Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

5 Permasalahan Utama yang Dihadapi Para Pelaku UMKM

Malang, 30 Oktober 2017 – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (selanjutnya akan disebut UKM) di kota Malang sangat beragam baik di bidang fashion, makanan minuman sampai dengan kerajinan tangan (crafting). Menurut data dari Dinas Koperasi dan UMKM kota Malang, dari 70.000 UMKM yang ada saat ini, baru 30% yang sudah go online.

Ini menjadi peluang bagi anak muda untuk dapat membantu UMKM untuk go online. Salah satunya melalui program #PahlawanDigital. Sebelum membantu UMKM untuk go online seperti teman-teman di program #PahlawanDigital yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting, berikut lima tantangan yang dialami UMKM saat ini:

Permodalan

5 Permasalahan Utama yang Dihadapi pemilik UMKM di indonesia
Kurangnya modal menjadi permasalahan yang banyak ditemui di UMKM

Banyak dari pelaku UMKM yang yakin bahwa perusahaannya akan tumbuh dan dapat memperluas pemasaran, namun terkendala dari sisi modal yang terbatas. Bahkan sebagian dari UMKM masih belum tersentuh lembaga keuangan (bank), sehingga banyak juga dari UMKM mengambil jalan untuk memanfaatkan lembaga keuangan mikro walaupun dengan beban dan resiko yang cukup berat.

Distribusi Barang & Pemasaran Kurang Tepat

Masalah UMKM  Indoenesia
Terlalu Fokus pada Proses Produksi tanpa memperhatikan pemasaran

Kurangnya channel untuk pendistribusian barang juga menjadi tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Malang. Toko oleh-oleh, rekomendasi teman dan pemasaran dari mulut ke mulut bahkan menjadi channel favorit pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

Kenyataan di lapangan, pelaku UMKM yang didominasi oleh generasi X ini hanya berfokus pada kualitas produksi barang. Sehingga terkadang distribusi menjadi kurang fokus dan ditempatkan pada nomor ke sekian.

Padahal Salah satu permasalahan UMKM yang sering dihadapi oleh usaha kecil adalah distribusi dan pemasaran yang kurang tepat. Untuk mengatasi hal ini kamu harus belajar tentang metode pemasaran yang tepat sasaran.

Mendapatkan dan Mempertahankan Pelanggan

Permasalahan UMKM di Indonesia
Mendapatkan Pelanggan merupakan tantangan bagi UMKM

Permasalahan para pelaku UKM bagi yang baru memulai usaha yaitu mendapatkan pelanggan. Untuk mendapatkan pelanggan kamu harus bisa menentukan pasar dan menyiapkan strategi yang tepat untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

Bukan hanya itu, Permasalahan lain ketika mengembangkan UMKM yaitu bagaimana mempertahankan para pelanggan. Sesuai kata pepatah jika mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan, Itulah yang menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM. Untuk mempertahankan pelanggan bisa dengan cara membangun kepercayaan dan kredibilitas para pelanggan.

Manajemen Keuangan

masalah umkm di indonesia
Manajemen Keuangan Menjadi Core Berkembangnya bisnis dan permasalahan banyak pelaku UMKM

Secara harfiah, memiliki arus kas yang kuat dapat membuat bisnis Anda berjalan.Karena pada dasarnya manajemen keuangan berhubungan langsung dengan arus kas, Pengelolaan arus kas yang salah akan menimbulkan masalah pada bisnis kamu.

Itulah permasalahan UMKM yang sering dihadapi saat ini, Tidak sedikit pada pelaku UMKM di Indonesia yang tidak memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis. Hal tersebut tentunya berakibat pengelolaan keuangan tidak bekerja secara efisien.

Pengelolaan keuangan yang tidak efisien akan membuat masalah, Salahsatunya masalah yang dihadapi perihal keuangan yaitu adanya pengeluaran keuangan lebih besar dari pemasukan. Hal itu berarti bisnis yang kamu tidak menghasilkan pendapatan yang cukup dari pelanggan.

Solusi permasalahan UMKM mengenai manajemen keuangan ini tentang bagaimana para pelaku UMKM bisa mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Salahsatunya dengan melakukan pembukuan keuangan untuk mengetahui cashflow bisnis kamu.

Dan cobalah berpikiran bahwa kamu menjalankan bisnis karena rasa takut tidak pernah berhasil. Hal tersebut berfungsi membuat kamu lebih berusaha lebih baik dan tentu akan menyatukan semua tentang bisnis kamu dalam satu tujuan yaitu “BERHASIL”

Perizinan

permasalahan umkm, Pengurusan Perizinan
Pengurusan Izin Usaha cukup menjadi salahsatu permasalahan UMKM

Kepemilikan badan hukum yang jelas hanya dimiliki oleh segelintir pelaku UMKM. Mayoritas UMKM juga mengalami tantangan di bidang pengetahuan mengenai aspek legalitas dan perizinan, termasuk persyaratan sampai dengan bagaimana proses yang ditempuh dalam proses pengurusannya.

