Admin Tutorial

Hai Sob, jikalau Kamu adalah seorang pemilik website yang mengandung konten-konten seperti fotografi, berita, dan sebagainya pasti malas dong ya kalau tiba-tiba dikopas orang alias dicolong.

Dan Fitur Hotlink Protection adalah fitur yang bisa Kamu manfaatkan untuk mencegah website-website lain untuk tidak memasang gambar dengan cara direct link pada website Kamu.

Keuntungan apabila Kamu memakai Hotlink Protection ini adalah bisa melindungi gambar yang memiliki hak cipta dan juga bisa melakukan penghematan bandwidth. Berikut langkah langkah yang bisa dilakukan pada web hosting Kamu


STEP 1 Login pada CPanel Kamu, lewat namadomainkamu/Cpanel, ataupun lewat member area Jagoan Hosting, kemudian pilih menu Hot Link Protection

Fitur Hotlink Protection

Masuk ke Hotlink Protection di CPanel


STEP 2 Untuk mengaktifkan fitur ini Kamu bisa memilih tombol Enable

Fitur Hotlink Protection

Enable Hotlink


STEP 3 Kamu bisa mengatur website mana saja yang bisa melakukan direct link, Isi dari kotak URLs to allow access digenerate secara otomatis yaitu semua domain dan subdomain yang sudah Kamu buat.

Kamu bisa mengatur ekstensi file apa saja yang Kamu lindungi dalam contoh disini adalah file gambar. Kemudian,  Kamu bisa mengatur alamat redirect, yaitu jika ada orang yang ingin melakukan direct link pada gambar yang ada di website Kamu, orang itu akan diarahkan langsung menuju alamat redirect tersebut.

Kamu juga bisa memilih tanda centang pada kotak pilihan Allow direct request jika Kamu mengijinkan seseorang memasukkan url secara manual

Fitur Hotlink Protection

Configuration Hotlink Protection


STEP 4 Fitur Hotlink Protection sudah aktif, Kamu bisa kembali dengan menekan tombol Go Back

Fitur Hotlink Protection

Tampilan saat Hotlink Protection sudah aktif


STEP 5 Jika Kamu mau melakukan disable pada layanan ini, Kamu bisa menekan tombol Disable.

Misalkan Kamu belum mendapati fitur Hotlink Protection di Cpanel Kamu, berarti Kamu harus menginstalnya secara manual ya Sob.

Nah, Kalau masih kesulitan Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoan Hosting untuk informasi lewat Live Chat dan Open Ticket. Yuk Ah!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 5 / 5. Dari total vote 1

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Comment