Membuat website kursus online kamu sendiri, Kenapa tidak? Membuat kursus online adalah salah satu cara terbaik mendapatkan uang secara online. Jika kamu memiliki kemampuan yang bisa kamu bagikan melalui kursus kamu bisa mulai memuat kursus online kamu sendiri.

Berkaca dari kesuksesan Ruang Guru, Saat ini mayoritas kursus menjadi online, Jika kamu sudah mempunyai sebuah kursus tapi belum Online, Sudah saatnya menjadikan bisnis offline ke online untuk mendapatkan lebih banyak murid kursus.

Nah artikel ini akan membahas mengenai cara membuat website kursus online kamu sendiri dengan wordpress secara lengkap. Kamu akan mengetahui bagaimana caranya dan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat kursus online. Yuk simak selengkapnya!

Persyaratan untuk Membuat Kursus Online

Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat kursus online? Sebelum kita mulai, Kamu harus mengetahui persyaratan dasar untuk membuat situs web kursus online. Berikut ini persyaratannya :

  1. Nama domain, Kamu memerlukan sebuah nama domain untuk website kursus online kamu. Nama domain inilah yang menjadi alamat dan menjadi sebuah brand dari kursus online kamu. Beli Domain Murah Sekaran!
  2. Web hosting, Web Hosting merupakan sebuah tempat dimana semua file kamu, termasuk gambar, audio, video, dll. Saat pengguna mengakses situs web kursus online kamu, mereka akan diarahkan ke server hosting web. Pastikan menggunakan Web Hosting dengan performa yang sangat baik agar website kamu bisa terus online
  3. Theme WordPress, Theme adalah desain tata letak untuk website kamu, Mengelola fitur website, dan masih banyak lagi fungsinya.
  4. Software LMS, Sistem manajemen pembelajaran (LMS) adalah perangkat lunak yang membantu kamu dalam mengelola kursus online, Seperti membuat  tugas, kuis, sertifikasi, dan banyak lagi. Biasanya sebagai plugin atau addon untuk situs WordPress.

Setelah kamu telah menyiapkan persyaratan membuat kursus online, Kita bisa membuat website kursus online kamu sendiri. Yuk Simak caranya!

Cara Membuat Website Kursus Online Sendiri

1. Install WordPress di Web Hosting

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstall wordpress di web hosting kamu, Jika kamu menggunakan Web Hosting dari Jagoan Hosting, Menginstall wordpress hanya dengan beberapa klik, Jadi kamu tidak lagi kesusahan untuk membuat website kamu sendiri.

Cloud Hosting (Web Hosting) dari Jagoan Hosting memiliki performa yang sangat baik, Kamu bisa mendapatkan SSL Gratis, Dukungan customer service yang akan membantu kamu 24×7. Jika kamu sudah memiliki banyak murid kursus online kamu, Dan Cloud Hosting tidak lagi dapat menangani permintaan pengguna kamu bisa beli VPS.

2. Install Theme Kursus Online

Setelah wordpress kamu sudah terinstall kamu install theme kursus online, Kamu bisa melihat rekomendasi template website sekolah tersebut dan menentukan mana yang terbaik untuk bisa kamu gunakan untuk template kursus online kamu.

Selain itu, Berikut beberapa rekomendasikan beberapa theme kursus online terbaik yang dapat berfungsi dengan LearnDash.

  • Astra Pro : Muncul dengan situs pemula LearnDash Academy bawaan. Selain itu, Theme Astra cepat, ringan, Sehingga dapat mempercepat loading website, dan tema WordPress yang dioptimalkan untuk SEO. 
  • OceanWP : Ini adalah theme WordPress gratis dengan banyak tambahan, ekstensi, dan fitur untuk mengatur website kursus online kamu.
  • Academy Pro : Dibangun di atas Genesis Framework oleh StudioPress, tema ini sangat ideal untuk menjual kursus online.

3. Install Plugin LearnDash LMS di WordPress

Untuk membuat kursus online kamu, Kami merekomendasikan LearnDash. LearnDash merupakan solusi terbaik untuk membuat dan mengelola kursus online, tugas, sertifikasi, lencana, dan banyak lagi.

Mulailah dengan menginstal dan mengaktifkan plugin LearnDash LMS. Selanjutnya, Kamu perlu setting plugin LearnDash dashboard WordPress kamu untuk menambahkan lisensi. Untuk bisa mendapatkan lisensi LearnDash LMS, Kamu bisa mendapatkan dari website mereka

Membuat Website Kursus Online
Lisenssi LearnDash LMS

Pilih menu LearnDash LMS >> Settings. Dari sana, buka opsi Lisensi LMS untuk menambahkan detail lisensi plugin LearnDash kamu. Pastikan lisensi dapat teraktifkan agar semua fitur dapat digunakan secara penuh.

