Business Analyst merupakan profesi yang cukup penting bagi sebuah perusahaan, Profesi ini menjadi salah satu profesi yang mulai banyak peminatnya. Banyak orang yang mulai tertarik untuk terjun menjadi seorang bisnis analis.

Nah buat kamu yang ingine menjadi seorang analis bisnis, Kamu harus mengetahui beberapa informasi mengenai definisi, jobdesc, dan gaji bisnis analis. Yuk mengenal lebih dalam mengenai analis bisnis.

Apa itu Business Analyst?

Business Analyst adalah orang yang bertugas menganalisa, memvalidasi persyaratan untuk perubahan proses bisnis, atau kebijakan suatu perusahaan/organisasi. Analisi bisnis berperan besar dalam menggerakkan organisasi ke arah efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas.

Seorang bisnis analis akan mengidentifikasi sebuah masalah dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut agar manajemen dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya.

Selain itu seorang analis bisnis harus memiliki prioritas utama untuk memahami berbagai hal dalam pekerjaannya, Misalnya Memahami bisnis apa yang dilakukan dan bagaimana bisnisnya, Menentukan bagaimana cara meningkatkan proses bisnis yang ada, mengidentifikasi langkah atau tugas untuk mendukung implementasi fitur baru, dll.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Analis Bisnis

Mengenai tugas dan tanggung jawab, Peran seorang analis bisnis berbeda-beda karena profesi ini memiliki cakupan yang luas karena bukan hanya dari satu sektor. Business analyst memiliki banyak kategori atau sektor misalnya Quality Control Analyst dan Program Management Analyst.

Selain itu masih banyak kategori dalam analis bisnis, Contohnya :

Karena memiliki banyak kategori atau sektor maka tugas dan tanggung jawabnya berbeda-beda, Misalnya antara UX Analyst dan System Analyst memliki JobDesk yang berbeda. Namun secara garis besar tugas dan tanggung jawab business analyst hampir sama.

Secara Garis besar seorang analis bisnis memiliku tugas yaitu mengetahui berbagai hal tentang bisnis apa yang dijalankan dan bagaimana perusahaan berjalan. Selain itu bertanggung jawab mencari jalan terbaik untuk mengembangkan bisnis.

Seorang bisnis analis juga harus bisa mencari masalah dalam bisnis dan merumuskan langkah untuk mencapai solusi terbaik. Berunding dengan divisi atau pegawai yang bersangkutan untuk memastikan sistem bisini berfungsi dengan sukses.

Yang Kamu Butuhkan untuk Menjadi Business Analyst

Untuk menjadi seorang business analyst, Kamu harus menguasi beberapa keterampilan dan pengetahuan. Keterampilan dan pengetahuan yang akan dijelaskan dibawah ini harus kamu kuasai untuk menjadi seorang analis bisnis.

Pada dasarnya, seorang analis bisnis setidaknya harus memiliki 4 keterampilan yaitu; Analysis, Leadership, Business Process, and Planning, serta Technical Knowledge. Kamu juga seharusnya bisa berpikir kritis, problem solving, menyusun informasi dan Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan.

Sebetulnya banyak keterampilan yang harus dikuasai, Namun setidaknya kamu harus menguasai keterampilan yang sudah disebutkan diatas.

Untuk pengetahuan atau skills kamu harus menguasai beberapa seperti Administrasi dan Manajemen Bisnis, Mengetahui tentang Ekonomi dan Akuntansi, Dapat Bahasa Inggris, serta memanajemen personil dan Sumber Daya Manusia.

Gaji seorang Business Analyst

Berapa gaji bisnis analyst? Jika bicara gaji seorang analis bisnis memliki gaji yang cukup besar dan rata-rata diatas UMR, Hal tersebut sesuai dengan peran dan tugasnya yang sangat membantu berjalannya usaha.

Gaji Business Analyst
Rata – Rata Gaji Business Analyst di Indonesia

Berdasarkan data dari beberapa situs informasi lowongan kerja, Gaji Business Analyst  di indonesia berkisar antara 4 Juta – 12 juta bahkan bisa lebih. Namun hal tersebut balik lagi berdasarkan posisi, lokasi dan ketentuan perusahaan.

Bahkan untuk gaji analis bisnis di US bisa mencapai 5 – 10 lipat dari rata – rata gaji analis bisnis di indonesia. Gaji rata-rata analis bisnis diperkirakan sekitar $ 80.000 – $ 130.000 pertahun. Bahkan gaji tersebut berlaku pada level awal.

Gaji yang cukup besar tersebut sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya yang sangat membantu berjalannysa suatu bisnis.

Bagaimana Menjadi Seorang Analis Bisnis?

Tertarik? Lantas bagaimana menjadi seorang business analyst? Untuk menjadi seorang analis bisnis kamu harus menguasai beberapa hal yang sudah disebutkan diatas. Kamu harus mempunyai keterampilan dan skill yang memadai untuk menjadi seorang analisis.

Pengalaman kerja pun tidak lupa menjadi hal yang terpenting untuk mendapatkan pekerjaan yang satu ini. Kamu setidaknya memiliki pengalaman kerja yang related dengan bisnis analis untuk mempermudah mendapatkan posisi ini.

Kamu juga bisa mengikuti Kursus sertifikasi CBAP (Certified Business Analysis Professional) yang tersedia oleh institut IIBA. Dengan sertfikasi tersebut kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan BA, karena sertifikat tersebut adalah sertifikat yang diakui untuk Analis Bisnis yang profesional.

Itulah beberapa informasi tentang business analyst, jika kamu tertarik menjadi seorang analis bisnis kamu bisa mulai mempersiapkan dan belajar tentang keterampilan dan kemampuan yang sesuai.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like