Bagi kamu yang masih dalam tahap belajar membuat website, mungkin masih sedikit kesulitan dalam mengatur sebuah cloud hosting. Maka dari itu kamu harus control panel web hosting untuk mengelola lebih mudah website kamu.

Terdapat banyak macam control panel web cloud hosting yang bisa kamu gunakan untuk mengatur website kamu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini macam-macam control panel web hosting.

1. Cpanel

Cpanel adalah salah satu control panel web cloud hosting terbaik dan paling banyak digunakan di dunia. Cpanel banyak digunakan karena kemudahannya. Sangat cocok untuk kamu baik yang masih pemula.

Control panel Ini memiliki antarmuka grafis dan antarmuka manajemen server melalui WHM (Web Host Manager). cPanel memiliki banyak fitur berbeda dibanding control panel lainnya. Dan semuanya terletak pada satu halaman. Selain itu, semua fitur memiliki deskripsi singkat yang menunjukkan apa yang dapat mereka lakukan, Sehingga sangat cocok untuk pemula.

Selain cocok untuk pemula, kamu yang sudah profesional juga akan suka dengan Cpanel karena dapat memermudah pekerjaan. Cpanel adalah control panel web cloud hosting yang cocok digunakan oleh siapa saja.

2. Plesk

Sama seperti control panel web cloud hosting lainnya, plesk bisa kamu gunakan untuk mengatur website dan cloud hosting kamu. Salah satu kelebihan Plesk adalah tampilannya yang menarik dan mudah digunakan. Antara cPanel dan Plesk merupakan control panel dengan jumlah pengguna terbanyak.

Plesk memungkinkan kamu untuk mengelola beberapa website di dalam satu dashboard. Termasuk membangun website, Melakukan update apps, Memantau kinerja server, Manage domain, FTP, Email, dll. Tampilan Plesk sangat rapih dan nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Cocok untuk kamu yang masih dalam tahap belajar dalam mengatur website dan cloud hosting.

3. Direct Admin

Direct admin merupakan salah satu control panel terbaik saat ini. Panel inii tersedia untuk sistem Linux dan BSD. Mulai banyak orang menggunakan panel ini untuk web hosting karena salah satu panel termudah, tercepat dan paling stabil. Interface sangat user-friendly. Dan tentunya lisensinya yang cukup murah.

Kontrol panel ini juga mendukung beberapa level akses: Administrator, Pengguna, dan Reseller. Panel ini mungkinkan kamu untuk melihat statistik penggunaan lengkap dari setiap Resource dan dukungan fitur anti spam bawaan. 

Pada dasarnya, Panel ini memiliki banyak opsi dan fitur, seperti manajemen DNS, pembuatan basis data, dan manajemen, pembuatan dan pengelolaan akun reseller, pembuatan cadangan, pengelolaan file, dll.

4. Webuzo

Webuzo adalah aplikasi control panel seperti cPanel, ISP Config, dan Plesk. Webuzo biasanya banyak digunakan pada Virtual Private Server atau yang biasa dikenal dengan sebutan VPS. Kelebihan Webuzo terletak pada tampilannya yang user friendly. Webuzo juga menyediakan script installer untuk memudahkan kamu menginstall CMS populer seperti WordPress dan Drupal.

Selain itu, Webuzo juga menyediakan banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mempermudah dalam membangun website: manage domain, manage database dengan menggunakan MySQL dan Rockmongo, Manage user File Transfer Protocol (FTP), Manage DNS Zone, dll.

Webuzo memiliki versi gratis dan berbayar, Versi gratis Webuzo tentu ada batasannya berbeda dengan versi berbayarnya yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Kamu tidak bisa menggunakan seluruh fitur ketika menggunakan versi gratis dan hanya diperbolehkan untuk menggunakan 59 skrip saja.

5. VestaCP

Satu lagi control panel populer yang banyak digunakan adalah VestaCP. VestaCP sangat cocok untuk kamu yang baru belajar memanajemen web hosting. VestaCP dikenal dengan antarmuka yang sederhana namun efektif. Ini menjadikan VestaCP platform yang ideal untuk reseller yang menginginkan antarmuka yang mudah dan tidak berantakan. 

Kelebihan VestaCP adalah bobotnya yang sangat ringan sehingga mempercepat pekerjaan kita. VestaCP juga cocok jika kamu menggunakan cloud hosting dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Sebenarnya masih ada banyak control panel lain yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah mengelola cloud hosting kamu. kamu dapat menggunakan salah satu dari ke-5 control panel diatas untuk mempermudah pekerjaan kamu. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like