7 Tips untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone 

meningkatkan kinerja smartphone
Smartphone

Hampir semua kalangan menggunajan Smartphone dengan platform Android. Karena perangkat ini tersedia berbagai harga. Namun, pemakaiannya untuk kegiatan sehari-hari membuat kinerjanya melambat. Bila smartphone sudah mengalami lemot atau lama saat digunakan, pasti akan membuatmu jengkel bahkan penat. Dibawah ini adalah 9 tips dari kami untuk meningkatkan kinerja Smartphone.

1. Meningkatkan kinerja smartphone lewat update

Salah satu penyebab lambatnya smartphone adalah kurangnya optimalisasi di sistem operasi. Dengan memperbarui sistem operasi, smartphone akan lebih optimal. Biasanya ada beberapa smartphone yang dapat memperbarui sistem operasi secara otomatis, tetapi kit juga dapat memperbarui seccara manual dengan cara masuk ke:

Pengaturan (Settings) > Tentang Telepon (About Phone) > Pembaruan (Software Update).

2. Menggunakan custom ROM

Menggunakan custom ROM dapat lakukan apabila sistem operasi bawaan smartphone terlalu memberatkan sistem. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk menggantikan sistem operasi bawaan smartphone, tetapi cara ini kita harus melakukan instalasi yang tidak biasa dan kamu harus mengerti beberapa aspek seperti:

  • Bagaimana cara root/superuser bekerja.
  • Pemilihan custom ROM yang cocok untuk smartphone.
  • Bagaimana cara instalasi custom recovery.
  • Bagaimana cara melakukan flashing.

Namun jika dalam meningkatkan kinerja smartphone kalian tidak memahami aspek diatas, disarankan untuk tidak menggunakan cara ini.

3. Mematikan atau mengurangi fitur sinkronisasi otomatis

Sinkronisasi (Sync) adalah upaya untuk menarik data baru dan menyajikannya kepada pengguna — yang sudah tentu menggunakan internet dan menguras bateraimu. Sinkronasi adalah salah satu penyebab lemotnya smartphone kita.

Cek Konten Lainnya:
Jajal 5 Aplikasi Belajar Online Terbaik ini Yuk Supaya Makin Semangat!

Kamu dapat mengakses pengaturan sinkronisasi di Settings (Pengaturan) > Accounts (Akun) > Auto-sync (Sink. Otomatis). Bagi beberapa orang yang tidak mau mematikan sinkronisasi otomatis, kamu dapat mengurangi frekuensi sinkronisasi dengan cara akun Google yang tidak kamu perlukan.

4. Periksa memori yang tersedia

Banyaknya aplikasi yang diunduh adalah alasan utama kinerja smartphone Android melambat. Batas minimal untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah dua puluh persen. Jadi bila smartphone memiliki kapasitas penyimpanan 8 GB, maka harus tersedia sekitar 1 GB memori yang tidak terpakai supaya proses meningkatkan kinerja smartphone bisa lebih lancar dan memberi ruang nafas bagi smartphone Anda.

5. Menghapus widget yang berlebihan

Beberapa pengguna cenderung memilih pakai widget. Namun bila lebih dari tiga widget terpasang pada homescreen smartphone kamu, itu justru akan mempengaruhi kinerja smartphone. Terlebih pada widget yang menggunakan third party launcher seperti news aggregator Babe.

6. Ketahui ruang kosong yang terpakai aplikasi

Kapasitas RAM yang tersedia akan sangat mempengaruhi kinerja smartphone, semakin tinggi RAM yang tersedia maka smartphone akan semakin aman dari sebutan ‘lemot’. Terlebih Anda yang hobi bermain game.

Meningkatkan kinerja smartphoen bakalan jadi langkah yang sangat krusial terutama yang berhubungan dengan kapasitas. Akan lebih baik  kamu memilih smartphone dengan kapasitas RAM di atas 2 GB. Jadi jika kalian akan menginstal sebuah aplikasi kalian harus mengetahui apakah aplikasi tersebut menguras RAM atau tidak.

7. Smartphone jarang di-restart

Cara ini paling mudah digunakan dan sering diaplikasikan oleh pengguna yang ingin meningkatkan kinerja smartphone. Dengan cara restart smartphone, kinerja smartphone akan bisa kembali normal. Atau Anda melakukan restart setelah mempraktikan beberapa tips yang telah kami sebutkan di atas.

Cek Konten Lainnya:
Algoritma Terbaru Instagram, Ini Dia Update-nya Tahun 2020 Ini
meningkatkan kinerja smartphone
meningkatkan kinerja smartphone
1 comment
  1. Dapatkan Bonus Menarik Setiap Harinya di metroqq • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Setiap hari Senin) • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)PIN BBM: 2BE32842
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Menggunakan Instagram, Pastikan Hindari Hashtag Terlarang Berikut Ini
Bagi sobat Jagoan yang menyenangi bermain Instagram dan suka membagikan cerita kamu mengenai foto-foto dan kegiatan kamu memang…
Read More
Cara Menginstal dan Mengkonfigurasi maldet (Linux Malware Detect – LMD)
Linux Malware Detect (LMD) adalah pemindai malware untuk Linux yang dirilis di bawah lisensi GNU GPLv2, yang dirancang…