Sering lupa password akun? Buat password yang gampang diingat tapi takut mudah terkena retas? Solusi terbaik permsalahaan tersebut yaitu menggunakan Password Manager

Dalam hal peretasan dan pencurian identitas, Kelemahan terbesar kebanyakan orang adalah membuat password yang mudah ditebak. Password seperti nama sendiri ditambah urutan angka (nama1234), tanggal lahir, atau bahkan nama pasangan. Password seperti itu seringkali mudah ditebak oleh peretas.

Saya rasa kamu memiliki banyak akun sosial media, Jika kamu menggunakan password yang sama pada setiap sosial media kamu, Hal tersebut akan sedikit beresiko. Ketika salah satu sosial media kamu terkena retas, Maka kemungkinan besar sosial media kamu lainnya juga terkena retas.

Jadi apa yang kamu lakukan atas permasalah tersebut? Solusinya adalah menggunakan Password Manager yang aman. Sebelum membahas lebih lanjut tentang software/tools password manager gratis terbaik, Sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu Password Manager.

Apa itu Password Manager?

Password Manager adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menyimpan setiap kata sandi yang kamu gunakan secara online, Password dari sosial media, akun email kamu hingga semua password aplikasi yang kamu gunakan.

Nantinya semua kata sandi aplikasi kamu dienkripsi dan disimpan dalam “brankas” yang dilindungi oleh “kata sandi utama.”. Hal ini berarti sebuah password manager memungkinkan kamu untuk membuat kata sandi yang berbeda pada setiap akun kamu dengan kuat dan aman. 

Kamu juga tidak harus mengingat banyak password karena semua password akan disimpan pada brankas.

Dengan password manager kamu harus membuat dan mengingat satu kata sandi utama yang digunakan untuk membuka atau login pada software Password manager kamu.

Cara Kerja Password Manager

Bagaimana cara kerja password manager? Jika kamu melihat penjelasan dari apa itu password manager seharusnya kamu sudah mulai paham bagaimana sebuah password manager mengamankan sebuah password.

Dengan password manager kamu tidak harus memasukkan user dan password secara manual, Kamu cukup memanfaatkan password manager untuk login pada akun secara otomatis.

Sebagian besar password manager online merupakan ekstensi browser. Password manager memiliki dua pekerjaan utama. Pertama, yaitu menyimpan kata sandi. Kedua, berfungsi untuk mengisi secara otomatis ketika login akun dan membentuk detail pada situs dan aplikasi yang kamu gunakan.

Password manager terbaik memiliki banyak manfaat, Berikut beberapa fungsi password manager:

  • Secara otomatis membuat kata sandi yang kuat dan aman untuk akun kamu yang sulit diretas
  • Sinkronkan password yang unik dan kuat di semua perangkat
  • Menyimpan dan mengenkripsi data pribadi dan detail pembayaran online kamu 
  • Mengisi secara otomatis info masuk dan formulir di aplikasi di perangkat seluler kamu
  • Mengubah otomatis password yang lemah menjadi kata sandi yang kuat untuk layanan tertentu
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui aplikasi mereka sendiri, aplikasi seperti Google Authenticator, pesan SMS, dll.
  • Mengatur otentikasi menggunakan sidik jari atau wajah kamu di perangkat yang kompatibel

Apakah Password Manager Aman untuk Menyimpan Password Akun?

Apakah menggunakan Password Manager terjamin aman untuk menyimpan password? Password manager berfungsi untuk membuat dan mengelola password akun online kamu jauh lebih mudah, Selain itu kemungkinan menjadi korban peretasan atau serangan cyber sangatlah kecil.

Yang perlu kamu ketahui, Software password manager memperhatikan keamanan dengan sangat serius. Itu sebabnya banyak yang menyarankan kamu mengaktifkan autentikasi dua faktor dan mengenkripsi semuanya.

Memang terdapat risiko menyimpan semua kata sandi kamu dalam satu password manager. Namun, Kamu tidak perlu terlalu khawatir dan memikirkan keamanan siber seperti ini. Karena penyedia password manager akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat password manager yang aman.

Jadi, Apakah password manager aman untuk digunakan? Jawabannya Iya. Sesuai penjelasan diatas, Jika Perusahaan password manager terbaik tidak menyimpan kata sandi utama pengguna yang digunakan untuk membuka kunci enkripsi.

Sehingga ketika server mereka berhasil diretas, Maka data yang tercuri tidak bisa digunakan sepenuhnya, Karena datanya akan terenkripsi. 

