6 Tips Keamanan WordPress Ini Wajib Kamu Lakukan

Tips Keamanan Wordpress - jagoanhosting.com

Siapa yang tak mengenal WordPress? Dilansir dari situs w3techs.com, hingga tulisan ini ditulis WordPress sudah digunakan oleh 28,4% website diseluruh dunia.

WordPress juga menguasai hampir 60% marketshare Content Management System (CMS). Menempatkan WordPress sebagai penguasa marketshare Content Management System no.1 di dunia. Mengalahkan Joomla (3,3%), Drupal (2,3%), Magento (1,2%), dan salah satu CMS besutan Google (1%) yang harus rela bertengger di posisi ke 5.

Ditengah membludaknya jumlah pengguna WordPress, mungkin kamu termasuk salah satu pengguna setianya. Namun, sebagai salah satu penggunanya, kita tetap harus waspada. Pasalnya, menurut data dari sucuri.net pada kuarter pertama tahun 2016, tercatat sebanyak 15 juta website yang menggunakan WordPress telah di hack. Nah, berikut ini merupakan tips keamanan WordPress yang wajib kamu lakukan, agar websitemu makin aman.

1. Pastikan telah menggunakan versi WordPress terbaru

Tips keamanan WordPress pertama yang wajib kamu lakukan, adalah selalu memastikan CMS yang kamu gunakan telah update ke versi terbaru. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya celah yang bisa disusupi hacker pada versi sebelumnya. Namun, tak jarang karena kesibukan, banyak pengguna WordPress yang tidak aware dengan hal satu ini.

2. Lakukan update plugin dan tema secara berkala

Selain mengupdate versi WordPress, tips keamanan WordPress lain yang tak kalah penting adalah meng-update juga plugin dan tema WordPressmu. Mayoritas plugin dan tema WordPress selalu dikembangkan secara kontinyu oleh developer, untuk memperbaiki bug dan celah keamanannya. Untuk itu, langkah satu ini tak boleh sampai terlewat.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Lazy Load? & Cara Menerapkan Lazy Load di Website

3. Hanya download plugin dan tema dari developer terpercaya

Tips keamanan WordPress satu ini mungkin terdengar klise. Namun, alih – alih membuat websitemu semakin keren dengan mendownload plugin dan tema dari sumber yang tidak jelas. Hal tersebut malah akan membuat websitemu semakin rentan. Untuk itu, selalu download plugin dan tema WordPressmu dari sumber yang terpercaya seperti, Themeforest , Elegant Themes , StudioPress , WPMU Dev. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan plugin gratis yang disediakan oleh WordPress.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Keamanan Website, Wajib Tahu!

4. Jangan sampai ketinggalan untuk menginstall plugin keamanan

Jika ingin meningkatkan keamanan wordpressmu, maka wajib hukumnya untuk mengsintall plugin keamanan. Hal ini tentu untuk mencegah adanya virus dan malware yang mengintai websitemu. Saat ini banyak plugin keamanan wordpress terpercaya yang banyak beredar, seperti Sucuri , Wordfence , BulletProof Security , dan All In One WP Security and Firewall.

5. Hapus plugin yang sudah tidak digunakan

Jangan sepelekan tips keamanan wordpress satu ini. Karena, plugin aktif yang sudah tidak digunakan dapat menjadi salah satu celah hacker. Untuk itu, selain menonaktifkan plugin yang sudah tidak digunakan, lebih baik hapus plugin yang sudah tidak digunakan tersebut. Selain mempersempit celah hacker, menghapus plugin yang sudah tidak kamu gunakan juga dapat mempercepat kinerja websitemu.

Baca juga: Apa itu Plugin? Jenis dan Fungsi Lengkapnya

6. Selalu lakukan backup pada websitemu

Salah satu tips keamanan WordPress yang tak boleh terlupa adalah melakukan backup website dan database wordpressmu secara berkala. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif. Agar apabila website kita terserang malware atau serangan hacker, kita tetap dapat mengembalikkan keadaan website seperti semula.

Cek Konten Lainnya:
Cara Menambahkan Fitur Live Chat di Wordpress, Lengkap!

-->
5 comments
  1. Wah kalau ga diupdate ke yg terbaru rentan ya…hmm….Tadinyabsy mau di tranmisi ke wp sekalian mau selfhosting tp jd hrs bnyk dulu belajar ttg WP…
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Mengatasi “This site ahead contains harmful programs” pada Website Wordpress
Read More
Cara Mengatasi “This site ahead contains harmful programs” pada Website WordPress
Apakah Anda pernah melihat halaman merah dengan pesan error ‘This site contains harmful programs‘ pada website Anda? Hal…
template wordpress seo responsive gratis
Read More
5 Rekomendasi Template WordPress SEO Responsive Gratis
Salah satu strategi marketing yang bisa kamu lakukan adalah memiliki website yang SEO Friendly. Website yang ramah SEO…