Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

5 Tips Membanguan Kekuatan Branding Produk dengan Sosial Media

nadBermula sejak tahun 1997, sosial media menjadi tempat bagi banyak orang yang mengetahui internet untuk berkomunikasi. Bertukar informasi dan melakukan banyak aktivitas online lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi dan kebutuhan informasi online yang semakin besar, sosial media menambah fungsinya lagi. Yaitu sebagai media untuk berbisnis online.

Lebih dari 1 juta lebih pengguna aktif, sosial media menjadi media yang sangat potensial untuk mendapatkan pelanggan bagi sebuah bisnis online.

Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan masih banyak lagi, sosial media yang adapt dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online.

Setiap sosial media memiliki kriteria dan tipe yang berbeda dalam menjalankan bisnis. Sosial media memiliki perlakuan yang berbeda untuk mendapatkan pelanggan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

Namun, sosial media memiliki persamaan satu dengan yang lain. Semua orang yang ingin berbisnis dengan sosial media harus peka terhadap trend yang berubah kapanpun itu.

Bukan hanya tentang fitur baru yang muncul, tapi adanya perubahan atau aturan baru yang diterapkan oleh sosial media tersebut. Tentu saja ini akan berdampak pada aktivitas penyebaran konten bisnis online.

Nah, beberapa hal penting di bawah ini wajib diingat dan juga dilakukan oleh para pebisnis online. Tentu saja untuk mendapatkan hasil bisnis online yang sudah kita targetkan.

1. Memilih media yang akan digunakan

Ada ratusan aplikasi sosial media yang tersedia dan siap diunduh oleh pengguna internet di seluruh dunia. Dalam menjalankan bisnis online, hampir memungkinkan jika kita menggunakan semua network sosial media untuk berbsinis.

Tapi, bukan sekedar mengejar jumlah sosial media yang kita gunakan. Tapi mendapatkan sosial media yang sesuai dengan apa yang kita jual, apa yang kita tawarkan, dan apa yang sesuai dengan tujuan produk kita.

Misalnya saja, jika kamu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang export dan import barang dengan menggunakan alat berat, tentu saja sosial media seperti tumblr bukanlah tempat yang pas.

Lalu menggunakan sosial media apa yang pas? Kamu bisa menggunakan LinkedIn untuk menjalankan bisnis ini. LinkedIn bukan sekedar digunakan untuk menuliskan profile kita sebagai pekerja atau company profile. LinkedIn sesuai jika digunakan untuk network B2B.

Nah, Pas atau tidaknya bisa kamu cek dengan melihat bagaimana demografi sosial media yang akan kamu gunakan. Ini akan sangat membantu jika harus disesuaikan dengan pelanggan kamu.

Berikut ini panduannya.

2. Gunakan konten visual untuk branding

Sosial media sudah sangat berkembang. Tentu saja sudah sangat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Termasuk kebutuhan akan branding produk. Jika kamu merupakan pengamat dan sudah sangat akrab dengan sosial media. Pasti kamu tahu, jika konten visual sudah mulai merajai hampir seluruh sosial media. Meski konten tulisan masih sangat besar pengaruhnya.

Instagram adalah sosial media yang mulai menjadi tempat bagi para brand kecil sampai brand besar membangun bisnis mereka. Jutaan account bisnis berlomba menciptakan konten visual yang menarik calon pelanggan mereka.

Ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan saat mulai memperhatikan konten visual dalam strategi promosi di sosial media:

  • Pemilihan warna

Tentu menjadi hal yang penting. Bukan hanya sekedar untuk mempercantik tampilan, tapi ini akan membuat account sosial media kita terlihat lebih professional. Menyamakan warna setiap konten yang diposting dengan logo atau warna branding business kita.

Misalnya, wardah yang merupakan salah satu produk kecantikan di Indonesia memilih warna-warna tosca, silver, orange dan warna soft untuk postingan mereka. Ini sesuai dengan warna yang menjadi ciri khas beberapa produk-produk mereka.

Pemilihan warna yang sesuai akan membuat orang mudah untuk mengingatnya, karena sudah ditanamkan bahwa warna tersebut merupakan karakter atau ciri khas dari sebuah brand.

  • Penggunaan logo

Selain warna, logo pun menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. Jika kamu sudah memiliki account sosial media khusus untuk bisnis, maka coba gunakan logo sebagai foto profile dari sosial media kamu.

Ini akan membuat brand kamu mudah dikenal saat dicari di sosial media.

Usahakan untuk konsisten dengan menggunakan logo di sosial media yang kita gunakan. Ini akan membuat pelanggan mudah menemukan dan percaya bahwa bisnis kita memang sudah professional.