5 Password Manager Terbaik yang bisa kamu Gunakan

Password Manager Terbaik
Password Manager Terbaik

1. Lastpass

Lastpass adalah salah satu Password manager gratis terbaik yang bisa kamu gunakan, Tools ini memungkinkan kamu untuk menyimpan kata sandi tanpa batas dan menggunakan layanan di semua perangkat kamu.

LastPass akan membantu kamu dalam membuat kata sandi utama yang sangat aman dan mengimpor semua kata sandi dan detail formulir yang disimpan. Tools ini menyimpan data secara terenkripsi di server cloud.

Lastpass adalah tools password manager gratis, Namun kamu dapat meningkatkan ke paket Premium. LastPass premium memiliki harga sebesar $ 3 per bulan dan ditagih setiap tahun. Paket premium lastpass berguna untuk untuk membuka kunci fitur tambahan.

2. Dashlane

Dashlane adalah password manager terbaik yang bisa kamu gunakan. Dashlane merupakan tools intuitif, sederhana, dan menawarkan banyak fitur canggih. Tidak seperti beberapa password manager lainnya, Dashlane memungkinkan kamu untuk membagikan kata sandi terenkripsi dengan kontak darurat kamu yang berfungsi untuk berjaga-jaga.

Selain itu, Password manager dashlane menyediakan opsi untuk menyimpan kata sandi kamu secara lokal di dalam brankas yang terenkripsi.

Paket gratis Dashlane memungkinkan kamu untuk menggunakan layanan ini di satu perangkat dan menyimpan hingga 50 kata sandi. Untuk versi premiumnya seharga $ 3,33 per bulan dan ditagih setiap tahun.

Dengan versi premium kamu dapat menyimpan kata sandi tanpa batas dan menyinkronkannya di semua perangkat yang kamu gunakan. Terdapat juga fitur-fitur canggih seperti pemantauan web dan VPN.

3. 1Password

1Password juga salah satu password manager yang bisa kamu gunakan, Sama Halnya dengan Lastpass dan dashlane, 1Password berfungsi Menyimpan banyak informasi login dengan satu password utama, menyimpan informasi penting lain, dan membantu kamu dalam mengisi otomatis password saat login, dll

Pihak 1Password sangat percaya pada sistem keamanan miliknya, Bahkan mereka menawarkan hadiah uang $ 100.000 bagi siapa saja yang dapat meretas salah satu akunnya.

Sayangnya, 1Password tidak ada versi gratisnya,Namun kamu bisa mencoba 1Password dengan memanfaatkan versi trialnya secara gratis selama 30 hari.

Harga yang ditawarkan 1password yaitu; Paket Pribadi $ 2,99 per bulan, dan Paket Keluarga adalah $ 4,99 per bulan, sementara untuk Tim dan Bisnis mulai dari $ 3,99 per bulan. 

4. Enpass

Enpass adalah tools password manager gratis yang menawarkan layanan gratis dan premium. Versi gratis memungkinkan untuk menyimpan password sampai 20 penyimpanan data. Selain itu versi gratis Enpass memungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat.

Password manager ini hampir menyerupai 1Password, Dimana tools ini menawarkan banyak kategori spesifik. Kamu Bisa menggunakan tools ini untuk mulai menyimpan akun password kamu.

5. Keeper

Keeper adalah salah satu password manager yang menawarkan berbagai fitur seperti fitur opsi impor kata sandi, otentikasi dua faktor, pengisian formulir otomatis, berbagi secara aman, dan kata sandi aplikasi seluler.

Password manager ini memiliki banyak paket berbeda tergantung pada kebutuhan kamu, termasuk Pribadi, Mahasiswa, Keluarga, Bisnis, dan Perusahaan. Hal tersebut menjadikan Keeper merupakan salah satu pengelola kata sandi terbaik yang tersedia dalam hal skalabilitas.

Paket Personal Gratis memungkinkan kamu untuk menggunakan, menyimpan kata sandi, perangkat, dan sinkronisasi yang tidak terbatas. Paket keluarga mulai dari $ 5 per bulan, dan paket bisnis mulai dari $ 2,50 per bulan.

Itulah informasi mengenai password manager, Kamu bisa mulai menggunakan password manager untuk mengamankan akun password kamu. Gunakan salah satu Password manager gratis terbaik diatas untuk menyimpan password kamu dengan aman. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like