ping (nama domain)" (ketikkan tanpa tanda petik).

Ping

Hasil koneksi dengan server

Gambar di atas menunjukkan bahwa koneksi telah terbentuk dan kedua perangkat bisa saling berkomunikasi. Hal tersebut dengan adanya balasan berupa "Reply". Selain balasan tersebut, cek ping CMD juga bisa menampilkan hasil lainnya, mulai dari error timeout sampai host not found. 

Contoh cek ping CMD dan berbagai balasannya

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan balasan dari cek ping CMD tidak selalu berupa "Reply". Berikut beberapa hasil balasan dari cek ping CMD:

Reply

Reply from 8.8.8.8 bytes=32 time 127 ms TTL=46

Balasan berupa "Reply" pada cek ping CMD menandakan bahwa host yang dihubungi memberikan feedback (umpan balik) sebagai indikator bahwa mereka saling terhubung dan terkoneksi.

Ping

Hasil PING dari CMD yang mendapat reply

Request Timed Out 

Saat cek ping CMD dan mendapatkan balasan Request Timed Out, maknanya pada komputer yang melakukan pengiriman ping mengenal adanya jaringan. Namun, perangkat tersebut tidak dapat menemukan alamat tujuan dalam waktu yang diberikan untuk melakukan ping. Maka, terjadilah time out.

Ping

Reply timed out berarti tak mendapat balasan, ciye!

Tidak ditemukannya alamat tujuan dapat terjadi karena memang alamat sudah tidak tersedia atau tidak terhubung.

Destination Host Unreachable

Hal tersebut biasanya disebabkan adanya kerusakan secara fisik pada perangkat pengirim atau alamat jaringan yang dituju terhalang oleh Firewall. Umumnya, kerusakan fisik dapat terjadi pada kartu jaringan atau aktifnya Firewall.

Ping

Kalau unreachable, bisa kena blok atau belum bayar internetnya

TTL Expired in Transit

Pada jaringan komputer, data yang dikirim maupun diterima memiliki TTL (Time To Live) atau waktu yang ditentukan oleh jaringan untuk tetap berada pada sebuah jaringan tertentu. Jika saat melakukan perintah ping sebuah IP address dan keluar hasil TTL Expired in Transit, hal tersebut menandakan paket data melebihi waktu yang telah ditentukan. 

Data yang dikirim tidak sampai pada tujuan, namun berputar hingga masa tenggang keberadaan pada jaringan habis sebelum mencapai tujuan.

Unknown Host

Alamat IP atau nama host tidak berada pada jaringan atau tujuan nama host tidak dapat diselesaikan.

Error code 65, 10043 and 10050, transmit failed

Menandakan adanya disable untuk ping agar diizinkan untuk menerima ICMP echo dan ECHO Reply Packets.

Hardware Error

Ketika mengetik ping, muncul Hardware Error.

Destination net unreachable

Pesan ini menunjukkan bahwa pesan IP sebelumnya tidak dapat disampaikan ke tujuannya. Hal ini dapat terjadi karena router sepanjang jalur tidak mendefinisikan atau mengenalkan rute ke tujuan. 

Echo Reply

Pesan ini digunakan untuk merespon ping ketika sistem masih hidup.

Source Quench

Ketika sistem paket menerima terlalu cepat saat memproses antrian masuk, maka akan terjadi pengiriman kembali pesan Source Quench untuk memberitahu pengirim melambat.

Redirect

Pesan ini dikirim oleh router untuk mengindikasikan bahwa lalu lintas bisa diarahkan ke router lain yang dapat memberikan lalu lintas ke tempat tujuan secara efisien.

Echo

Jenis pesan ini digunakan untuk mengirim ping yang menentukan sistem berjalan.

Time Exceeded

Pesan ini menunjukkan bahwa jumlah hop maksimum dalam Time-To-Live bidang header IP yang telah melampaui batas maksimal.

Parameter Problem

Pesan ini dikirim oleh sebuah sistem sebagai tanggapan terhadap paket IP dengan parameter yang buruk di salah satu kolom.

Timestamp

Jenis pesan ini mencakup waktu pada perangkat pengirim dan meminta waktu pada komputer tujuan.

Timestamp Reply

Setelah menerima pesan, sistem akan merespons dengan waktu sendiri, termasuk dalam timestamp reply.

Timestamp Request

Pesan ini dapat digunakan oleh sebuah host untuk menentukan jaringan yang sudah dikoneksikan.

Information Reply

Pesan ini berisi jawaban atas suatu pesan permintaan informasi tentang alamat IP jaringan.

Tracert

Perintah tracert digunakan untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai alamat tujuan. Hal ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat.

Pada sistem operasi Linux, baris perintah yang digunakan hampir sama. Namun, perintah "tracert" pada Windows diganti dengan "traceroute". Misalnya: traceroute domain.com

Contoh perintah tracert pada Windows: “tracert domainanda.com” (tanpa tanda petik).

Ping

ketik 'tracert namadomainkamu.com'

Nah, itu lah tutorial cek ping CMD yang bisa dilakukan dengan mudah. Baik perintah ping atau tracert membutuhkan koneksi internet yang stabil. Oleh karena itu, sebelum melakukan cek ping CMD pastikan bahwa kamu memiliki kondisi jaringan baik.

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 4.2 / 5. Dari total vote 42

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment