Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Tips Keamanan Wordpress - jagoanhosting.com

Biar Makin Aman, 7 Tips Keamanan WordPress Ini Wajib Kamu Lakukan

Siapa yang tak mengenal WordPress? Dilansir dari situs w3techs.com, hingga tulisan ini ditulis WordPress sudah digunakan oleh 28,4% website diseluruh dunia.

WordPress juga menguasai hampir 60% marketshare Content Management System (CMS). Menempatkan WordPress sebagai penguasa marketshare Content Management System no.1 di dunia. Mengalahkan Joomla (3,3%), Drupal (2,3%), Magento (1,2%), dan salah satu CMS besutan Google (1%) yang harus rela bertengger di posisi ke 5.

Ditengah membludaknya jumlah pengguna WordPress, mungkin kamu termasuk salah satu pengguna setianya. Namun, sebagai salah satu penggunanya, kita tetap harus waspada. Pasalnya, menurut data dari sucuri.net pada kuarter pertama tahun 2016, tercatat sebanyak 15 juta website yang menggunakan WordPress telah di hack. Nah, berikut ini merupakan tips keamanan WordPress yang wajib kamu lakukan, agar websitemu makin aman.
Tips Keamanan WordPress - jagoanhosting.com

1. Pastikan telah menggunakan versi WordPress terbaru

Tips keamanan WordPress pertama yang wajib kamu lakukan, adalah selalu memastikan CMS yang kamu gunakan telah update ke versi terbaru. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya celah yang bisa disusupi hacker pada versi sebelumnya. Namun, tak jarang karena kesibukan, banyak pengguna WordPress yang tidak aware dengan hal satu ini. Apabila kamu salah satunya, tak ada salahnya untuk mencoba WordPress Hosting, yang memiliki fitur auto update versi WordPressmu.

2. Lakukan update plugin dan tema secara berkala

Selain mengupdate versi WordPress, tips keamanan WordPress lain yang tak kalah penting adalah meng-update juga plugin dan tema WordPressmu. Mayoritas plugin dan tema WordPress selalu dikembangkan secara kontinyu oleh developer, untuk memperbaiki bug dan celah keamanannya. Untuk itu, langkah satu ini tak boleh sampai terlewat. Selain dapat melakukan update versi wordpressmu secara otomatis, WordPress Hosting dapat melakukan update otomatis juga pada plugin dan tema WordPressmu

Tips Keamanan WordPress - jagoanhosting.com

3. Hanya download plugin dan tema dari developer terpercaya

Tips keamanan WordPress satu ini mungkin terdengar klise. Namun, alih – alih membuat websitemu semakin keren dengan mendownload plugin dan tema dari sumber yang tidak jelas. Hal tersebut malah akan membuat websitemu semakin rentan. Untuk itu, selalu download plugin dan tema WordPressmu dari sumber yang terpercaya seperti, Themeforest , Elegant Themes , StudioPress , WPMU Dev. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan plugin gratis yang disediakan oleh WordPress.

Tips Keamanan WordPress - jagoanhosting.com

 

4. Jangan sampai ketinggalan untuk menginstall plugin keamanan

Jika ingin meningkatkan keamanan wordpressmu, maka wajib hukumnya untuk mengsintall plugin keamanan. Hal ini tentu untuk mencegah adanya virus dan malware yang mengintai websitemu. Saat ini banyak plugin keamanan wordpress terpercaya yang banyak beredar, seperti Sucuri , Wordfence , BulletProof Security , dan All In One WP Security and Firewall.

Agar lebih memperkuat tips keamanan wordpress satu ini, WordPress Hosting juga menawarkan Virus & Malware Protection. Sehingga, virus dan malware dapat semakin dicegah sebelum berhasil menyusupi websitemu.

Tips Keamanan WordPress - jagoanhosting.com

5. Hapus plugin yang sudah tidak digunakan

Jangan sepelekan tips keamanan wordpress satu ini. Karena, plugin aktif yang sudah tidak digunakan dapat menjadi salah satu celah hacker. Untuk itu, selain menonaktifkan plugin yang sudah tidak digunakan, lebih baik hapus plugin yang sudah tidak digunakan tersebut. Selain mempersempit celah hacker, menghapus plugin yang sudah tidak kamu gunakan juga dapat mempercepat kinerja websitemu.

Tips keamanan WordPress - jagoanhosting.com

6. Selalu lakukan backup pada websitemu

Salah satu tips keamanan WordPress yang tak boleh terlupa adalah melakukan backup website dan database wordpressmu secara berkala. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif. Agar apabila website kita terserang malware atau serangan hacker, kita tetap dapat mengembalikkan keadaan website seperti semula. Nah, kamu tak perlu khawatir jika harus melakukan backup wordpressmu secara manual. Karena, dengan WordPress Hosting akan otomatis melakukan daily backup otomatis selama 30 hari.

7. Gunakan hosting khusus WordPress

Menggunakan WordPress Hosting menjadi salah satu tips keamanan WordPress yang tak boleh ketinggalan. Dengan menggunakan hosting yang didesain khusus untuk WordPress, selain dapat dapat meningkatkan keamanan, juga dapat meningkatkan optimasi kinerja websitemu.

WordPress Hosting memiliki beberapa fitur khusus yang tidak kita temui pada layanan hosting biasa. Selain WordPress Hosting sudah mengcover langkah – langkah manual yang sudah kita bahas pada tips keamanan WordPress diatas. WordPress Hosting juga dilengkapi dengan fitur yang dapat mencegah website WordPressmu mengalami “Resouce is Limited”. Resource hosting akan otomatis bertambah mengikuti kebutuhan websitemu saat itu, selama jumlah pengunjung masih sesuai limit. Jadi, tunggu apalagi, pilih paket WordPress Hosting idamanmu sekarang!

Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

Ken Kirana

  • info penting ini, kebetulan pake wordpress juga

  • Jadi pengen buat blog wordpress.
    Saat ini masih pakai blogger.

  • Wah kalau ga diupdate ke yg terbaru rentan ya…hmm….Tadinyabsy mau di tranmisi ke wp sekalian mau selfhosting tp jd hrs bnyk dulu belajar ttg WP…

  • Sdh punya akun d wordpress jarang d tengok dan d update ?

  • Terimakasih tipsnya, kebetulan baru tertarik dengan WP untuk blog