Tutorial Setting Nameserver Domain

Follow me on

Halo Sob, kalau kamu misalkan sudah menjadi klien dari jagoanhosting kemungkinan Kamu akan menjumpai sejumlah kesulitan di beberapa tempat ya. Nah, setting nameserver adalah salah satu yang Jagoanhosting sering temui muncul dari daftar kesulitan Sobat-sobat yang lainnya nih.

Nah supaya setting nameserver jadi lebih mudah, ada baiknya Sobat Jagoan memperhatikan dengan seksama tutorial di bawah ini ya Sob. Baca dengan teliti, supaya Kamu nggak miss! Untuk pertama-tama, sebelum Kamu melakukan setting nameserver, ada baiknya Kamu tahu dulu apa itu Nameserver dan Kapan kamu butuh untuk melakukan setting nameserver, yuk simak informasinya berikut ini:

Apa itu Name Server?

Expand

Pengertian Nameserver

Nameserver sendiri, menurut pake Pakdhe Wikipedia memiliki pengertian sebagai aplikasi computer yang mengimplementasikan layanan jaringan. Salah satu tugas utama dari nameserver itu adalah untuk memberikan terjemahan yang manusiawi dan mampu dikonsumsi manusia dan berbasis teks.

Nah, salah satu aplikasi yang berbentuk nyata dari pengertian nameserver adalah DNS alias Domain Name Server. Apaan lagi itu DNS? Secara penerjemahan bisa disebut sebagai ‘Sistem penamaan domain’. Fungsi yang paling penting dari server DNS adalah terjemahan nama domain dan nama host yang diingat manusia ke dalam IP Address numerik yang sesuai.

Nah, di sejumlah sumber lain disebutkan bahwa nameserver merupakan nama yang dipergunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Setting Nameserver

Expand

Salah satu contoh kasus ketika kalian butuh untuk mensetting nameserver adalah mengarahkan domain dengan hosting pada di provider (penyedia hosting) yang berbeda.

Dimana jika Kamu punyai domain yang terdaftar di Jagoan Hosting, dan ingin Kamu arahkan ke hosting provider lain. Maka kalian perlu mengarahkan ke nameserver provider hosting tersebut.

Nah, di sini kalian perlu untuk mensetting nameserver domain website kalian.


Langkah-Langkah Melakukan Setting Nameserver


 1. Masuk Ke Member Area JagoanHosting

Sebelum menjalankan langkah-langkah selanjutnya kamu perlu memastikan bahwa domain yang kamu gunakan adalah domain TLD seperti .com / .net / sebagainya dan bukan domain .id. Apabila kamu menggunakan domain ekstensi ID maka kamu harus meminta bantuan kepada tim support untuk melakukan penambahan nameserver yang dibutuhkan. Kamu bisa hubungi tim support melalui tiket atau chat di member area.

Masuk ke member area Jagoanhosting disini, lalu klik salah satu menu “Domains” di menu yang tersedia.


Tutorial Setting Nameserver Domain
Menu Domains

2. Klik “Mengelola Nameservers”

  Pada domain yang akan diubah nameservernya klik “tanda 3 titik” lalu pilih menu Mengelola Nameservers.


Menu Mengelola Namesevers
Menu Mengelola Namesevers

3. Ganti Nameserver Settings

Pada page tersebut Sobat jagoan bisa ganti sesuai nameserver sobat, atau pilih Gunakan default nameservers jika ingin menggunakan nameserver dari Jagoanhosting sendiri, dan kalau sudah selesai jangan lupa klik “Ganti Nameservers” ya Sob!


Panel Nameservers
Panel Nameservers

Penutup

Gampang banget toh Sob? Silahkan dicoba! Nanti kalau misalkan Kamu masih bingung nih Sob, bisa menuju ke Live Chat dari Jagoanhosting ataupun Open Tiket. Kuy!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 3.1 / 5. Dari total vote 51

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?