Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud dengan Product Marketing?

Pernahkah Anda mendengar tentang PRODUCT MARKETING. Mungkin marketing adalah salah pekerjaan yang saat ini Anda lakukan. Tapi 1 masalahnya, yaitu memahami apa yang dimaksud dengan product marketing. Atau saat ini mungkin Anda akan mencarinya di mesin pencari seperti Google untuk apa arti sebenarnya dari Product marketing itu.

Kesulitan ini bisa saja terjadi karena product marketing merupakan salah satu fungsi dari pekerjaan yang langsung berhubungan dengan product, pemasaran ataupun penjualan. Selain harus tahu apa artinya, kitapun harus memahami apa yang harus dilakukan dengan product marketing.

Ada tiga bagian utama dari steiap saluran pemasaran, seperti:

what-is-product-marketing-12-1024

– Attract, seperti (Blogging, Social Media, SEO, Writing, Design)

– Concert, seperti (Optimization: LPs, CTAs, Workflows, Analytics, Lead Scoring)

– Close, seperti (Product expert, teahcer/trainer, user testing, messaging, persuasion)

OKE, Apa artinya itu?

Product marketing melakukan hal-hal seperti menentukan dan menulis target, dan juga membuat pesan untuk produk ataupun fitur baru yang Anda buat. Product marketing juga cara kita berpikir tentang bagaimana mendorong permintaan pelanggan dan penggunaan produk atau fitur baru. Selain itu, product marketing juga memikirkan tentang pasar dan juga persaingan.

Lalu bagaimana cara membantu tim penjualan dalam menjual produk yang lebih banyak dan membuat banyak close dalam setiap penawaran. Di sini dibagi menjadi 3 bagian untuk cara ini, yaitu:

A – ALWAYS

B – BE

C – CLOSING

adi secara keseluruhan, product marketing lebih fokus pada pemasaran yang ditujukan kepada pelanggan dari setiap prospek dan juga leads bisnis yang kita miliki.

Dedicated Hosting

Bisa kita katakan bahwa,

Cek Konten Lainnya:
Mau Jajal Aplikasi Trading Saham? Freelancer Wajib Ikuti 7 Tips Ini!

PRODUCT MARKETING – PELANGGAN

Dan, berikut ini adalah pendapat dari beberapa pakar di bidang marketing:

1. “Product marketing berada di persimpangan setiap tim produk sebuah perusahaan. Tugas kita adalah memabwa produk ke pasar. Termasuk segala sesuatu seperti target dan juga pesan produk yang akan disampaikan. Kita juga tetap memastikan sampai peluncuran produk, memastikan setiap tim marketing mengerti bagaimana menceritakan dan menjelaskan produk mereka. Dan memastikan setiap pelanggan untuk memahami bagaimana cara menggunakannya” – Meghan Anderson (VP Marketing, Hubspot)

2. “Product Marketing adalah seni dan juga ilmu menyampaikan kepada orang-orang tentang apa yang dapat dilakukan oleh produk kita untuk mereka dengan tujuan yang menarik, memberikan perubahan dan juga mempengaruhi mereka” – Hiten SHAH (Co Founder of Crazy Egg and KISSMetrics)

3. “Product Marketing adalah tentang bagaimana kita memahami apa yang orang inginkan, sehingga kita dapat membuat produk yang besar untuk mereka” – ROB GO(Co-founder, NextView Ventures Former Product Marketer at Ebay)

4. “Product Marketing adalah seni menciptakan keinginan untuk produk Anda dan memahami pelanggan Anda begitu dalam. Sehingga Anda dapat menjawab 2 pertanyaan penting yang ditujukan kepada pelanggan: Mengapa harus produk Anda dan Mengapa harus sekarang?” – ARS LOFGREN(Director of growth, I will teach you to be rich, former director of griwth, KISSMetrics)

5. “Product Marketing bertanggungjawab untuk mengembangkan proposisi nilai yang unik dari setiap penawaran yang diberikan perusahaan, yang kemudian akan membantu membawa nilai untuk kemudian menjadi leads bagi perusahaan. Landasan mengembangkan nilai ini mulai dari memahami pembeli potensial perusahaan dan kebutuhan unik yang dapat kita tangani.” – CHRIS LITSTER(Chief revenue officer, constant contact)

Cek Konten Lainnya:
Membangun Bisnis Online dengan Wordpress, Kenapa Harus?

Nah, meskipun pendapat dan pengertian setiap orang berbeda, namun ada beberapa hal yang membuatnya sedikit jelas. Yaitu product marketing diciptakan untuk bisa MEMAHAMI PELANGGAN.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh product marketing?

Sebelum meluncurkan produk

Product marketing biasanya akan melakukan: positioning, messaging, pengembangan pelanggan dan mencari strategi pasar yang tepat untuk produk mereka.

Setelah peluncuran produk

Product marketing akan membantnu pemberdayaan penjualan, fokus mendorong permintaan, sampai menciptakan keberhasilan keseluruhan produk.

Nah, bagaimana? Sudah mulai mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan product marketing kan? Sebab product dan marketing bukanlah hal yang bisa dipisahkan begitu saja. Keduanya bisa memiliki arti yang besar jika digabungkan menjadi satu kesatuan. 🙂

Sumber: Slidershare.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Ini Kenapa NVMe Bisa Bikin SSD & HDD Terkesan 'So Last Year'
Membahas tentang bagaimana teknologi sudah sangat berkembang dengan hadirnya NVMe sebagai media penyimpanan data yang sangat handal. Tidak…
programmer startup
Read More
Kenapa Programmer Startup Laku Keras? Simak Jawabannya!
Nyadar nggak kalau jadi programmer sekarang jadi impian hampir semua orang? Padahal dulu dianggap sebelah mata, kini programmer…