  • Membagikan konten ke sosial media lainnya

Jika kamu menggunakan website sebagai media untuk berbisnis online, pastikan untuk menampilkan logo sosial media apa saja yang kamu gunakan. Ini akan memudahkan pengunjung untuk datang dan memfollow sosial media kamu.

Begitupun saat kamu akan memposting konten di Instagram, maka jangan abaikan sosial media kamu lainnya. Facebook, Twitter, Tumblr dan lainnya. Pastikan semua follower kamu mengetahui apa update terbaru di sosial media kamu.

Untuk memudahkan aktitivas posting di banyak platform sosial media, kamu bisa menggunakan aplikasi, sepetri buffer.com.

Dengan aplikasi ini, akan sangat mudah bagi kamu menyebarkan konten dan mendapatkan calon pelanggan potensial untuk bisnis.

  • Membuat template posting

Sering diabaikan, namun nyatanya template posting atau feed di sosial media kita pun harus ditata dengan sangat apik. Tentu saja tujuannya untuk lebih meningkatkan ketertarikan pengunjung atau follower terhadap produk yang kita pajang.

Feed atau halaman sosial media kita seperti etalase saat kita menampilkan produk kita. Selain menampilkan produk, kita pun bisa menampilkan konten yang dapat pula meningkatkan engagement dengan follower atau pelanggan kita.

Seperti…

3. Menceritakan apa brand kamu melalui konten

Sosial media bukan sekedar tempat untuk membagikan konten tanpa cerita. Kini pengguna internet atau netizen lebih cerdas dalam memilih mana produk atau brand yang memang dapat menjadi solusi atau hanya sekedar berjualan.

Beberapa produk atau mereka akan membagikan apa alasan di balik produk tersebut diciptakan. Bagaimana produk tersebut dapat membantu mengatasi masalah.

Hingga membagikan bagaimana pelanggan merasakan efek dari produk tersebut. Lebih dari sekedar meminta testimonial atau feed back dari pelanggan. Namun saat kita memposting cerita ini di sosial media, akan banyak orang percaya bahwa bisnis kamu sudah digunakan banyak orang.

4. Konsisten dengan konten yang diunggah

Salah satu yang paling penting diperhatikan adalah konsistensi dalam membuat dan memposting konten di sosial media.

Konsistensi bukan sekedar memposting informasi produk dan promo setiap hari. Namun ini lebih kepada membuat jadwal yang tidak sekedar berjualan, namun juga memberikan edukasi untuk meningkatkan awarenes  dan engagement dengan follower dan pelanggan.

Konsistensi di sini juga termasuk dalam mengatur jadwal posting terbaik untuk sosial media yang kita gunakan.

5. Menggunakan influencer

Menggunakan social media untuk bisnis tidak akan mudah jika tidak menggunakan bantuan dari para influencer. Mereka yang sudah terkenal karena memiliki follower sangat banyak akan sangat membantu bisnis kita.

Kamu pun pasti menyadari bahwa bisnis online saat ini banyak menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Endorsement adalah istilah yang akrab di telinga kita.

 Ya, setidaknya mana sih konsumen yang tidak tertarik, jika produk yang dijual sudah direkomendasikan oleh seorang public figure. Ini bisa menjadi rahasia kesuksesan bisnis online.

Nah, kini giliran kamu. Bersaing dengan jutaan pebisnis online di sosial media tentu tidak mudah. Namun kesempatan untuk sukses berbisnis pun bukan hal yang mustahil.

Sosial media dengan semua kemudahannya akan sangat membantu kamu memasarkan produk. Jika sosial media dapat digunakan untuk melakukan promosi bisnis, maka memiliki website untuk bisnis online pun harus dipenuhi.

Kenapa?

Website adalah tempat yang cocok untuk kamu membangun brand bisnis. Mulai dari nama domain website sampai pada template website yang dapat disesuaikan dengan konsep bisnis kamu.

Website instan pun menjadi pilihan bagi para pebisnis yang tidak ingin ribet membangun bisnis dengan berbagai code pemrograman yang sulit.

Fitur drag and drop pada beberapa platform website instan menjadi andalan untuk semua pebisnis online yang ingin membangun brand dengan website.

Lebih dari 1 miliar website yang aktif dari 3 miliar pengguna internet di seluruh dunia. Ini berarti website dapat menjadi pendamping bagi sosial media dalam membangun sebuah brand bisnis.

Nah, untuk kamu yang kini sedang membangun brand bisnis online. Jangan bingung harus menggunakan media online apa. Sebab, semua media dapat digunakan, selama masih relevan atau sejalan dengan target yang dimiliki oleh bisnis kita.

Kamu berani mencobanya?

Nelsi Islamiyati