TikTok Ads: Jenis dan Panduan Cara Beriklan untuk Bisnis

Beriklan di TikTok
Beriklan di TikTok

Tahukah kamu jika aplikasi TikTok sekarang bisa dijadikan sebagai salah satu sarana marketing bisnis? Yup, TikTok Ads adalah fitur yang dimaksud.

Mengingat jumlah pengguna aplikasi ini terus meningkat, maka tak ada salahnya kamu memanfaatkan momen tersebut untuk menggencarkan strategi pemasaran bisnis secara online.

Terdengar cukup menarik, tapi bagaimana cara beriklan di TikTok tersebut? Nah, informasinya dapat kamu simak di bawah ini.

Apa itu TikTok?

Tik Tok adalah sebuah aplikasi social media yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek dengan memberikan special effects unik dan menarik. Para penggunanya dapat dengan mudah menghasilkan sebuah video yang keren serta dapat dipamerkan kepada teman-teman atau pengguna lainnya.

Pengguna bukan hanya dapat membuat video, Pengguna secara pasif dapat menelusuri hasil video TikTok pengguna lain di feed. Jadi pengguna dapat menonton konten pengguna lain tanpa ikut berkontribusi membuat video.

Dengan pertumbuhan yang begitu cepat, Beberapa creator TikTok menjadi sangat populer dan menarik perhatian orang. Salah satu pengguna TikTok yang menjadi populer adalah Reemar Martin, Reemar merupakan salah satu pengguna TikTok yang sangat populer di kalangan remaja Indonesia. 

Saat ini, Berdasarkan data AppAnnie TikTok memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Dari banyaknya jumlah pengguna tersebut, Siapa saja yang menggunakan TikTok saat ini. Yuk ketahui informasinya. 

Siapa Saja Pengguna TikTok?

Sebagian besar pengguna TikTok adalah mereka yang berusia di bawah 30 tahun, terutama yang berasal dari Gen Z – 41 persen dari jumlah pengguna TikTok berusia antara 16 dan 24 tahun. Dari sini kalian tahu jika pada rentang usia ini kebanyakan memiliki habit daya beli yang meningkat.

Pengguna TikTok bukan hanya berasal dari kalangan biasa, Banyak artis yang terjun menjadi pengguna TikTok seperti Gisella Anastasia, Pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni, dan masih banyak lagi para artis yang menggunakan aplikasi ini.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Local SEO? Ini Manfaat & Strategi Mengoptimalkannya!

Dari sini dapat disimpulkan jika pengguna TikTok bukan hanya dari kalangan bawah, Melainkan banyak dari kalangan atas menggunakan TikTok. Jadi, TikTok sangat tepat untuk dijadikan sebagai media pemasaran saat ini, Karena target audiens-nya sangat luas.  

Apakah Beriklan di TikTok Ads Tepat untuk Bisnismu?

Jika kamu melihat dari jumlah dan siapa saja pengguna TikTok, apakah menurut kamu dengan beriklan di TikTok akan mendapatkan banyak kelebihan? Yup, mungkin kamu sadar jika TikTok Ads adalah peluang untuk pemasaran bisnis.

Bahkan Pada awal 2019 peluncuran fitur beta periklanan TikTok sudah banyak orang menggunakannya. Sejak saat itu, beberapa brand besar seperti Grubhub, Nike, Fenty Beauty, dan Apple Music mulai beriklan di TikTok Ads untuk mempromosikan produk dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual. 

Dengan fitur penargetan canggih dan unik pembuatan iklan, TikTok Ads tidak seperti banyak pendahulunya. Ketika digunakan secara efektif, dapat membawa keuntungan bagi bisnismu.

Jenis-Jenis TikTok Ads

Saat ini terdapat beberapa opsi pilihan TikTok Ads. Namun ini hanya tersedia di beberapa negara-negara tertentu dan memiliki label harga yang ketat. Jenis-jenis TikTok Ads adalah:

Dedicated Hosting
  • Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feed ads: Iklan Video yang muncul saat pengguna scroll feed
  • Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
  • Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand

Namun sebelum mulai beriklan di TikTok Ads, Sebaiknya tanyakan pada diri kamu apakah platform iklan ini tepat untuk bisnis kamu. Karena tidak semua bisnis cocok untuk beriklan di TikTok. 

Nah, jika kamu sudah menyiapkan biaya untuk TikTok Ads berikut, yuk pahami panduan cara menggunakan TikTok Ads untuk marketing kamu.

Baca juga: Social Media Marketing: Belajar Strategi Pemasaran Media Sosial

Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok Ads

Cara iklan di TikTok Ads ternyata cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu membuat akun dan menyiapkan campaign hingga desain iklan. Selengkapnya tentang cara TikTok Ads bisa disimak di sini.

Cek Konten Lainnya:
SEO Copywriting: 10+ Tips Buat Kontennya dan Dapatkan Traffic

1. Buat Akun TikTok Ads

Beriklan di TikTok
Halaman Depan Laman TikTok Ads

Jika kamu belum mempunyai akun periklanan TikTok, maka cara beriklan di TikTok yang pertama adalah mendaftar akun TikTok Ads. Akun inilah yang nantinya kamu gunakan untuk mengelola dan mengatur iklan kita kamu. Tak perlu khawatir kesulitan untuk mulai mendaftar, Karena cara daftarnya pun sangat mudah.

