Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Beginilah Algoritma Instagram dan Manfaatnya untuk Bisnis Online (Part 2)

Tapi, bagaimana Instagram mencari tahu apa yang paling mungkin kita sukai?

Satu-satunya faktor yang paling spesifik yang disebutkan oleh Instagram adalah siapa yang memposting dan kapan waktu postingnya.

Business Insider mengungkapkan, bahwa juru bicara Instagram mencatat bahwa ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh Algoritma Instagram. Yaitu:

1. Ketepatan Waktu

Instagram kini lebih mempertimbangkan kapan penggunanya ingin melihat sebuah postingan yang update dan tepat waktu setiap kali mereka masuk.

Lalu apa fungsinya untuk merek bisnis kita?

Tentu saja akan sangat berpengaruh, terlebih saat kita memiliki target yang sudah tepat. Maka ini akan lebih mudah. Kita bisa memposting pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan like, share bahkan komen di setiap postingan. Terlebih untuk sebuah bisnis online yang harus mendapatkan pembeli dari postingan mereka.

Dan ini akan membawa kita ke……..

2. Engagement

Sebuah engagement yang baik memang akan membuat kita dengan follower menjadi lebih baik. Algoritma Instagram akan membantu akun manapun mendapatkan lebih banyak like dan comment pada postingan mereka.

Interaksi pada postingan memang sangat penting. Bahkan padatnya interaksi di awal postingan, menandakan Algoritma Instagram akan berada di bagian atas dan dapat mengundang pengguna Instagram lainnya. Dan pastinya interaksi yang terjalin akan lebih banyak lagi.

 Lalu apa fungsinya untuk merek bisnis kita?

Saat kita menemukan waktu yang tepat untuk memposting konten di Instagram, ini akan membantu menciptakan interaksi yang besar dengan follower kita.

Postingan berupa foto dengan caption dan hashtag yang menarik dan sesuai akan membantu konten produk kita ditemukan dengan mudah oleh follower. Bahkan menarik minat banyak follower untuk berinteraksi.

3. Relationships

Jangan hanya mengharapkan memiliki jumlah follower yang banyak, harus tetap ada relationship atau hubungan baik dengan mereka. Salah satunya yaitu dengan mengikuti akun Instagram mereka. Yang pasti, tidak semua.

Faktor ini membantu menganalisis kedalaman hubungan kamu dengan orang atau merek yang sering muncul dari waktu ke waktu.

Bahkan jika kamu sering menyukai dan mengomentari foto atau video seseorang, kau akan lebih banyak mendapatkan konten yang sesuai dengannya.

Ini membantumu memastikan bahwa kontenmu sudah sesuai dengan mereka yang memiliki hubungan dekat atau ketertarikan sama dengan kamu.

Lalu apa fungsinya untuk merek bisnis kita?

Tentu saja, sangat penting untuk mengembangkan hubungan yang berkelanjutan dengan follower kita. Keterlibatan yang konsisten lebih berharga ketimbang hanya sekali dan lalu menghilang.

Jadi, penting untuk kita mengetahui apa yang ingin dilihat oleh follower kita. Dan jalinlah hubungan yang baik dengan mereka lewat konten yang kita posting.

Gunakan Insight Instagram untuk melacak pos mana yang paling berpotensi menarik minat follower dan kemudian jadikan mereka sebagai model untuk postingan kamu selanjutnya.

4. Search profile dan Direct Messages

Mencari akun seseorang akan membantu Instagram menentukan akun mana yang paling membuat kita tertarik untuk lebih banyak mendapat konten mereka.

Bahkan saat kita sering melakukan Direct Message terhadap seseorang, itulah saat dimana Instagram menandai kita menyukai dan tertarik dengan konten tersebut.

Lalu apa fungsinya untuk merek bisnis kita?

Direct Message adalah salah satu bentuk komunikasi yang cukup baik, artinya kamu tidak dapat melacak engagement seseorang dengan mudah. Tapi Instagram membantu kita sebagai pebisnis untuk mendapatkan engagement dari Direct Message dan Search Profile.

Ini alasannya kenapa kita mesti membuat konten yang menarik. Setidaknya mereka harus bertanya dan mengirimkan pesan kepada kita. Atau membuat mereka mencari informasi dari akun kita.

Eh, ternyata belum selesai loh. Di artikel selanjutnya akan dijelaskan lagi lo……..

Nelsi Islamiyati