Siapa Bilang Membosankan? Yuk Intip Serunya Sekolah Online Selama Pandemi!

serunya sekolah online
Photo by lucas law on Unsplash

Serunya Sekolah Online – Membangkitkan semangat saat beraktivitas di kala pandemi memang membutuhkan usaha ekstra ya, Sob? Terlebih lagi untuk para pelajar yang mau nggak mau harus beradaptasi melakukan proses pembelajaran secara online.

Selain nggak bisa bertatap muka secara langsung dengan teman-teman, tugas yang diberikan oleh para guru pun juga semakin banyak karena sebagai pengganti sekolah offline. Duh, tambah pusing!

Mengeluh boleh, asalkan jangan sampai menurunkan semangat untuk terus menuntut ilmu, ya! Meskipun proses pembelajarannya monoton, akan tetapi kamu bisa lho menjadikannya menarik dan tentunya menambah keseruan selama sekolah online berlangsung.

Apa saja hal-hal yang dapat menjadikan sekolah online kamu semakin seru? Simak yuk referensi kegiatan yang bisa kamu lakukan!

1. Bermain Game Online Bersama Teman Sekelas

serunya sekolah online
Photo by Bao Truong on Unsplash

Siapa di antara kamu yang nggak suka bermain game?

Sebagai salah satu kegiatan yang mampu melepaskan stress, tentunya bermain game dalam batasan yang wajar akan sangat menyenangkan untuk dilakukan! Terlebih lagi sudah banyak banget nih game yang bisa dimainkan secara bersama-sama dengan banyak orang.

Kamu pun bisa mengajak teman-teman sekelas (atau mungkin guru kamu) untuk bermain game setelah sesi pembelajaran online berlangsung. Selain menciptakan keseruan, tentunya hubungan kamu dengan teman dan guru menjadi lebih dekat, bukan?

2. Kegiatan Ekstrakurikuler? Kenapa Nggak?

Kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah untuk para siswa dalam menyalurkan hobinya di luar mata pelajaran sekolah. Misalnya saja kamu senang dengan kegiatan menggambar, taekwondo, hingga bermain musik.

Cek Konten Lainnya:
Smartphone Gamer Murah Pilihan Jagoanhosting!

Jika sebelum pandemi dilakukan di area sekolah, kenapa nggak memindahkan kegiatan tersebut secara online saja? Ternyata, cara seperti ini bisa diterapkan oleh pihak sekolah, lho!

Dengan mengandalkan video call, kamu bersama teman-teman yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler serupa dapat melakukannya di rumah masing-masing. Meskipun nggak dapat dipungkiri mungkin rasanya akan jauh lebih menyenangkan saat melakukannya secara langsung, akan tetapi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler secara online menjadi hal yang patut untuk dicoba!

3. Pembelajaran dalam Bentuk Kuis Menambah Serunya Sekolah Online

serunya sekolah online
Photo by stem.T4L on Unsplash

Proses pembelajaran nggak harus hanya sebatas mengajar, mendengarkan, mencatat, lalu selesai. Tentu, hal tersebut terlihat sangat membosankan, bukan?

Menambahkan sedikit variasi pembelajaran dengan mengubahnya menjadi bentuk kuis akan membangkitkan semangat para siswa untuk mengevaluasi apa saja yang telah dipelajari hari itu.

Terlebih lagi jika setiap siswa yang berhasil menjawab pertanyaan guru dengan baik, maka ada beberapa reward yang mungkin saja bisa membantu pembelajaran para siswa, seperti mendapat kesempatan untuk memperoleh nilai sempurna saat mengikuti ujian atau mendapatkan sesi les privat secara gratis. Wih!

4. Serunya Sekolah Online Makin Berasa Kalau Ada Sesi Bercerita

Sebagai makhluk sosial, salah satu bentuk komunikasi mulai terjalin ketika dua orang atau lebih saling bertukar cerita. Nah, hal tersebut bisa dimanfaatkan ketika sesi belajar online telah selesai dilakukan.

Dedicated Hosting

Para guru mungkin saja bisa memancing para siswa untuk menceritakan apa yang mereka rasakan setelah belajar kala itu, apakah ada uneg-uneg yang ingin disampaikan atau mengalami permasalahan dalam proses pengerjaan tugas.

Sekolah online ternyata nggak selalu membosankan, ya? Tinggal bagaimana siswa maupun guru mampu menciptakan suasana belajar menjadi lebih baik. Meskipun kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan, akan tetapi tetap saja pihak sekolah harus memperhatikan kualitas media pembelajaran online dengan baik supaya dapat diakses tanpa adanya hambatan.

Cek Konten Lainnya:
Data Mining: Pengertian, Fungsi, Metode & Penerapannya

Jagoan Hosting memahami kebutuhan dalam menunjang pembelajaran online untuk para siswa dan pengajar dengan menyediakan layanan Instant School Apps. Dengan adanya Instant School Apps, pihak sekolah yang ingin menyediakan media pembelajaran melalui situs atau aplikasi dapat memperolehnya dengan mudah dan cepat. 

Sebagai rekomendasi cloud hosting terbaik, Jagoan Hosting dapat menyesuaikan kebutuhan instansi sekolah berdasarkan jumlah siswa aktif dan nggak perlu lagi untuk menyewa jasa admin IT untuk melakukan konfigurasi, sehingga lebih hemat waktu dan biaya!

Yuk, buruan nikmati layanan Instan School Apps dari Jagoan Hosting yang satu ini dengan cara klik disini, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek versi php
Read More
Cara Cek Versi PHP di CMD, XAMPP dan cPanel
Pemilik website perlu mengetahui cara cek versi PHP yang digunakan. Hal tersebut penting untuk menjaga kelancaran dari suatu…
SSID adalah
Read More
Apa Itu SSID? Fungsi, Jenis, dan Cara Settingnya
SSID adalah sebuah istilah teknis yang biasanya digunakan para ISP (Internet Service Provider) sebagai nama jaringan WiFi. SSID…