Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Manfaat dari Algoritma Instagram untuk sebuah brand dan pebisnis online

Manfaat terpenting dari Algoritma Instagram untuk semua pengguna Instagram adalah meningkatkan engagement. Sesuai dengan Algoritma Instagram dari Algoritma sebelumnya. Tapia da beberapa manfaat tambahan untuk sebuah brand dan bisnis online yang menggunakan Instagram.

1. Konten akan naik ke urutan teratas

Kevin Systrom, Founder dan CEO Instagram mengatakan pada New York Times, “Memastikan 30% yang kita lihat adalah yang terbaik”. Jika kita secara konsisten memberikan konten berkualitas yang sesuai dengan pengikut atau target bisnis kita, dimana yang sesuai dengan harapan mereka. Saat kita memposting konten yang sesuai dengan mereka, maka mereka akan dengan mudah menemukan konten yang kita posting selanjutnya.

2. Konten akan memiliki umur yang lebih panjang

Sebelum Algoritma Instagram muncul, postingan Instagram membutuhkan waktu sebanyak 72 menit untuk menghasilkan engagement dengan follower.

Namun saat ini, pebisnis online memungkinkan untuk melihat siapa yang menyukai dan mengomentari postingan kita beberapa jam atau bahkan berhari-hari kemudian.

Saat konten yang kamu posting menarik dan tentu saja menciptakan engagement yang baik, maka hampir semua pengguna di seluruh dunia akan mudah menemukan konten tersebut.

Lalu bagaimana membuat Algoritma Instagram bekerja sesuai keinginan kita?

Meski kita melakukan banyak hal untuk mendapatkan engagement dan menciptakan penjualan melalui Instagram, nyatanya tidak semua mereka akan mendapatkan keuntungan yang sama dari Algoritma tersebut.

Jadi apa yang perlu diperhatikan?

1. Fokus pada kualitas konten

Tahukah kamu jika Algoritma Instagram akan mengutamakan konten yang berkualitas. Algoritma akan menampilkan konten dengan kualitas yang baik. Mungkin kamu bisa melihat bagaimana panduan Instagram agar bisa membuat konten yang pas untuk targetmu.

2. Mengenali siapa pengikut atau follower kita

Jangan hanya mengharap memiliki follower yang banyak untuk lebih banyak menjual produk kamu. Pastikan untuk mengenali siapa yang memfollowmu. Terlebih mereka yang bukan termasuk targetmu. Sebab pastinya selain mendapatkan follower dari iklan yang kamu jalankan, kamu pun akan mendapatkan follower dari konten yang murni tanpa iklan bukan?

Menjalankan interaksi dengan follower akan membantumu meningkatkan hubungan baik dengan follower. Mengetahui jenis kelamin, usia dan informasi lokasi juga akan memberikan insight untuk konten kamu selanjutnya.

Bahkan lokasi followermu juga akan memabntumu menentukan waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram.

3. Gunakan Hashtag yang sesuai

Salah satu kekuatan memposting konten di Instagram adalah hashtag. Hashtag dapat membantumu terhubung dengan berbagai macam orang, komunitas dan lebih bayak lagi pengguna di seluruh dunia. Bahkan kamu bisa menjangkau mereka yang sebelumnya tidak pernah kamu tahu dimana dan apa yang mereka sukai.

Instagram menawarkan panduan berikut untuk menggunakan Hashtag di dalam sebuah postingan di Instagram:

  • Be Spesific, contohnya #vwvan atau #van
  • Be Relevant, Hashtag yang relevan akan membantumu terhubungan dengan mereka yang benar-benar tertarik dengan kontenmu. Daripada orang yang memancing untuk menyukai kontenmu.
  • Be Observant, Mengawasi dan mengobservasi hashtag yang kamu gunakan akan membantumu menemukan hashtag mana yang berpotensi meningkatkan follower dan engagement.

