Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Secara Umum ada dua pilihan untuk melakukan backup file website didalam cPanel, yaitu Full Backup dan Partial Backup.

Di tutorial ini akan ditunjukkan cara backup dengan dua metode tersebut. Gunakan salah satu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biasanya Full Backup dilakukan jika kamu mau pindah ke hosting cPanel lain. Sedangkan Partial Backup jika kamu mau pindah ke hosting dengan panel yang berbeda.

Full Backup

Halo Sob! Kali ini Jagoan Hosting akan berbagi tutorial pada kamu cara melakukan backup account hosting dari cpanel. Simak ya Sob!


STEP 1 : Masuk pada cpanel kamu biasanya menggunakan http://namadomainkamu/cpanel kemudian masuk pada menu backup.


STEP 2 : Kedua klik button/tombol “Download a Full Website Backup” seperti ini :


STEP 3 : Setelah itu kamu akan diarahkan ke menu backup destination, yaitu menentukan file backup ingin disimpan dimana, seperti ini :


STEP 4 : Setelah itu pilih backup destination home directory karena lebih cepat proses nya, sebab file backup diletakkan pada folder home di hosting kamu dan bisa diakses melalui menu file manager. Sedangkan untuk remote ftp server, remote ftp server (passive mode transfer) dan secure copy (scp) ini mengirimkan file hasil generate backup ke Remote user atau IP server penyimpanan yang dimiliki.


STEP 5 : Jika sudah dipilih home directory, kamu bisa mencentang opsi email address atau Do not send email notification of backup completion. jika memilih opsi email address maka kamu akan menerima notifikasi proses backup nya via email sedankan jika memilih opsi Do not send email notification of backup completion. maka kamu tidak mendapatkan notifikasi proses backup.


STEP 6 : Setelah itu klik button/tombol “Generate Backup” agar proses backup di mulai dan nanti hasilnya seperti ini


STEP 7 : Jika sudah selesai akan menjadi seperti ini


STEP 8 : Jika ingin mendownload backup ini silahkan kamu klik link download nya atau kamu bisa mendownload melalui File Manager di folder home seperti ini

File backup tersebut sudah membackup seluruh file, database, email di hosting kamu.


Partial Backup

STEP 1 : Jika sudah masuk ke cpanel silahkan kamu masuk ke menu Backup kemudian partial Backup.

Ada 4 bagian dari partial backup ini yaitu backup file / home directory , backup database mysql, backup Email Forwarders dan Email Filters.

  1. Backup file / home directory → ketika kamu klik button/tombol home directory maka secara otomatis semua file yang ada di home directory hosting kamu akan terdownload di komputer kamu dalam ekstensi .tar.gz
  2. Backup database mysql → kamu bisa mendownload backup setiap database yang ada di hosting kamu dengan mengklik link di nama database
  3. Backup Email Forwarders → fitur backup ini bisa melakukan backup untuk konfigurasi email forwarding yang telah kamu buat
  4. Backup Email Filters → fitur ini akan membackup pengaturan filtering email untuk setiap email yang telah kamu buat, pengaturan ini bisa diketahui pada menu Email Filters di CPanel

Simak terus panduan VPS di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

1 Comment

  1. […] Selengkapnya kamu bisa ikuti Cara melakukan partial backup di cPanel […]