Cara Menambahkan Subdomain pada Hosting cPanel

Dedicated Hosting
Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

Jika Sobat mempunyai layanan shared hosting, tentu saja hosting Sobat dapat langsung diakses menggunakan domain utama, dimana biasanya berformat www.namadomain.com. 

Namun jika misalkan suatu saat website Sobat mempunyai halaman khusus yang ditujukan untuk suatu tujuan khusus misalnya halaman regristrasi, halaman login dll maka saat diakses dapat diarahkan ke login.namadomain.com.

Apa Sih Subdomain Itu?

Expand webopedia

Begini Tutorial Menambahkan Subdomain di Hosting Kamu


1. Untuk dapat menambahkan subdomain Sobat, dapat dilakukan dengan cara login Cpanel dan masuk ke Domains untuk membuat subdomains. Kalau Sobat masih bingung bagaimana cara login ke CPanel, Sobat bisa masuk ke tutorial berikut > Tutorial Login ke Cpanel Member Area Jagoan Hosting.


Menambahkan Subdomain

Pada gambar diatas kami memberi contoh membuat subdomain jagoan, maka jika nantinya domain tersebut diakses akan berformat jagoan.jamurmerah.com.


2. Jika Sobat melakukan pengisian dan pendaftaran subdomain dengan benar, maka jika Sobat tekan tombol create akan ada notifikasi bahwa domain Sobat telah berhasil tercreate seperti gambar berikut.


Menambahkan Subdomain

3. Namun jika Sobat mendapatkan kendala seperti gambar berikut dibawah berarti subdomain tersebut telah digunakan dan masih aktif sehingga Sobat tidak diperbolehkan melakukan pendaftaran ulang subdomain tersebut.


Menambahkan Subdomain

4. Untuk dapat melihat list subdomain Sobat, dapat dilakukan dengan mengakses menu di cpanel -> subdomain, lalu scroll pada bagian bawah dan Sobat akan menemukan list subdomain hosting kamu, seperti lampiran gambar berikut.


Menambahkan Subdomain

5. Atau jika Sobat ingin melakukan redirection url pada subdomain, Sobat dapat mengaskes menu Redirects pada subdomain yang ingin kamu lakukan redirection.


Menambahkan Subdomain

6. Kalau kamu ingin mengupload data pada subdomain tersebut, dapat dilakukan dengan mengakses menu File Manager -> Public _html -> nama subdomain, seperti lampiran gambar berikut.


Menambahkan Subdomain

Intinya adalah jika website Sobat diakses akan lebih terlihat profesional serta customer Sobat dapat dengan cepat membuka halaman tersebut tanpa harus mengakses domain utama Sobat.

Nah, kalau Sobat masih mengalami kesulitan, bisa langsung hubungi teman-teman Jagoan Hosting untuk konsultasi lewat Live Chat ataupun Open Ticket ya Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 3.7 / 5. Dari total vote 30

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related Posts
Tutorial Pantau Visitor, Spy, dan Traffic Website melalui AWSTAT

Halo, Sob! Kamu penasaran gimana sih caranya pantau visitor kamu? Nah, kita punya tutorialnya nih, Yuk, simak bareng! Sebenernya, Sob, Read more

Tutorial Menambahkan IP di Cpanel untuk Remote MYSQL

Hi Sobat Jagoan! Seperti yang sudah diketahui, bahwa keberadaan CPanel memungkinkan para usernya untuk menambahkan IP address lebih dari 1. Read more

Tutorial Management Space Hosting dengan cPanel

Halo Sobat Jagoan nan berbakti pada orang tua! Seperti halnya komputer, hosting Kamu juga harus rutin dibersihkan dari file-file yang Read more

Cara Redirect Domain Melalui cPanel

Hai Sob! Apa sobat bingung gimana cara setting redirect website Sobat melalui cPanel? Santai aja Sob! Jagoan Hosting punya solusinya. Read more

Leave a Comment