Kamu juga cukup mengisi detail informasi sesuai yang diminta untuk persyaratan mendaftar akun untuk digunakan untuk beriklan nantinya. Setelah selesai mendaftar, Kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya. 

2. Buat TikTok Ads Campaign

Selanjutnya dari cara TikTok Ads adalah membuat campaign. Pada dashboard Iklan TikTok kamu, klik tab Kampanye di bagian atas halaman, Kemudian klik tombol Buat. Selanjutnya, pilih tujuan kampanye (briklan), yang merupakan tujuan utama kamu beriklan di tiktok.

Beriklan di TikTok
Membuat Campign TikTok Ads

Terdapat tiga pilihan opsi yang bisa kamu pilih: Lalu Lintas, Konversi, dan Pemasangan Aplikasi.

Untuk menetapkan anggaran Anda di tingkat kampanye, pilih opsi Anggaran Harian atau Total Anggaran di bawah Pengaturan. Yang perlu kamu perhatikan adalah untuk beriklan kamu harus menyiapkan anggaran harian dengan total anggaran minimal harus $ 500.

3. Setting Placement, Detail, dan Target Iklan TikTok

Salah satu kelebihan beriklan di TikTok Ads adalah kamu bisa menjalankan iklan bukan hanya di satu platform, Melainkan dibeberapa platform lain yang bermitra dengan TikTok. Misalnya Vigo Video yang hanya tersedia di India, Buzz Video, News Republic, dan beberapa platform lainnya.

Untuk penempatan iklan. Kamu bisa membuatnya secara otomatis dan nantinya TikTok akan mengarahkan ke mana sebaiknya iklan kamu dimunculkan sebaik mungkin pada platform terbaik untuk iklan yang kamu jalankan. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang tidak tahu harus ditempatkan dimana atau tidak punya waktu lebih untuk mengatur placement iklan. 

Setelah itu, Untuk menjalankan iklan, Kamu diharuskan untuk memasukkan semua detail mengenai iklan kamu. Pastikan masukan kata kunci yang sesuai dengan target dan paling relevan agar TikTok dapat membantu kamu dalam menemukan audiens yang paling tepat untuk jenis iklan yang Anda buat.

4. Kontrol pengeluaran iklan, durasi, dan tujuan

Seperti yang disebutkan, cara beriklan di TikTok Ads tergolong mahal. Jika kamu memiliki budget iklan $500/hari kamu bisa membaginya pada beberapa bagian(grup). Setiap iklan (bagian) setidaknya harus memiliki anggaran masing-masing $50 untuk anggaran harian. Namun di beberapa negara terdapat anggaran minimal $20.

Setting Budget Iklan TikTok
Setting Budget Iklan TikTok

Setelah itu, jangan lupa untuk menentukan durasi tampilan atau berjalannya iklan kamu. Kamu dapat mengaturnya secara harian atau mingguan untuk setiap iklan

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Copywriting? Contoh, Manfaat & Tekniknya

Kamu harus mulai menentukan tujuan kamu beriklan di TikTok, Terdapat beberapa tujuan yang bisa kamu pilih, Misalnya konversi, Klik, atau Tayangan, dan nantinya TikTok akan memaksimalkan iklan yang kalankan sesuai tujuan kamu.

Kamu bisa juga memanfaatkan Smart Optimization yang tersedia pada fitur TikTok ads untuk memaksimalkan iklan kamu. Jika kamu memilih Klik atau Tayangan untuk tujuan iklan kamu, maka disarankan untuk mematikan saja fitur ini. Fitur ini bekerja untuk memaksimalkan konversi secara terus-menerus.

5. Desain Iklan Iklan Kamu menggunakan Aplikasi Tiktok

Yang terakhir dari cara menggunakan TikTok Ads adalah mendesain iklan melalui aplikasi TikTok. Sehingga sebuah tren  dapat berubah dengan cepat,  Apa yang populer dalam seminggu ini tidak akan selalu menjadi panas di minggu depan.

Dalam hal merancang aset kreatif untuk iklan kam, prosesnya cukup mudah. Iklan yang tampil TikTok dapat berupa video dan gambar berbentuk horizontal, vertikal, atau persegi. Hal terbaik tentang platform iklan adalah alat yang disebut Video Creation Kit.

Dengan kamu menyediakan template video dan gambar yang kamu sesuaikan menggunakan gambar yang ada. Ini juga dilengkapi dengan 300+ pilihan untuk musik latar gratis. Semua dapat kamu gunakan untuk membuat video iklan kamu di dalam aplikasi dengan cepat dan mudah.

Itulah beberapa informasi mengenai cara beriklan di TikTok Ads, kamu bisa mulai belajar untuk menjadikan TikTok sebagai media marketing bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa mencoba dan dapatkan lebih banyak peningkatan penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
blogging adalah
Read More
Apa itu Blogging, Blog & Blogger? Ini Perbedaannya
Blogging adalah kegiatan pengelolaan web log atau blog, mulai dari mengembangkan, memperbarui, dan menambahkan konten lain dalam bentuk…
digital advertising adalah
Read More
Apa itu Digital Advertising? Jenis, Kelebihan & Kekurangannya
Digital advertising adalah metode yang lebih modern dalam mengenalkan produk kepada konsumen.  Dibandingkan generasi sebelumnya yang beriklan pada…