Cari tutorial

Cara Management Disk Space di WHM atau Console

Hai Sob! kamu pasti ingin kan agar disk space VPS kamu secara tiba-tiba penuh? Nah Jagoan Hosting kali ini akan berbagi tutorial pada kamu agar dapat melakukan manajemen disk space VPS kamu. Simak ya Sob!


STEP 1 : Pada WHM kamu, masuk pada menu Show Current Disk Usage

https://lh4.googleusercontent.com/zfmpwvI_c7FYrunuSwEqyGEbH77UKeO02wRJGw5pJW4vsBZPVfTDyRFr3d-zpz-2p3NIPiocPR1R4f3oEQPtbAh-JMNnZ3f3dyW4B2waWYO6aWw0gHvGx3Q4KhHQc0UOmlVTfziE

kamu dapat melihat pengguaan disk server saat ini, sebagai contoh pada gambar tersebut saat ini penggunaan disk sebesar 2% sehingga masih memiliki free space sebesar 98%. Penggunaan disk tersebut merupakan penggunaan secara keseluruhan termasuk sistem operasi, sistem aplikasi dan data pelanggan.


Mengetahui pengguna disk terbesar melalui cpanel

STEP 1 : Masuk Pada menu List Account pada WHM kamu.

Akan muncul list account yang berada di server, lihat pada tab Disk Usage, pada kolom tersebut akan muncul keterangan pengguaan disk setiap account. Silahkan klik tulisan Disk Usage untuk melakukan sorting berdasarkan pengguna terbesar sampai terkecil atau sebaliknya


STEP 2 : Login ke Cpanel client untuk dilakukan analisa, dan masuk ke menu Disk Usage


STEP 3 : Gambar berikut untuk mengetahui folder pengguna disk terbesar, sebagai contoh pada gambar dibawah folder public_html adalah folder yang menggunakan disk paling besar diikuti besar database (mysql).


STEP 4 : Untuk mengetahui lebih detil, dapat melihat menu seperti gambar dibawah, scroll halaman kebawah melihat lebih detail folder mana yang menyebabkan disk menjadi penuh.


Mengetahui status disk server melalui console

STEP 1 : Login ke server melalui ssh dengan mengetikan perintah #ssh [email protected](ipserver) kemudian masukan password. Setelah masuk ketikan df -h untuk melihat kapasitas disk setiap partisi.


STEP 2 : Masuk ke folder yang ingin diketahui penggunaan disknya. Sebagai contoh kami masuk ke folder / (folder tertinggi) untuk mengetahui penggunaan disk setiap folder didalam /. Setelah itu ketikan perintah #du-sh *.


STEP 3 : Untuk mengetahui folder-folder yang penggunaan disknya diatas 1 GB menggunakan perintah  du-sh * | grep G seperti gambar dibawah


Nah, Kalau masih kesulitan Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoanhosting untuk informasi lewat Live Chat dan Open Ticket. Yuk Ah!

 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!