Typography menjadi salah satu faktor membuat website menjadi lebih amazing, Kamu bisa mencari di website font gratis untuk menentukan font atau typography pada website kamu agar website terlihat lebih menarik. 

Namun sebelum mendownload dan menggunakan font gratis, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu aturan penggunaannya. Font dengan lisensi free hanya dapat digunakan untuk proyek pribadi. Namun, terdapat beberapa situs yang menyediakan menawarkan font gratis dengan lisensi komersial. Maka dari itu, Pastikan terlebih dahulu lisensi untuk setiap font yang kamu unduh sebelum menggunakannya.

Jadi, di mana kamu dapat menemukan font gratis? Nah artikel ini memberikan rekomendasi website download font secara gratis terbaik yang bisa kamu gunakan, Yuk lihat daftarnya:

1. Google Font

Google Font adalah salah satu website yang menyediakan font gratis terbaik. Google Font banyak digunakan oleh front end developer, Karena website ini memiliki banyak font terbaik seperti Montserrat, Open Sans, Roboto, dll.  

Google font menawarkan CDN yang cepat dan nyaman, Sehingga membuatnya sangat mudah untuk memasukkan font dan digunakan ke website tanpa harus meng-host-nya terlebih dahulu. Selain itu, Website ini bersifat open-source, Sehingga kamu bebas menggunakannya untuk komersial.

2. Font Squirrel

Font Squirrel adalah salah satu website download font gratis yang terpercaya berkualitas tinggi. Sebagian besar font yang tersedia dilengkapi dengan lisensi komersial yang dapat diperiksa sebelum mengunduhnya. 

Selain itu, Font Squirrel juga dilengkapi dengan Generator Webfont yang dapat membantu kamu untuk mengonversi font TrueType / OpenType ke webfonts dan Font Identifier yang dapat mendeteksi dan menemukan font berdasarkan gambar.

3. FontSpace

Situs ini menyuguhkan lebih dari 32.000 font gratis dari lebih 2.100 desainer. kamu dapat menggunakan FontSpace untuk proyek pribadi kamu. Sebagai anggota terdaftar, kamu juga dapat membuat koleksi favorit pribadi untuk mempermudah mengakses font terbaik dan kamu juga dapat menghubungi desainer, bahkan menyumbangkan beberapa dolar jika kamu mau. 

4. DaFont

DaFont adalah platform mengunduh font gratis yang sebagian besar font di situs ini hanya mendukung penggunaan pribadi, tetapi ada banyak font yang tersedia dengan lisensi komersial. Salah satu keunggulan DaFont adalah fitur yang memungkinkan kamu meramban koleksi font berdasarkan tema yang berbeda seperti font bertema horor, font video game, font bertema valentine, dan banyak lagi.

5. Font Abstrak

Abstract Font adalah situs yang menyediakan koleksi font berkualitas tinggi yang sebagian besar font tersedia dalam koleksi bebas digunakan dengan proyek pribadi dan komersial. Website ini juga dilengkapi dengan sistem kategori yang akan mempermudah kamu untuk menemukan font dari berbagai tema menggunakan kategori yang divisualisasikan.

6. Behance

Behance bukan platform untuk font melainkan seperti jejaring sosial tempat para desainer menciptakan karya terbaik mereka dan berbagi desain satu sama lain. Desainer membagikan banyak konten di Behance, dan salah satunya adalah font. Namun, disini kamu akan disuguhkan dengan font unik dan jarang ditemukan di situs lain 

7. FontStruct

FontStruct adalah platform pembuatan font yang memungkinkan pengguna membuat font sendiri dengan bentuk geometris. Selain itu, FontStruct juga dapat menghasilkan font TrueType menggunakan desain sendiri yang dapat digunakan dengan aplikasi apapun. Situs ini berisi lebih dari 43.000 font, semuanya dapat kamu unduh secara gratis.  kamu bahkan dapat mengkloning font yang dibuat oleh pengguna lain untuk mendesain font kamu sendiri.

8. 1001 Font

1001 Font mencakup lebih dari 9.000 font. Situs ini menampilkan koleksi font berkualitas tinggi yang sering diperbarui. Banyak font tersedia untuk penggunaan komersial. kamu juga dapat menelusuri font di 1001 Font sesuai dengan gaya font, ukuran, dan bahkan berat font untuk dengan cepat menemukan font yang cocok dengan kebutuhan kamu.

9. Font Urban

Urban Font adalah situs lain yang bagus untuk menemukan font gratis. Situs ini memiliki halaman yang lebih rinci untuk setiap font dengan menunjukkan semua karakter font bersama fitur untuk menguji drive font sebelum mengunduh. Pengguna juga dapat menelusuri font sesuai dengan tema yang berbeda dan membuat akun untuk menyimpan font.

10. FontSpring

FontSpring adalah situs font premium,tetapi situs ini juga menyediakan font gratis yang dapat kamu unduh, informasi tentang lisensi font  juga terperinci di setiap halaman font.

11. BeFont

Befonts memiliki banyak koleksi font gratis yang dirancang oleh desainer profesional dan kreatif di seluruh dunia. Namun, sebagian besar font yang tersedia di situs ini adalah sampel premium, kamu hanya dapat menggunakan font untuk proyek pribadi. Meskipun demikian, font berkualitas tinggi juga tersedia untuk proyek non-komersial kamu.

12. Pixel Surplus

Pixel Surplus adalah situs web yang mencakup template PowerPoint, tekstur, grafik vektor, dan tentunya font gratis dengan kualitas premium. Keunggulan  situs ini adalah sebagian besar font yang tersedia bebas digunakan untuk proyek komersial yang membuatnya menarik bagi para freelancer dan desainer yang bekerja dengan anggaran terbatas.

13. Graphic Design Freebies

 Graphic Design Freebies adalah situs lain yang menampilkan font gratis dengan ratusan font bergaya modern. kamu bisa menemukan semua jenis font di situs ini termasuk skrip, serif, kuas, dan banyak lagi. Sebagian besar versi gratis tersedia untuk penggunaan pribadi saja. Tetapi ada beberapa font yang disediakan untuk penggunaan komersial.

14. Awwwards

Awwwards adalah situs yang populer di kalangan web designer. Di sini desainer dapat mencari inspirasi dan memamerkan karya terbaik mereka. Situs ini juga menyuguhkan koleksi free font yang unik dan jarang kamu temui. Font gratis yang tersedia sebagian besar hanya untuk penggunaan pribadi dan hanya beberapa untuk pengguna komersial.

15. Fontsly

Fontsly adalah situs unduh font gratis lain yang menampilkan banyak koleksi dengan berbagai gaya font, seperti font sans-serif sederhana atau font gothic dan masih banyak pilihan lain. Namun, sebagian besar font yang tersedia di situs ini hanya untuk penggunaan pribadi dan beberapa untuk penggunaan komersial.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like