Cari tutorial

Tutorial Mendaftar Cloudflare Beserta Settingnya

Hai Sob! Mungkin Kamu belum tahu bahwa ada satu fasilitas yang disebut Cloudflare. Nah sebagai pemilik dan pengelola website Kamu wajib tahu dong apa kegunaan dari Cloudflare.

Karena pada akhirnya nanti Cloudflare ini akan berguna untuk menjaga website Kamu tetap aman dari beberapa gangguan yang bisa mengganggu bahkan mungkin merusak website Kamu. Simak dulu Sob!

Dengan menggunakan CDN akses website bisa menjadi lebih cepat, karena pengakses akan menggunakan server terdekat dari lokasi pengakses. Sebagai contoh jika kita sedang berada di Amerika maka saat kita mengakses website yang berada di server hosting Indonesia, komputer akan dihubungkan dengan server yang dimiliki cloudflare yang berada di Amerika.

 Untuk melakukan pendaftaran cloudflare, silahkan mengikuti langkah berikut :

Step 1 : Akses https://www.cloudflare.com/

Tampilan homepage Cloudflare


Step 2 : Klik sign up

Register Cloudflare

Masuk dan mendaftarkan Cloudflare


Step 3 : Masukkan alamat email dan password yang di inginkan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

Masukkan kelengkapan dari alamat, password, dsb


Step 4 : Setelah itu, masukkan nama domain yang ingin di settingkan service Cloudflare ini, dan klik Add website untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Enter domain name

Masukkan nama domain Kamu


Step 5 : Setelah nama domain dimasukkan, maka akan muncul halaman proses pengambilan DNS dan konten dari website untuk diletakkan pada server CDN milik cloudflare, dan tunggu hingga selesai.

DNS page

Muncul halaman proses pengambilan DNS


Step 6 : Jika sudah complete maka, tampilannya seperti berikut, dan klik Continue untuk melanjutkan.

Click continue pada bagian bawah halaman


Step 7 : Setelah itu, akan masuk ke halaman setting DNS dari domain yang di inputkan tadi (highlight biru adalah nama domainnya).

Pada kategori Active yang mana ada logo awan warna oranye, berarti DNS dari domain yang di setting akan dilewatkan melalui server CDN Cloudflare, sedangkan awan warna abu-abu tetap menggunakan server asli dari hosting domain yang bersangkutan.

Masuk ke halaman setting DNS dari yang domain diinputkan


Step 8 : Di bawah sendiri pada halaman pengaturan DNS ini, anda bisa menambahkan DNS baru yang ingin dilewatkan oleh service Cloudflare tersebut. Dan apabila sudah selesai settingan DNS-nya, maka silahkan klik Continue untuk melanjutkan.

Halaman pengaturan DNS, click tombol seperti pada gambar


Step 9 : Pada halaman ini, silahkan Kamu pilih paket Free saja, dengan opsi Performance yang “CDN + Basic Optimizations (Faster)” atau “CDN +Full Optimizations”. Sedangkan untuk security, direkomendasikan untuk memilih Medium saja, setelah selesai klik Continue.

Pilih Paket "FREE" dan klik continue


Step 10 : Setelah langkah diatas, saat ini silahkan Kamu update Nameserver dari domain yang di inputkan tadi (pada domain manager) ke Nameserver dari Cloudflare seperti gambar dibawah ini.

Update nameserver dari domain yang diinputkan tadi seperti pada gambar


Berikut ini contoh website yang menggunakan ns Cloudflare.

Contoh yang menggunakan Cloudflare


Step 11 : Selamat, Kamu telah berhasil melakukan pendaftaran service Cloudflare beserta setting domainnya !


Step 12 : Setelah selesai semua settingan diatas dan masa resolve sudah selesai (logo status akan berubah menjadi hijau), kini saatnya melakukan settingan firewall. Sebelumnya silahkan login dahulu ke akun Cloudflare yang baru saja dibuat dan otomatis akan masuk pada menu Websites. Klik menu Threat Control untuk menuju menu firewall dari service Cloudflarenya.

Settingan Firewall


Step 13 : Pada form Add custom rule, silahkan masukkan nomor IP atau Kode negara yang ingin di Blok atau di izinkan untuk mengakses website/domain anda.

Silahkan masukkan nomor IP atau kode negara


Step 14 : Contoh gambar setelah menambahkan rule pada firewall tersebut. Kotak hijau adalah list IP atau Negara yang di izinkan mengakses website anda, sedangkan untuk kotak warna merah adalah list untuk IP atau negara yang tidak di izinkan mengakses webiste/domain anda.

Masukkan IP Number


Step 15 : Jika kembali pada menu Website, pada opsi Analytics Kamu bisa melihat statistik trafik pengunjung domain/website yang telah di setting DNS Cloudflare yang gambarnya sbb:

Lihat statistik trafik pengunjung

 

Traffic naik turun pada domain

Oh iya Sob! Satu yang Kamu wajib perhatikan adalah bahwa penggunaan Cloudflare ini membutuhkan masa resolve. Setidaknya menurut dari website Cloudflare sendiri, butuh hingga 2x24 jam sebelum benar-benar bisa dipergunakan. Makanya sabar ya Sob!

Kalau masih kesulitan Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoan Hosting untuk informasi lewat Live Chat dan Open Ticket. Yuk Ah!

Leave a Comment





#LebihMerdeka buat dapetin .COM TERMURAH 78RB disini. Mau?

Ambil Sekarang!