Bedanya Hosting dan Domain — Kalau kamu mau meniti karir sebagai freelancer, kesempatannya banyak banget, coy! Mulai dari seorang penulis lepas, developer, hingga UX dan UI writer. Nah, seorang freelancer juga perlu untuk membuat portofolionya di website, so kamu bakal butuh banget website pribadi, Sob!

Website pribadi itu sangat penting! Kamu bisa mencantumkan seluruh karya dan portofolio bahkan biodata kamu dengan desain yang caem biar menarik perhatian dari calon klien.

Nah, kalau sudah mulai berniat membuat website, kamu bisa cek di Jagoan Hosting sebagai penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia. Setelah kamu membaca seluruh layanan Jagoan Hosting yang lengkap, kamu mungkin bertanya-tanya:

Bedanya hosting dan domain apa sih?

bedanya hosting dan domain
gambar dari unsplash

Bedanya hosting dan domain harus dipahami dari bentuk website

Sebenarnya, kamu harus memahami dulu apa sih website secara sederhana. Kamu sering melihat alamat website seperti jagoanhosting.com atau wikipedia.com. Saat kamu klik, kamu akan langsung melihat banyak tampilan gambar dan warna yang menarik.

Jika diibaratkan di dunia nyata, website adalah sebuah rumah. Tentunya sebuah rumah yang diletakkan di tengah-tengah world wide web alias dunia maya yang sangat luas.

Gimana caranya orang bisa mampir ke rumah kamu? Tentunya dengan membeli alamat, ya!

Alamat inilah yang disebut dengan domain

Domain membantu klien atau pengunjung situs kamu bisa memasuki ‘rumah’ kamu dengan tepat. Kamu bisa share domain ini baik menyebut nama domain ataupun dengan membuatnya tampil di search engine.

Domain adalah identitas utama dari website kamu. Makanya kalau memilih domain juga harus dipikir matang-matang, ya!

Kalau kamu perhatikan, ada ekstensi domain yaitu akhiran dari domain. Yang paling populer tentu .com, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa modifikasi seperti .co, .id, .co.id, dan masih banyak lagi.

Kenapa ada banyak ekstensi? Satu ekstensi hanya bisa menggunakan satu nama domain. Jadi kalau nama website kamu pasaran atau umum, jangan harap bisa mendapatkan nama dengan mudah, ya!

Beruntung, di Jagoan Hosting kamu bisa dapatkan sangat banyak pilihan ekstensi domain yang kreatif dan unik! Mulai dari .store hingga .fun, pilih domain kamu sekarang secepatnya.

Bagaimana dengan hosting?

Okay, kamu tahu kalau domain adalah alamat rumah. Nah, hosting adalah rumah untuk meletakkan barang-barang di dalamnya.

Kamu mungkin bisa memilih satu alamat, tetapi tentunya orang hanya bisa mengunjungi website kalau sudah ada isinya, kan?

Hosting membantu kamu untuk mengunggah teks maupun gambar ke website kamu. Dalam menyimpan barang-barang, tentunya kamu perlu membeli atau menyewa rumah, bukan? Hosting akan memberikan kamu akses untuk mengisi website kamu selama waktu tertentu dengan biaya yang bervariasi.

Apa yang harus kulakukan jika mau membuat website?

Kamu bisa pastikan dulu kebutuhan informasi website kamu dengan resource pada hosting. Kalau sudah cocok, baru pikirkan nama yang tepat untuk domain pilihan kamu! Kamu harus memikirkan nama yang tepat untuk domain kamu yang bisa menarik dan mudah diingat orang. Jangan lupa untuk memilih ekstensi yang paling sesuai dengan tujuan website kamu.

Kalau sudah, kamu bisa pilih hosting terbaik dari layanan Jagoan Hosting. Berbagai paket tersedia, termasuk virtual server yang lebih aman serta lebih lancar. Paketnya pun bervariasi sehingga kamu nggak perlu bingung memilih yang mana!

Kalau sudah, kamu bisa mencoba mendesain website kamu lebih menarik, lho. Jangan lupa untuk mengaplikasikan template atau mengunggah konten-konten relevan agar website kamu berfungsi dengan baik. Yuk jadi jagoan bersama Jagoan Hosting, provider VPS dan domain hosting terbaik di Indonesia!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like