Sindy Claudya
Latest posts by Sindy Claudya (see all)

Hai sob! Apakah website kamu pernah kena peringatan kayak gini? Lalu apa yang kamu lakukan ketika mendapat peringatan “Deceptive Site Ahead” seperti ini?

Deceptive Site Ahead

Perlu kamu ketahui website yang dianggap berbahaya oleh Google adalah website yang terindikasi adanya aktifitas phishing ataupun bisa menyebarkan malware.

Nah, yang perlu dilakukan untuk menghilangkan informasi ini pertama kali adalah menghilangkan malware pada hosting kamu.

Oke Sob, kita lanjut yuk ke panduan bagaimana cara mengatasi peringatan Deceptive Site Ahead seperti berikut ini:

STEP 1. Scan Virus via cPanel Kamu

Jika kamu menggunakan cPanel untuk konfigurasi dan menyimpan data-data website kamu, maka pertama yang harus kamu lakukan adalah men-scan virus menggunakan fitur yang ada di cPanel, misalnya seperti fitur Imunify 360.

Fitur Imunify 360

Namun apabila kamu menggunakan VPS atau dedicated server lainnya, maka kamu harus melakukan scanning menggunakan tools yang tersedia di server kamu. Dan juga pastikan kamu telah menghapus semua file yang dianggap berbahaya atau file yang seharusnya tidak ada di server.

STEP 2. Reset Password cPanel Kamu

Apabila kamu menggunakan cPanel, sebaiknya segera lakukan perubaha password pada akses login cPanel milikmu Sob. Oh iya perlu diingat, gunakan password dengan kombinasi yang aman ya. Hal yang sama juga sebaiknya dilakukan, apabila kamu menggunakan control panel jenis lain.

STEP 3. Pasang SSL pada Website Kamu

Tidak asing bagi kamu untuk memasang SSL pada website kan Sob? SSL berguna untuk memastikan bahwa koneksi ke website kamu aman, dengan demikian data-data yang diinput dari pengguna akan terenkripsi dengan baik dan aman. Selain itu, Google sendiri juga sudah mengharuskan website menggunakan HTTPS, sehingga bagi website yang belum menggunakan HTTPS, maka pasti akan ditandai sebagai website yang tidak aman.

STEP 4. Lakukan Report ke Google

Nah, jika kamu sudah membersihkan dan melakukan perbaikan pada web kamu, selanjutnya adalah melakukan pelaporan ke Google Sob. Untuk melakukan pelaporan ini, kamu harus sudah benar-benar memperbaiki website kamu Sob, karena ketika bot Google melakukan peninjauan terhadap web yang kamu laporkan sudah aman tetapi Google masih menemukan file berbahaya, maka website tersebut akan semakin lama dalam daftar situs yang dianggap berbahaya. Untuk melakukan report ke Google bisa melalui URL berikut : 

https://www.google.com/safebrowsing/report_error/ 

STEP 5. Ajukan Review via Google Search Console

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan review untuk mempercepat Google bot melakukan proses validasi. Kamu bisa menggunakan Google webmaster tools yang tampilannya seperti ini:

Daftarkan website kamu dan lakukan verifikasi. Atau jika kamu kesulitan kamu bisa mengikuti panduan ini Sob.

Ketika semua cara sudah kamu lakukan, selanjutnya hanya menunggu email dari Google terkait pelaporan website tersebut. Biasanya membutuhan waktu 1 - 7 hari. Jadi kamu harus bersabar ya Sob hehe!

Sip! itu dia beberapa solusi dari Jagoan Hosting Indonesia dalam mengatasi peringatan Deceptive Site Ahead. Simak terus tutorial yang lain di halaman berikut, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, silahkan sampaikan melalui comment box di bawah ini yaa. Sampai bertemu di tutorial berikutnya!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 4.5 / 5. Dari total vote 2

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?