Cara Mengatasi Error 522 Connection Timed Out

Cloud VPS
Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Pengantar

Hai Sob!

Apakah Sobat mengalami Error 522 Connection Timed Out dan bingung gimana cara mengatasinya? Sebelum itu, sebaiknya kita cek dulu, apa sih penyebab umum dari Error 502 Connection Timed Out itu apa saja? Kuy simak bersama-sama!

 

Karena kemungkinan penyebabnya ada banyak, lalu gimana cara mengatasi error 522 Connection Timed Out ? Begini langkah langkahnya sob :

1. Cek Setting DNS Di Cloudflare

Ini biasanya dialami pemula saat pertama kali pasang Cloudflare, kamu salah memasukkan IP A record untuk domain kamu.

Cek lagi ya, apakah alamat IP servernya sudah bener. Alamat IP bisa kamu cek di email saat aktivasi layanan baik hosting maupun VPS.

Nah kalo ternyata sudah benar, coba cek langkah berikut nya sob!

 

2. Cek Status Servis Cloudflare

Cloudflare menyediakan website untuk mengecek kondisi status layanan / servis yang mereka berikan melalui website https://www.cloudflarestatus.com/ .

Gangguan ditandai dengan informasi Reroute atau Partial Outage, contoh seperti gambar dibawah :

Terjadi Outage

Cek terutama di Singapore dan Jakarta, misalkan terjadi kayak gambar diatas, langsung coba masuk ke DNS Cloudflare kamu, lalu ubah awan oranye menjadi awan abu-abu. Tujuannya untuk bypass, sementara gak pake cloudflare dulu. Setelah itu coba akses lagi website kamu. Kalau bisa, berarti hostingan kamu gak ada masalah.

Dan kamu bisa follow up pihak Cloudflare dengan mengirimkan tiket.

Oh ya reminder tipis-tipis sob, Cloudflare yang gratisan gak ngasih garansi uptime. Jadi sabar-sabar aja yak pakainya, namanya juga gratis.

Nah karena sekarang pake awan abu-abu. Error 522 hilang tapi ternyata website masih gak bisa diakses? lanjut ke Langkah berikutnya.

 

3. Cek Status Network Provider Hosting

Selanjutnya kalau langkah sebelumnya belum berhasil, kamu perlu cek apakah sedang ada gangguan network di provider hosting yang kamu pakai.

Cara termudah adalah dengan melakukan ping ke alamat ip dari domain kamu.

Nah alamat IP domain bisa kamu cek di setting DNS Cloudflare, catat IP-nya lalu lakukan ping.

Misalkan ternyata ada banyak request time out atau sama sekali putus (RTO).

Ping RTO

Kalau hasil pingnya putus-putus atau terjadi RTO, langsung tanyakan ke provider hosting kamu. Di JagoanHosting kamu bisa tanya melalui chat dengan tim Technical Support di Halaman member area atau langsung aja ke Tiket dari member area.

Kalo ternyata gak ada masalah network di Provider Hosting, tapi website kamu gak bisa diakses, cuss lanjut ke langkah berikutnya.

 

4. Cek Status Webserver

Jadi si Cloudflare ini memanfaatkan header Keep-Alive untuk tahu website kamu bisa diakses / sedang online. Secara default Keep-Alive ini otomatis aktif kok, baik kamu pakai hosting atau vps sendiri.

Pendekatan untuk ngecek status webserver di panduan ini dibedakan jadi dua ya, untuk pengguna sharedhosting dan pengguna VPS.

 

  • Cek Webserver (untuk user sharedhosting)

Provider layanan hosting yang bagus, selalu memastikan webserver tetap up. Kalaupun sempat down tidak akan berlangsung lama karena langsung diperbaiki.

Kamu pun bisa cek sendiri dengan masuk ke cPanel kamu melalui member area.

Klik di sebelah kanan Server Information

Server information

Lalu cari Status Service httpd, kalau statusnya down segera followup ke provider hosting kamu.

Kalau statusnya up, berarti ada masalah lain dong. Gass ke langkah lima.

 

  • Cek Webserver (Untuk User VPS)

Kalau di vps webserver bisa bervariatif banget sob, tergantung kamu install webserver apa. Ada apache, nginx, node.js, lighttpd dan lain sebagainya.

Nah kamu pastikan webservernya running ya. Googling di internet caranya sesuai dengan webserver yang kamu pakai.

Yang umum biasanya pakai apache, command di ssh biasanya seperti ini :

# systemctl status httpd

Pastikan statusnya running, dan start kembali jika down.

 

  • Cek Firewall (Untuk User VPS)

Kalau ternyata webserver kamu lagi up, coba koreksi lagi mungkin ada firewall baru yang kamu pasang. Trus gak sengaja melakukan action DROP ke ip tertentu (ip cloudflare) ? Untuk memastikan sementara kamu bisa disable service firewall di VPS kamu.

 

5. Cek Apakah Server Overload

Biasanya langkah pertama sampai ketiga itu sudah mensolusikan. Kalau kamu sudah sampai sini tetap semangat sob!, pasti ada jalan. Server overload atau kepenuhan bisa jadi penyebab error 522 connection timed out.

 

  • Cek overload (untuk User Shared Hosting)

Jika langkah pertama sampai keempat sudah selesai kamu lakukan, dan kamu coba akses website kamu ternyata berat banget. Coba cek dulu apakah hosting yang kamu gunakan sedang kepenuhan dengan melihat informasi statistik resource cpanel terutama bagian CPU dan Memory Usagenya.

Jika tampak merah-merah, sudah saatnya kamu upgrade paket layanan sob!.

 

  • Cek overload Untuk User VPS)

Nah kalau kamu pengguna vps, untuk memastikan server lagi kepenuhan atau enggak, kamu bisa ikuti panduan cara pantau monitoring kinerja vps.

 

Penutup

Pada prinsipnya, jika kamu mengalami error ini berarti sedang ada masalah yang terjadi antara Cloudflare dengan server hosting yang kamu gunakan. Selain itu tidak ada penyebab pasti Error 522 Connection timed out bisa terjadi.

Ada banyak faktor penyebab dengan berbagai macam solusi yang bisa dilakukan. Semoga panduan ini membantu kamu mengatasi error 522 Connection timed out ya sob!

KESULITAN ?  Kamu bisa tanyakan kepada tim support melalui Open Ticket atau chat melalui "pojok kanan bawah" di Member Area.

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 4 / 5. Dari total vote 26

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related Posts
Cara Mengatasi Error 404 Pada Joomla

Halo, Sob, kamu suka bingung gimana sih cara mengatasi error 404 pada Joomla kamu? Gak perlu bingung, Sob, kita akan Read more

Tutorial Install Template, Module, Plugin, Component, Language pada Joomla

Hai Sob! Ketemu lagi di Tutorial Jagoan Hosting Indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang Tutorial Install template, module, plugin, component, Read more

Tutorial Install Open Cart melalui Softaculous

Kamu sedang bingung masalah proses instalasi OpenCart? Gak perlu bingung, Sob. Ikutin yuk tutorial kali ini tentang gimana caranya install Read more

Tutorial Mengatasi Blank Page dan 500 Internal Server Error di Open Cart

Pernahkah kamu mengalami 500 Internal Server Error atau mengalami Blank Page (halaman putih)? Gak usah bingung gelisah dan gunda gulana, Read more

Leave a Comment