Membuat Kursus Online
Mengatur Metode Pembayaran Kursus Online

Setelah plugin teraktivasi dengan sepenuhnya, Kamu bisa mensetting pembayaran kursus online kamu dengan menuju menu Paypal settings. 

4. Menambahkan Kursus Online Baru

Selanjutnya kamu bisa mulai menambahkan kursus online kamu, Untuk menambahkan kursus online kamu cara cukup mudah. Pilih LearnDash LMS di dashboard WordPress >> Course >> Add New.

Pada halaman berikutnya, Kamu dapat menambahkan judul dan deskripsi program, dan pengaturan lainnya termasuk kategori, tag, dan gambar unggulan. Hal ini sama seperti kamu membuat postingan website seperti biasanya.

Membuat Website Kursus Online
Setting kursus LMS

Setelah itu, Kamu dapat menggeser ke bawah untuk mulai ke pengaturan kursus dan memperbarui info kursus lainnya, seperti materi kursus, jenis harga, daftar akses, poin kursus, dan banyak lagi.

5. Menambahkan Pelajaran, Kuis, dan Tugas ke Kursus

Tentunya dalam kursus terdapat pelajaran kuis dan tugas, Nah bagaimana caranya? Seperti hal nya membuat kursus pada langkah sebelumnya, Dalam hal ini kamu bisa pilih menu LearnDash LMS >> Lessons >> Add New.

Kamu bisa mulai dengan menambahkan judul pelajaran dan deskripsi singkat. Menambahkan pelajaran sama halnya seperti menambahkan postingan di WordPress, Hal ini berarti kamu dapat menambahkan foto, galeri gambar, video, dan konten visual lainnya untuk membuat pelajaran menjadi interaktif.

Mengatur Pembelajaran Kursus Online
Mengatur Pembelajaran Kursus Online

Selanjutnya, kamu dapat menggeser ke bawah ke pengaturan Pelajaran. Disini, Kamu dapat mengaitkan pelajaran kamu dengan kursus yang sudah dibuat tadi, menambahkan tanggal ketersediaan pelajaran, dan masih banyak lagi.

Kamu dapat membuat  tugas dengan cara memilih opsi Unggah Tugas, Opsi ini memungkinkan untuk pengguna kamu menyerahkan tugas untuk kursus. Untuk melihat kiriman tugas, kamu dapat klik menu LearnDash LMS >> Assignments.

Untuk membuat kuis, Kamu dapat klik menu LearnDash LMS >> Quizzes dan menambahkan judul dan deskripsi untuk quiz baru. Setelah itu, Anda dapat menggeser ke bawah ke pengaturan Kuis untuk mengaitkannya dengan kursus, pelajaran, dan sertifikat.

Kamu juga dapat mengklik tombol Muat Template untuk menambahkan pertanyaan ke kuis kamu. Kunjungi tab Question untuk menambahkan pertanyaan baru untuk kuis kamu. Kamu juga dapat memilih Jenis Jawaban dan menambahkan jawaban untuk pertanyaan kamu.

Kamu dapat menambahkan pertanyaan sebanyak yang kamu inginkan untuk kuis yang kamu buat dan kemudian kembali ke bagian Edit Kuis. Klik pada tombol Publikasikan dan kuis kamu siap untuk pengguna kursus kamu.

6. Menambahkan Sertifikat Penyelesaian Kursus

Kamu dapat menambahkan sertifikat penyelesaian kursus. Pengguna kamu dapat mengakses sertifikat mereka saat mereka telah menyelesaikan kursus. 

Untuk merancang template sertifikat kursus online, Kamu dapat menggunakan software pembuatan gambar seperti Canva atau Adobe Photoshop. Atau kamu bisa mendownload template sertifikat di website penyedia gambar seperti Freepik.

Setelah desain sertifikat kamu sudah siap, Pilih menu LearnDash LMS >> Certificates, Disini kamu bisa mengatur sertifikat mengenai kursus online kamu. 

Itulah cara membuat website kursus online kamu sendiri dengan wordpress dengan memanfaatkan plugin LMS. Kamu bisa mulai membuatnya dan mulai menjual kursus online untuk mendapatkan uang dari online.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like