7 Hal ini Buktikan Bahwa Email Marketing Masih Berpengaruh Besar bagi Bisnis

Kembali kita mengingat betapa pentingnya sebuah email marketing bagi sebuah bisnis online. Tidak jarang email menjadi sebuah media utama untuk mereka berkomunikasi dan mendapatkan banyak pendapatan dari pelanggan. Tapi mungkin bagi Anda yang masih ragu menggunakan email untuk keperluan bisnis online, Anda bisa melihat fakta statistik dari banyaknya pengguna email di dunia. Ketika masyarakat dunia banyak yang menggunakan email untuk komunikasi, maka inilah saat yang tepat untuk masuk dan mencari peluang untuk sukses menggunakan email marketing.

Beberapa hal di bawah ini mampu menunjukkan bukti bahwa email marketing masih menjadi favorit dan media yang efektif untuk mencari leads dan juga berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

1. Karena sangat mudah untuk masuk ke pasar mobile

Tanpa email sangat sulit bagi para pebisnis untuk lebih dekat dengan pelanggan ketika mereka tidak sedang berada di depan komputer. Namun kini pelanggan Anda mungkin akan memeriksa email dari mobile, dan itu sangat membantu ketika email berisi tagihan yang harus segera dibayarkan. Mungkin Anda akan menghubungi mereka melalui SMS, tapi ini bukanlah media yang efektif. Selain karena menghabiskan banyak biaya untuk SMS terlebih untuk konten teks yang sangat panjang, sedangkan email tidak.

Cek Konten Lainnya:
[Infografis] 10 Aturan Sosial Media bagi Bisnis

2. Karena pelanggan ingin selalu diberi informasi

Pelanggan Anda mungkin ingin tahu jika mereka mendapatkan voucher, kupon atau promo lainnya. Mereka bisa melihat dan mendapatkannya melalui email yang Anda kirimkan kepada mereka. Pelanggan juga lebih suka dengan email yang melibatkan mereka di dalamnya.

3. Karena email yang baik akan terintegrasi dengan strategi marketing yang lain

Selain itu, Anda juga bisa lebih memikirkan tentang berapa banyak informasi yang disampaikan melalui email. Mulai dari:

– Penyampaian tentang postingan terbaru Anda

– Email bisa mengingatkan seseorang dari setiap postingan sosial media yang menarik

– Email bisa membantu mengingatkan pelanggan jika ada webinar

– Email bisa mengingatkan tentang batas waktu promo Anda

4. Karena email marketing menawarkan keuntungan besar

Pada akhirnya, email marketing merupakan media yang sangat terjangkau dari sisi harga dan sangat efektif dari segi cara. Anda bisa membuat target untuk siapapun yang Anda menerima email Anda. Ini lebih efektif bahkan dari iklan di tv, radio, media cetak yang akan mengeluarkan banyak biaya.

Nah, sekarang mari kita lihat bagaimana sebuah email marketing bisa membantu meningkatkan keutnungan bisnis kita:

1. Email marketing memberikan banyak keuntungan untuk investasi

Menurut sebuah asosiasi yaitu Direct Marketing Association, ia menghasilkan ROI sebesar 4,300%. Dimana setiap dolar yang dihabiskan untuk email marketing mampu mengembalikan keuntungan sebesar $44.

2. Email marketing mudah untuk mendapatkan leads

Email marketing bisa meningkatkan penjualan sampai 20% lebih dari sebelumnya. Dengan biaya yang 33% lebih murah, email marketing mampu menghasilkan 50% lebih banyak penjualan. Melalui leads yang didapatkan dan dikelola dengan baik, email pemasaran adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Cek Konten Lainnya:
Wajib Pakai! 9 Langkah Menciptakan Pengalaman Chatting Terbaik untuk Pelanggan(Bagian 1)

Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk bisa menentukan formula terbaik untuk email marketing Anda:

Cloud VPS

– Pertama, meningkatkan kesadaran dengan menginformasikan pelanggan tentang produk Anda.

– Kedua, merangsang keinginan mereka untuk mendapatkan produk Anda dengan mengatakan kepada pelanggan dimana mereka bisa mendapatkannya.

– Ketiga, memandu pembaca ke arah konversi yaitu dengan mengubah prospek menjadi pelanggan.

– Keempat, membuat retensi pelanggan dengan menjual produk terkait kepada mereka.

3. Email marketing cukup mudah dibuat oleh pemilik usaha kecil

Dengan email marketing siapapun bisa menggunakannya. Tidak hanya pengusaha skala besar saja, bahkan pemilik bisnis kecilpun bisa membuat email marketing. Banyak tools dan panduan yang bisa dipelajari untuk membuat email marketing terutama bagi pelaku bisnis kecil. Para pemilik bisni kecil bisa mendapatkan banyak leads dari email dan menjual banyak produk melalui leads yang sudah dimilikinya. Sebab dengan email marketing juga dapat mengurangi pengeluaran untuk mengirimkan dan mengumumkan promo bisnis kita.

4. Email mengkonversi 3x lebih banyak dari sosial media

Email marketing mampu menghasilkan leads 40kali lebih besar dari Facebook dan Twitter. Bahkan dengan sosial media lainnya, ia bisa meningkatkan konversi sampai 17% lebih tinggi. Rahasia suksesnya yaitu email tidak hanya mengubah leads menjadi pelanggan lebih baik dari sosial media, tapi juga mampu memberikan pelayanan yang baik lebih dari 17% ketika mereka membeli produk.

5. Orang mendapatkan informasi yang tepat dari email

Tentu saja, dengan email yang bisa dilihat diberbagai perangkat, pelanggan bisa membaca pesan atau informasi yang kita berikan. Lebih dari 95% orang mendaftar untuk setiap newsletter yang diberikan sebuah bisnis di website mereka.

Cek Konten Lainnya:
Tips Terampuh Menangani Komplain Pelanggan

6. Ada sebanyak 91% pelanggan yang memeriksa email mereka setidaknya sehari sekali

Selain panggilan dan SMS, memeriksa email menjadi sebuah rutinitas yang wajib ketika seseorang menggunakan smartphone. Mereka lebih suka mengecek berbagai informasi baru melalui perangkat mobilenya.

7. Email marketing memudahkan untuk menambah tombol share sosial media

Dengan email kita bis amenambahkan tombol atau yangbiasa disebut Call to Action. Tombol ini bisa membantu kita mengarahkan pembaca kepada konversi atau pembelian. Sebesar 158% klik muncul lebih banyak pada email. Ini artinya email marketing merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Nah, dari sini pasti Anda sudah siap untuk mengubah atau meningkat cara berjualan dengan menggunakan email marketing bukan? Email masih benar-benar berguna dan hasil yang diberikan untuk bisnis pun masih sangat efektif.

Untuk Anda yang butuh email dengan nama domain sendiri, Jagoan Hosting punya layanan email hosting yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.Hanya dengan harga 15 ribu rupiah, Anda bisa fleksibel memilih paket email hosting dengan kapasitas penyimpanan dan jumlah pengiriman email yang besar. Mulai dari 15GB atau 25GB per akun, dengan 300 pengiriman per hari/akun. Selain itu, Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan s/d 50GB kalo masih kurang.Tunggu apalagi? Bangun kredibilitas bisnis lebih mudah dengan email bisnis dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Bosan Pakai Google? Ini 5 Mesin Pencari yang Bisa Kamu Pakai
Tidak bisa dipungkiri bahwa Google adalah mesin pencari terpopuler saat ini. Hampir semua orang menggunakan Google ketika ingin…
Pelanggan pertama tanpa iklan berbayar
Read More
Wujudkan Sukses Penjualan Pertama Anda Tanpa Iklan Berbayar
Banyak orang yang tergesah-gesah dalam menjalankan bisnis. Seolah tidak sabar menciptakan penjualan dan memiliki banyak pelanggan. Mereka rela…