Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Kerja Sendirian Itu Gak Asyik, Yok Kolaborasi di Coworking Space

 

Lebih dari 20 startup digital telah sukses berkembang di Indonesia. Memulai karir mereka dari NOL, hingga mendapat banyak pendaan yang membuat startup mereka bukan lagi sekedar perusahaan rintisan. Mulai dari startup di bidang pariwisata, crowfounding, sampai dengan di bidang pendidikan dan kesehatan. Semua muncul karena peluang yang muncul dari masalah di sekitar.

Banyak orang yang menilai negatif munculnya startup, hanya membuang-buang uang, menghabiskan waktu dan tidak jelas akan bekerja dimana. Tapi pada dasarnya mereka yang memilih untuk menjalankan sebuah startup adalah mereka yang berjiwa bebas tapi segera bergerak saat tahu ada permasalahan dan muncul ide briliant.

Startup memang bukan perusahaan yang memiliki dana lebih untuk membangun atau menyewa gedung untuk sekedar dijadikan sebagai kantor. Mereka lebih suka bekerja di tempat yang bukan hanya membuat mereka berkonsentrasi, tapi juga mempertemukan mereka dengan orang baru. Inilah yang menjadikan alasan kenapa mulai banyak bermunculan sebuah tempat yang dinamakan coworking space di beberapa kota besar di Indonesia.

  1. Jakarta

Salah satu yang menjadi tempat anak muda di kota metropolitan Jakarta untuk bekerja dan membangun relasi adalah EV Hive, Coworkinc, dan Conclave. Berlokasi di pusat kota, beberapa coworking space ini memang menyediakan fasilitas yang dibilang sangat lengkap untuk sekedar menjadi tempat bekerja dan nongkrong bersama teman-teman. Co working di Jakarta pun terus kebanjiran event yang memenuhi salah satu ruang di tempat mereka. Untuk sewa kantor pun harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Mulai dari biaya sewa harian, bulanan sampai dengan tahunan.

  1. Bandung

Tidak kalah dari kota sebelah, Bandung sebagai kota terbesar di Jawa Barat memberikan banyak fasilitas menarik untuk anak muda. Bukan hanya fasilitas rekreasi atau hiburan saja, begitupun dengan fasilitas untuk anak muda berkarya untuk Indonesia. Co & CO, Freenovation, dan ada pula Ruang Reka. Bukan hanya menyediakan tempat untuk bekerja dan berkolaborasi. Di coworking space ini pula kita bisa mencari para pekerja lepas atau freelance untuk perusahaan kita.

  1. Semarang

Kota lumpia ini memiliki 1 tempat coworking space yang cukup fenomenal karena pendirinya merupakan salah satu anak band yang menyukai dunia digital. Impala Space, dengan konsep gedung yang cukup unik, kita bisa menyewa salah satu ruangan dengan sistem member.

  1. Jogjakarta

Lain Semarang, lain pula Jogjakarta. Kota yang kental akan tradisi dan kebudayaan Jawa ini memiliki beberapa coworking space. Mulai dari Jogja Digital Valley, Maliome dan juga Innovative Academy. Coworking di Jogja tentu saja memberikan tempat untuk anak muda Jogja menyalurkan kreativitas mereka baik untuk dunia digital maupun bukan.

  1. Surabaya

Masuk ke Jawa Timur. Menjadi ibu kota provinsi membuat Surabaya menjadi pusat baik untuk pendidikan, para pencari kerja dan kolaborasi. Ada beberapa coworking space yang disediakan oleh Surabaya untuk para pekerja baik freelance maupun startup digital. Nin3space, Subco Tierra dan juga Foward Factory. Memberikan fasilitas yang nyaman untuk bekerja dan berkolaborasi, coworking space ini pun sering digunakan sebagai tempat untuk mengadakan suatu event.

  1. Malang

Kota Malang sendiri tidak ketinggalan. Memiliki potensi yang tidak kalah besar dari kota-kota lainnya, Malang pun memiliki banyak sumber daya manusia yang siap untuk berkolaborasi antar sesama. Coworking space yang juga siap mendukung seperti Dilo, Ruang Perintis dan yang paling baru dan paling gak bisa untuk gak buruan dicoba yaitu NGALUP.CO. Beberapa tempat disediakan untuk memberikan tempat bagi para freelancer atau startup untuk bekerja, tapi ada juga coworking yang memberikan fasilitas bagi komunitas untuk mengadakan event setiap harinya, yaitu di NGALUP.CO.

  1. Bali

Bali adalah salah satu tempat dimana para wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia. Banyaknya potensi dan peluang yang menjanjikan memunculkan beberapa coworking space di pulau Bali. Kumpul, Hubud, Dojo, Lineup dan masih banyak lagi. Sama seperti lainnya, coworking space di Bali menyediakan tempat untuk para freelancer baik dari Bali sendiri maupun mereka yang merupakan wisatawan mancanegara. Beberap coworking space di Bali menggunakan konsep alam, mulai dari bangunan sampai dengan view yang dihadapkan kepada para member.

Ada banyak coworking space lain yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Tentu saja tujuanya untuk memfasilitasi siapapun untuk belajar, bekerja dan berkolaborasi. Karena berkolaborasi sudah menjadi kebutuhan pokok di era digital seperti sekarang, maka coworking space adalah salah satu tempat untuk saling bertemu dengan banyak orang yang tidak kita kenal dan bahkan menyimpan peluang untuk bekerjasama membangun Indonesia.

Yok, kamu yang bingung untuk bekerja, belajar dan kenalan sama orang baru dimana. Coworking space adalah tempatnya.

TERMURAH! Mulai 175 Ribuan saja! Dapet Hosting 1GB domain .COM 1 Tahun!!

Ambil Sekarang!

+ +