Strategi Instagram Organik Bisa Datangkan Cuan

strategi instagram organik

Setiap pengusaha harus memahami strategi instagram organik. Hal ini diulas secara mendalam pada kegiatan webinar bertajuk ‘Rahasia Olah Instagram Organik, Bikin Orderan Auto Melimpah,’

Webinar tersebut diadakan pada Senin 27 Mei 2024 oleh Ridwan Virgantara. Selengkapnya, materi tersebut akan dibahas pada artikel ini.

Buat Username dan Nickname Sesuai Keywords

Menurut Ridwan, salah satu faktor yang membuat usaha lebih mudah ditemukan dalam media sosial, utamanya instagram adalah dengan menggunakan username dan nickname yang tepat. 

Caranya, dengan setting username yang lebih powerful. Gunakan produk yang mengandung kata kunci di depan brand-nya. 

Kemudian, setting nickname yang sama dengan username-nya. Salah satu tipsnya, cari kata kunci yang sesuai dengan brand positioningnya. 

Contohnya, untuk brand Mukena Elsa. Saat memulai media sosial, kompetisi cukup berat, utamanya dalam hal keywords.

Akhirnya Ridwan memilih keywords yang mengerucut, namun potensinya besar. Saat melakukan riset, ia menemukan mukena seserahan, gift box dan sejenisnya. Keywords tersebut dijadikan acuan untuk menarik massa bagi brand Mukena Elsa. 

Menurut Ridwan, dalam melakukan riset keywords, harus mengumpulkan terlebih dahulu 20-30 keywords yang powerful. Kemudian, dipilih lima kata kunci yang sesuai dengan produk dan brand positioning. 

Kemudian, keywords tersebut bisa digunakan sebagai nickname dan username. 

Kuantitas Konten

Dalam melakukan perencanaan konten bagi pemula, disarankan untuk memperbanyak kuantitas konten. Menurutnya, hal ini bisa dievaluasi setiap hari dan berlatihnya lebih intens. Sehingga, bisa belajar langsung untuk menyempurnakan kualitas kontennya.

Dalam hal ini, Ridwan mengatakan, konsistensi untuk pembuatan konten sehari-hari harus dilakukan. Setidaknya, posting satu kali dalam satu hari. 

Cek Konten Lainnya:
Dukung Kolaborasi, ‘Coworking Space’ Fasilitasi Sesi Networking Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Saat ini, konten yang paling banyak diminati adalah video pendek. Sebab, behaviour orang sudah berubah. Kecenderungan, orang-orang tidak ingin menonton video yang panjang. Namun, video yang ditampilkan harus to the point, tidak banyak basa-basi dan padat isi. 

Cara Agar Banyak Followers

Menurut Ridwan, cara agar lebih banyak followers adalah dengan menyajikan konten yang menarik. Namun, yang menjadi catatan adalah, jangan sampai tampilan sosial media cenderung seperti marketplace, yang hanya berisi produk jualan.

Namun, harus diselingi dengan konten informatif, edukatif atau bahkan hiburan.

Apa Pentingnya Engagement Instagram Harus Organik

Menumbuhkan konten Instagram secara organik adalah strategi yang esensial untuk membangun hubungan jangka panjang dengan audiens yang relevan dan setia.

Pertama, pertumbuhan organik memungkinkan bisnis atau individu untuk menarik pengikut yang benar-benar tertarik dengan konten yang disajikan, sehingga menghasilkan interaksi yang lebih autentik dan bermakna. 

Selain itu, algoritma Instagram cenderung memberikan prioritas kepada konten yang mendapatkan engagement tinggi dari pengikut yang aktif, sehingga meningkatkan visibilitas dan jangkauan konten tanpa memerlukan biaya tambahan.

Dengan fokus pada pertumbuhan organik, kreator konten dapat membangun brand yang kuat dan otentik, yang diakui dan dihargai oleh audiens mereka.

Menggunakan metode organik juga mendorong penciptaan konten berkualitas yang relevan dan bermanfaat bagi pengikut. Ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pengikut tetapi juga menginspirasi mereka untuk berbagi konten, memperluas jangkauan secara alami. 

Di samping itu, kepercayaan dan kredibilitas yang diperoleh melalui interaksi organik jauh lebih berharga daripada jumlah pengikut yang besar tetapi tidak terlibat, yang sering kali hasil dari strategi berbayar atau tidak etis.

Selain itu, pendekatan organik membantu dalam membangun komunitas yang solid dan loyal, yang bisa menjadi advokat kuat untuk brand atau personal branding. 

Cek Konten Lainnya:
Pernah Viral, Gimana Kabar Aplikasi Clubhouse Sekarang?

Mereka tidak hanya berkontribusi pada interaksi yang tinggi tetapi juga sering mendukung dan mempromosikan konten kepada jaringan mereka, memperluas dampak dengan cara yang otentik dan berkelanjutan.

Dengan demikian, menumbuhkan konten Instagram secara organik adalah investasi jangka panjang yang mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan yang konsisten.Itu dia cara menyusun strategi instagram organik. Baca terus artikel kami, yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
belajar web security
Read More
Kurangi Resiko Serangan Cyber, Ini Dia Cara Belajar Web Security 
Dalam era transformasi digital, penting untuk belajar web security. Hal ini penting diketahui untuk memberikan fondasi yang kuat…
Cara Buat Orderan Makin Tinggi Cuma Modal Teknologi
Read More
Cara Buat Orderan Makin Tinggi Cuma Modal Teknologi
Di era transformasi digital ini, ada cara untuk membuat orderan makin tinggi cuma modal teknologi. Sederet tips dan…