4. Hindari Shadowban

Setelah tahu bagaimana cara memanfaatkan hashtag untuk psotingan bisnis yang dijamin powerful. Tapi yang perlu diperhatikan adalah menggunakan hashtag dengan bijak. The Shadowban, akan memblokir akun kamu, bahkan tanpa pemberitahuan. Tandanya adalah postingan kamu akan berhenti muncul dalam pencarian hashtag atau di halaman Explore Instagram.

Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menjadi lebih otentik. Gunakan hanya hashtag yang relevan dengan konten kamu. Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag pada suatu pos. Dan jangan selalu membeli follower atau menggunakan boot untuk memberi komentar. Ini akan membuat Instagram memblokir akunmu.

5. Share story

Jika kamu merupakan pengguna aktif Instagram. Pasti story adalah fitur yang paling menjadi favorit. Bahkan menurut data, jumlah waktu yang dihabiskan orang menonton video di Instagram meningkat sebanyak 80% dari bulan Juni 2016 sampai Juni 2017.

Ini menandakan, saat kamu memposting video yang bahkan berkaitan dengan konten bisnismu, maka ini menjadi cara yang terbaik untuk menarik perhatian follower dan membuat mereka mau menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan kamu.

Meski memiliki effort yang besar, namun memposting video langsung akan membuat followermmu lebih menunggu-nunggu.

Kalau kamu bisa membuat followermu mengaktifkan “notification” Instagram di handphone mereka, maka kamu akan sangat diuntungkan. Sebab sekali lagi, notifikasi ini akan membuat Algoritma Instagram mengurutkan kontenmu di urutan teratas Instagram.

6. Posting pada Pod Instagram

Jika kamu tahu, bahwa Instagram pun memiliki komunitas Instagrammers yang akan sangat membantumu dalam memperluas jangkauan konten Instagrammu.

Mereka akan membantumu meningkatkan jumlah like, komentar bahkan share. POD adalah sekelompok keicl Instagrammers yang telah sepakat untuk saling mendukung dengan cara ini. Setiap kali ada anggota POD di Instagram yang mengirimkan sebuah postingan melalui Direct Message ke seluruh anggota grup. Maka setiap anggota kelompok akan melihat pos, menyukainya dan mengirimi komentar yang real.

7. Bermitra dengan Influencer

Bisnis online tidak lepas dari influencer Instagarm. Jika kamu menggunakan Instagram, mungkin yang akrab di telingamu adalah Selebgram. Dimana individu yang menjadi influencer dan siap untuk membantu mempromosikan sebuah produk.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh influencer untuk mengalahkan algoritma Instagram:

  • Influencer menciptakan konten asli yang terkait merek produkmu dan mempostingnya di akun mereka sendiri. Saat influencermu memiliki jumlah follower yang sangat banyak, maka akan sangat banyak pula yang tahu produkmu. Ini akan membantu algoritma Instagram membuat postinganmu sering muncul di halaman Explore mereka.
  • Kita membagi konten yang dibuat oleh influencer kita. Memastikan bahwa mereka menggunakan caption dan hashtag yang sesuai dengan produk yang kita posting. Tentu saja cara ini akan menciptakan keterlibatan dan meningkatkan postingan di Algoritma Instagram.
  • Kamu akan memberikan periode waktu tertentu, untuk influencer mengambil alih akun Instagrammu. Influencer harus membiarkan follower mereka tahu bahwa mereka akan memposting sesuatu di akun kamu.

8. Beriklan di Instagram

Jika kamu ingin memiliki follower yang lebih banyak dan tertarget dengan bisnismu. Maka iklan berbayar bisa kamu lakukan. Sesekali buatlah sebuah konten, tidak harus konten produk atau promo bisnismu, dan iklankan konten tersebut.

Nah, saat kamu tahu apa itu Algoritma Instagram dan bagaimana fungsinya untuk membantu banyak akun bisnis sukses memposting dan menjual produknya lewat Instagram. Tips lainnya seputar Instagram bisnis bisa kamu dapatkan di Blog Jagoanhosting atau di Mebiso.com.

Banyak tips dan informasi terbaru tentang dunia teknologi dan bisnis online yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan insight terbaru seputar bisnis online, terutama yang menggunakan Instagram sebagai platformnya.

Nelsi Islamiyati