Sesuai dengan Perpres No.98 Tahun 2014 yang mengatur tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil. Pelaku UMKM hanya perlu mengurus izin gangguan (HO) dan izin mendirikan bangunan (IMB). Dan beberapa Perizinan usaha yang mungkin diperlukan seperti :

  1. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  2. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  3. Izin Usaha Industri (IUI) dan
  4. Tanda Daftar Industri (TDI)

Pembukuan yang Masih Manual

Masalah UMKM di Indonesia
Pembukuan yang masih manual

Pembukuan termasuk dalam pengelolaan keuangan yang menjadi salahsatu inti keberhasilan usaha. Kesulitan dalam memperhitungkan omset, laba kotor sampai dengan laba bersih karena pembukuan yang masih manual seringkali menghambat UMKM untuk bisa growth dan scale up bisnisnya.

Walaupun terkesan tata tertib, pembukuan untuk bisnis merupakan hal yang sepele, nyatanya dengan data pembukuan lah suatu perusahaan bisa mengukur keberhasilan dan merencanakan strategi perusahaan kedepannya.

Manajemen Waktu

Masalah UMKM di Indonesia
Waktu adalah uang, Manajemen waktu menjadi masalah UMKM indonesia

Manajemen waktu merupakan hal yang terlihat sepele, Namun pada dasarnya manajemen waktu merupakan permasalahan waktu yang banyak dihadapi UMKM. Lebih dari 90% pemilik bisnis bekerja multi tasker, Mereka bekerja menjadi pengusaha sekaligus pemilik bisnis kecil dan pengurus semua masalah bisnis kecil.

Jika kamu tidak berusaha mengatur waktu sebaik mungkin, Kamu akan mengalami kesulitan terkait dengan itu. Itulah alasan jika manajemen waktu merupakan salahsatu Permasalahan UMKM di Indonesia yang sering ditemui.

Solusi permasalahan ini yaitu dengan membuat daftar hal yang akan dilakukan “To Do List”. Hal tersebut akan memudahkan para pemilik UMKM yang bekerja multitasker dalam memanage waktu. Dan satuhal lagi, Orang yang mengatur waktu dengan baik adalah orang yang membuat perbedaan.

Pemasaran Online

Permasalahan Pemasaran UMKM

Lagi-lagi masih berkutat pada masalah pemasaran. Selain distribusi barang yang sangat terbatas, cara pemasaran online pun juga masih menjadi tantangan UMKM saat ini. Kurangnya pengetahuan sampai dengan adaptasi terhadap internet dan perkembangan teknologi yang dialami pelaku UMKM yang mayoritas didominasi oleh Generasi X ini, menjadi tantangan dan masalah yang harus dibantu oleh anak muda seperti kamu.

Dalam pemasaran online peran sosial media sangat dibutuhkan, Sehingga Dalam mengatasi permasalahan online yaitu dengan memanfaatkan sosial media. Pemasaran melalui sosial media tidak bisa instan, Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil. Namun kamu tidak dapat meluangkan waktu untuk dokus di media sosial karena Anda memiliki banyak tugas lain untuk diurus.

mulai dari penjadwalan dan penerbitan banyak posting, mengelola dan terlibat dengan audiens potensial, menganalisa target audience, menemukan influencer dan menghasilkan prospek bisnis ke tim sukses pelanggan yang sangat efisien.

Dari beberapa tantangan tersebut yang saling berkaitan tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk menjembatani UMKM untuk bisa tumbuh dan berkembang secara bisnis maupun secara pemasaran, diperlukan suatu sinergi dan kolaborasi baik dari pemerintah, komunitas, media, industri sampai dengan akademisi.

Oleh karena itu, #PahlawanDigital akan terus berupaya membantu UMKM untuk go online sehingga visi presiden Jokowi Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia pada 2020 dengan nilai transaksi mencapai 130 milyar dolar dapat tercapai.

Tentang Pahlawan Digital

#PahlawanDigital adalah program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting. Program ini merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum Go Online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional. #PahlawanDigital terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Roadshow, Breakout dan Online Course. #PahlawanDigital dimulai di kota Malang dan dilanjutkan ke Surabaya. Informasi tentang #PahlawanDigital dapat diakses melalui website www.pahlawandigital.com. Untuk saat ini #PahlawanDigital baru dilaksanakan di kota Malang dan akan merambah ke kota lainnya di Indonesia.

Tentang Jagoan Hosting

Jagoan Hosting Indonesia merupakan bagian dari PT Beon Intermedia, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling jago namun tetap dengan harga web hosting murah. Selama sepuluh tahun lebih, Jagoan Hosting Indonesia membantu dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk Go online. Sebanyak lebih dari 50.000 account domain dan hosting telah mempercayakan pelayanannya. Jagoan Hosting Indonesia juga telah banyak bekerja sama dengan berbagai partner bisnis internasional seperti Google dan Verisign.

Info lebih lanjut hubungi

Yukiko Aku Kartika Larasati

Public Relations

E: [email protected]

W: pahlawandigital.com

P: +6285649311560

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +