Facebook adalah sosial media dengan pengguna terbesar dari seluruh dunia. Tak heran, bila platform ini dimanfaatkan oleh sebagian besar penjual dalam memasarkan produknya. Melihat popularitas itu, sebagai pebisnis, penting untuk mengetahui cara jualan online laris di Facebook.

Facebook saat ini juga telah menyediakan fitur marketplace, semacam toko online yang berisi penjual dengan berbagai produk. Tentu saja, fitur ini memudahkan para pelaku bisnis online. Agar lebih memahaminya, yuk simak ulasan mengenai cara jualan di Facebook agar cepat laku berikut ini.

Apa itu Facebook Marketplace?

Sama seperti marketplace pada umumnya, salah satu fitur facebook ini memungkinkan orang-orang untuk menjual, membeli atau mencari barang yang diinginkan. Facebook Marketplace menjangkau semua proses jual beli di Indonesia hingga luar negeri.

Karena Facebook Marketplace merupakan suatu fitur, maka Ia terintegrasi dengan Facebook, maksudnya, tidak berupa aplikasi yang berdiri sendiri. Pada fitur tersebut, kamu bisa menjual apapuns ecara online selagi tidak melanggar kebijakan.

Adapun beberapa barang yang tidak diperbolehkan untuk dijual dalam Facebook Marketplace adalah sebagai berikut:

  • Barang fiktif, kamu tidak diperbolehkan menjual benda tanpa bersifat fiktif. Dalam artian, barang yang tidak memiliki bentuk fisik.
  • Tiket acara atau jasa, Facebook tidak memperbolehkan pengguna Marketplace-nya menjual layanan atau tiket acara. Kecuali, jika produk tersebut sudah mendapat izin dari pihak Facebook.
  • Produk yang tidak sesuai dengan gambar, untuk menjaga kredibilitas Facebook Marketplace, setiap penjual harus menjual produk sesuai dengan apa yang mereka tawarkan pada gambar tampilan.
  • Jual beli hewan, kamu tidak diperkenankan untuk menjual ataupun membeli hewan, begitu pula dengan permintaan adopsi hewan.
  • Alat kesehatan, benda-benda yang berkaitan dengan kesehatan juga tidak diperbolehkan untuk dijual dalam Facebook Marketplace.

Cara Jualan Online Laris di Facebook

Cara Jualan di Facebook Marketplace
Tampilan Facebook Marketplace

Berjualan secara online kini tengah menjadi tren di masyarakat. Tak jarang mereka lebih memilih membeli barang secara online daripada harus mengunjungi toko offline secara langsung. 

Dengan mengamati fenomena ini, tentu sebagai pebisnis, kamu seringkali memikirkan cara jualan online di Facebook bagi pemula. Temukan jawabannya pada penjelasan cara jualan online laris di Facebook di bawah ini.

1. Memanfaatkan grup jual beli di Facebook

Facebook adalah platform komunitas sangat luas, cukup mudah bagi kamu untuk menemukan grup jual beli online disana. Dalam grup tersebut, kamu bisa turut mempromosikan produk jualan agar makin banyak dikenal oleh orang banyak.

2. Memasang gambar produk yang menarik

Gambar adalah hal pertama yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Karena itu, penting bagi kamu memperlihatkan gambar menarik, dan usahakan sesuai dengan realita agar tidak disebut sebagai penipu.

3. Berikan deskripsi produk dengan rinci

Agar konsumen tidak perlu banyak bertanya, berikan deskripsi produk dengan lengkap dan terperinci. Konsumen biasanya juga tidak tertarik pada produk tanpa keterangan yang jelas dan membuat mereka tidak langsung mendapat solusi.

4. Mempelajari FB Ads dan Copywriting

Cara jualan online laris di Facebook selanjutnya adalah mempelajari layanan FB Ads agar para pelaku bisnis bisa mempromosikan usahanya dengan efektif. Layanan ini tidak gratis, melainkan kamu harus membayar sesuai dengan paket yang dipilih. Untuk mengoptimalkan FB Ads, ada baiknya kamu juga mempelajari tentang copywriting.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Pendukung Jualan Online untuk Anak Muda

5. Memberikan pelayanan yang baik

Selain memberikan produk dengan kualitas tinggi, kamu juga harus memaksimalkan pelayanan untuk memuaskan konsumen. Misalnya, membalas chat dengan cepat dan menanggapi keluhan mereka dengan baik.

6. Mengatur teman tertarget

Jika ingin fokus pada bisnis, maka kamu bisa memanajemen pertemanan dengan memilih teman yang memiliki minat pada produk kamu. Untuk menargetkan teman, kamu bisa membuat semacam voting atau kuisioner.

7. Konsisten menjaga kualitas produk

Cara jualan online laris di Facebook bisa berjalan apabila kamu mampu menjaga kualitas produk. Ketika konsumen sudah menaruh kepercayaan, maka jangan coba-coba untuk merubah kualitas produk.

8. Melakukan riset kompetitor

Salah satu pendukung cara jualan online laris di facebook adalah dengan melakukan riset kompetitor. Lakukan evaluasi dengan melihat apa yang mereka punya dan kamu tidak, sehingga kamu bisa merancang strategi lebih baik kedepannya.

Cara Bergabung dengan FB Marketplace

Cara jualan online laris di Facebook Marketplace sangat mudah. Syarat utamanya, kamu harus memiliki akun Facebook saja. Nah berikut ini langkah memulai cara jualan online di Facebook Marketplace.

  1. Login ke akun facebook kamu
  2. Setelah masuk klik Marketplace.
  3. Klik “+ Jual Sesuatu”, lalu klik Item untuk Dijual.
  4. Pilih kategori (contoh: Elektronik), dan masukkan judul untuk daftar kamu, harga, dan lokasi kamu. Kamu juga dapat membuat deskripsi produk. Jika kamu ingin menandai item sebagai Gratis, Kamu dapat memasukkan 0 sebagai harga.
  5. Klik + 10 Foto untuk mengunggah foto produk kamu dari gadget kamu
  6. Klik Selanjutnya. Jika Berikutnya berwarna abu-abu, pastikan Anda memasukkan kategori, judul, harga, lokasi, dan foto.
  7. Pilih tempat untuk memposting listing kamu. Jika kamu ingin memposting hanya di Marketplace, cukup klik Bersihkan.
  8. Klik Terbitkan untuk memposting listing Marketplace kamu.

Nah, itu dia Sob beberapa tips cara jualan online laris di Facebook. Jika ingin produkmu banyak dijangkau oleh orang di seluruh negeri, maka cobalah untuk bergabung dan berjualan di Facebook Marketplace. Semoga beruntung!

7 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like