Mengintip Data Center Baru Facebook dengan Teknologi OCP

data center facebook
data center facebook

Pemuka Raksasa Sosmed, Facebook telah mengumumkan rencana mereka untuk membuka Data Center baru yang bernama EU2. Data center baru yang akan berlokasi di Clonee, Irlandia ini akan menjadi data center kedua milik Facebook di benua Eropa, yang sebelumnya telah memiliki data center di Luela, Swedia.

data center facebook
Ilustrasi data center EU2 Facebook (Kredit: Greenpeace)

 

Seperti ditulis Business Insider, Senin (25/1/2016), “Jika ditotal secara keseluruhan, Facebook saat ini telah memiliki enam data center yang tersebar di seluruh dunia. Raksasa media sosial terbesar di dunia ini memang membutuhkan kemampuan insfrastruktur yang memadai untuk menyimpan ribuan foto dan video yang diunggah, serta ‘likes’.”

Yang menarik, data center baru milik Facebook ini akan membuat gugup perusahaan-perusahaan lain . Bagaimana tidak, karena pakar network Facebook mengklaim data center baru mereka ini 100% ramah lingkungan karena menggunakan tenaga angin untuk menyuplai energi untuk ribuan komputer yang ada di data center tersebut.

Selain itu, ini merupakan data center pertama di dunia yang menggunakan teknologi Open Compute Project (OCP). Open Compute Project sendiri merupakan sebuah inisiatif dari Facebook yang dimulai pada tahun 2011 untuk benar-benar mengubah cara kerja server dan perangkat jaringan yang disesuaikan dengan usia internet.

Rencana ini membuat perusahaan yang terkait dengan bidang ini menjadi panik, seperti Cisco. Hal itu dikarenakan teknologi OCP dapat memberikan alternatif yang lebih murah dan fleksibel untuk kebutuhan teknologi server mereka. Sementara itu, perusahaan lain seperti Microsoft sudah mulai menerapkan beberapa konsep OCP ke dalam produk mereka.

Walaupun saat ini Facebook menjadi pelanggan perusahaan data center seperti Cisco dan Arista Networks untuk mengatur jaringan server mereka, namun dengan teknologi OCP bukan tidak mungkin Facebook akan melepas ketergantungan mereka kepada perusahaan tersebut. Pada pertengahan 2015, Facebook mengatakan bahwa teknologi OCP telah menghemat $2 milyar atau sekitar Rp27,7 triliun pada biaya operasional.

Cek Konten Lainnya:
Kenali Pengertian, Fitur-Fitur cPanel, Fungsi & Kelebihannya

-->
1 comment
  1. mantap gan tutorialnya ,, gan kalau boleh tanya , di kolom komentar saya kan comment facebook, cara mengubahnya ke komentar wordpress kembali gimana ya ? apa ada pengaruh dari template nya ? mohon bantuannya gan. website saya : situsjudiqq.com
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
digitalisasi pendidikan
Read More
Pertimbangan yang Perlu Kamu Perhatikan dalam Proses Digitalisasi Pendidikan
Mau nggak mau, digitalisasi pendidikan harus dilakukan. Nggak cuma karena pandemi, tapi karena kemajuan teknologi saat ini memang…
cara mempercepat koneksi wifi
Read More
Cek Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan HP, Anti Lemot!
Koneksi WiFi kamu kurang maksimal dan lemot? Sepertinya kamu perlu menerapkan cara mempercepat WiFi yang akan kita bahas…