Cari tutorial

Tutorial Melakukan Instalasi Web Server dan Database Pada Webuzo

Webuzo adalah single user kontrol panel untuk VPS yang sangat mudah digunakan yang memiliki banyak kelebihan sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan. Perbedaan mendasar antara Webuzo dan cPanel adalah jumlah user. Pada cPanel, Anda dapat membuat banyak user dan reseller dan masing-masing user tersebut memiliki cPanel.

Secara defaut Webuzo akan menginstall MySQL, PHP 5.5, FTP dan beberapa service penting lainnya. tapi ada beberapa service yang harus di install sendiri seperti webserver (Apache atau NginX).

Cara menginstall Web server

Apache dan NginX adalah webserver yang paling banyak digunakan saat ini. webuzo telah menyediakan Apache, NginX serta web server lainnya yang telah di sesuaikan dengan versi Webuzo sehingga siap untuk digunakan tanpa melakukan banyak konfigurasi. untuk contoh kami akan menggunakan apache

STEP 1 : anda dapat menemukan apache installer menggunakan pencarian.

instal webserver dan database webuzo


STEP 2 : Setelah itu anda hanya perlu menekan tombol Install seprti pada gambar dan proses instalasi akan berjalan.

instal webserver dan database webuzo


STEP 3 : jika anda ingin mengganganti webserver anda, anda dapat mengakses menu Defaut Apps dan mengganti dengan webserver yang anda telah install sebelumnya.


Cara menginstall Database

defaultnya webuzo telah menyediakan Mysql sebagai database standar, tapi apabila anda tidak terbiasa menggunakan Mysql anda dapat menginstall service database lainnya seperti PhpMyAdmin, SIDU, Rock Monggo dll. untuk tutorial kali ini kita akan menginstall PhpMyAdmin.

STEP 1 : anda dapat menemukan PhpMyAdmin installer menggunakan pencarian


STEP 2 : Lalu anda hanya perlu mengklik install now


STEP 3 :  Setelah itu akan muncul halaman instalasi, di sini ada beberapa konfigurasi dasar, setelah menginya anda dapat mengklik Install dan silahkan tunggu.

  • Chose protocol : biarkan default, kecuali anda memiliki SSL anda dapat menggantinya dengan https://
  • Chose domain : Anda dapat memilih untuk domain mana database ini nantinya
  • In Directory : Anda dapat memilih dimana database ini terinstall nantinya, misalnya DBSAYA maka akan terinstall pada http://mydomain/DBSAYA/, biarkan kosong apabila anda hanya ingin menginstallnya pada  http://mydomain/

STEP 4 : untuk masuk ke database menggunakan PhpMyAdmin anda dapat mengakses Database > PhpMyAdmin.


Sekian tutorial dari kami, semoga bermanfaat.

Akses cepat dari dalam maupun luar negeri! Coba Cloud Hosting Singapore Sekarang! Kuota Terbatas!

AMBIL DISKON 30%