Apakah kamu sedang mencari Provider layanan CDN terbaik untuk website kamu? Yang perlu kamu ketahui yaitu Content Delivery Network (CDN) merupakan salah satu cara untuk mempercepat loading website.

CDN akan menyajikan konten statis yang di-cache dari server yang terletak di dekat lokasi geografis user sehingga meminimalisir latency yang terjadi.

Nah artikel ini akan membahas tentang apa itu CDN, Kemudian alasan tentang bagaimana CDN bisa mempercepat website dan rekomendasi layanan CDN terbaik. Yuk simak penjelasannya. 

Apa itu CDN

Content Delivery Network atau CDN adalah sebuah layanan yang menyediakan jaringan server di berbagai lokasi yang berfungsi mengirimkan konten statis yang di-cache dari website berdasarkan lokasi geografis pengguna.

Jadi, Ketika ada user yang berasal dari USA sedangkan web server kamu berada di Indonesia maka server CDN yang paling dekat dari USA akan melayani user tersebut. Dengan begitu Latency dapat diminimalisir sehingga user yang jauh dari indonesia bisa mengakses website kamu jauh lebih cepat.

Bagaimana CDN Bisa Mempercepat Loading Website

Biasanya, pemilik website akan menaruh layanan websitenya dalam satu lokasi, Dan Semua pengunjung website akan mengakses server yang sama. Hal tersebut membuat orang yang jauh dari lokasi server akan mengalami page load yang lebih lama karena timbul latency saat transfer data.

Di sinilah CDN masuk, CDN akan menyimpan resource statis server kamu seperti CSS, JS dan gambar website. Nah, Ketika user yang jauh dari server asli kamu, Maka semua resource statis akan dilayani melalui server CDN. 

Hal ini akan mengoptimasi website dan mengurangi beban pada server hosting kamu gunakan dan membuatnya lebih cepat dan tentunya lebih efisien resource server kamu. Konten statis tersebut dilayani melalui jaringan server yang berlokasi di lokasi geografis berbeda di seluruh dunia. 

Setiap permintaan user akan ditangani oleh server yang paling dekat dengan lokasi pengguna. Hal ini tentunya akan mempercepat loading website karena latency terjadi sangat minim, sehingga kamu menjadi terasa lebih cepat untuk semua pengguna.

Namun ketika server asli kamu mengalami down maka website akan tetap down walaupun CDN telah menyimpan cache website. Solusinya yaitu dengan menerapkan multi region server agar website memiliki Uptime 100%.

Saat ini VPS X Jagoan Hosting telah mendukung Multi Region, Jadi katika salah satu server down maka sever lain akan melayani user,

Provider Layanan CDN Terbaik 2020

Saat ini banyak sekali layanan CDN yang tersedia, Hal tersebut tentunya membuat kamu bingung kan? Nah, Berikut ini rekomendasi layanan CDN terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat load website

1. Cloudflare

Cloudflare merupakan salah satu provider layanan CDN terbaik saat ini, Cloudflare paling terkenal dengan penawaran CDN gratis mereka untuk situs web kecil. Cloudflare juga memiliki panel kontrol yang mudah digunakan untuk membersihkan cache dan memantau kinerja website.

Menariknya lagi, Terdapat fitur “I am under attack Mode”. Fitur ini berfungsi untuk menunjukkan user halaman keamanan selama beberapa detik saat menganalisis lalu lintas dan mengirimkannya ke website kamu.

Cloudflare merupakan layanan yang memiliki versi gratis dan berbayar, Versi gratisnya mencakup perlindungan DDoS terbatas dan tidak memiliki semua fitur yang termasuk dalam versi berbayarnya. Namun versi gratisnya juga sangat membantu kamu dalam penerapan CDN pada website kamu..

2. KeyCDN

KeyCDN adalah layanan CDN dengan pengiriman konten paling kuat dengan dukungan 34 datacenter di seluruh dunia. Kamu dapat menginstal plugin WordPress mereka yang disebut CDN Enabler untuk dengan mudah mengintegrasikan KeyCDN ke situs WordPress kamu.

Bagian terbaiknya adalah plugin ini memungkinkan kamu untuk membersihkan cache CDN Zone kamu langsung dari dashboard  WordPress kamu. Hal ini Ini berarti kamu tidak perlu lagi login ke dashboard KeyCDN untuk mengelola dan membersihkan cache.

3. Sucuri

Sucuri adalah perusahaan keamanan situs web populer, Sucuri juga menawarkan firewall WordPress . Selain itu Sucuri juga menawarkan solusi CDN untuk mengoptimalkan kinerja dan kecepatan website kamu . Layanan CDN ini memiliki fitur beberapa opsi caching untuk semua jenis situs web.

Firewall aplikasi website Sucuri akan memindai semua permintaan user ke situs web kamu sebelum mencapai server asli kamu. Sucuri akan memblokir banyak serangan spam, malware, dan DDOS.

4. MaxCDN

MaxCDN adalah layanan CDN terbaik untuk wordpress saat ini, Server MaxCDN dilengkapi dengan drive SSD yang cepat dan tersebar di data center di seluruh dunia. Layanan CDN ini memungkinkan kamu untuk membersihkan cache, melihat laporan, mengatur lokasi, dan banyak lagi. 

Selain itu, Layanan CDN ini juga memungkinkan kamu untuk menambahkan sertifikat SSL atau menggunakan sertifikat SSL bersama untuk memastikan bahwa konten yang di-cache kamu disajikan melalui SSL / HTTPS

Untuk menggunakan MaxCDN untuk CDN website kamu caranya cukup mudah, Dengan memanfaatkan plugin caching WordPress populer seperti W3 Total Cache, WP Rocket dan WP Super Cache untuk mengintegrasikan layanan CDN dengan website kamu.

5. StackPath CDN

StackPath adalah salah satu layanan CDN terbaik untuk website dan menawarkan layanan CDN solid yang dibangun di atas platform yang terus berkembang. Stackpath memiliki jaringan server yang lebih besar yang tersebar di banyak negara di dunia.

StackPath sebelumnya dikenal sebagai MaxCDN. Layanan CDN Ini memiliki sistem caching yang cerdas, mekanisme pembersihan instan, dan aturan cache kustom untuk meningkatkan kinerja website kamu. 

Selain itu, Layanan CDN ini melindungi website kamu dari serangan DDoS dengan fitur load balancing dan blocking. Semua paket termasuk firewall website yang selanjutnya mengurangi beban server di website kamu dan mempercepat loading website.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like