SSL sangat penting bagi website, Tapi apakah kamu tahu mana yang lebih baik SSL Gratis atau SSL Berbayar? Saat ini memasang dan memiliki sertifikat SSL menjadi prasyarat untuk website apa pun. Sertifikat SSL berfungsi dan berperan penting untuk menjaga keamanan web.

Nah artikel ini akan membahas tentang perbandingan antara SSL gratis dan SSL berbayar beserta informasi mana yang lebih baik diantara kedua sertifikat tersebut.

Apa itu SSL

Secure Socket Layer atau SSL adalah sistem keamanan yang ditambahkan pada website dengan tujuan sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Website yang terpasang SSL akan berubah menjadi HTTPS.

Lalu apa perbedaan antara SSL gratis dan SSL berbayar? Walaupun pada dasarnya kedua jenis SSL tersebut memiliki fungsi yang sama, Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaanya?

SSL Gratis vs SSL Berbayar
SSL Gratis vs SSL Berbayar | Img Source : Google Images

SSL Gratis

Sesuai namanya, sertifikat ini bersifat gratis. Tujuan membuat sertifikat SSL tersedia gratis adalah untuk membuat akses ke HTTPS tersedia untuk semua situs web.

Sertifikat SSL gratis masuk ke dalam dua kategori. ‘Self-Signed Certificates’ adalah sertifikat yang tidak perlu ditandatangani oleh Otoritas Sertifikat mana pun. Mereka ditandatangani oleh penerbit sendiri. Di sisi lain, tipe kedua sertifikat SSL gratis yang tersedia di pasar ditandatangani oleh Otoritas Sertifikat (CA).

Sertifikat SSL gratis salah satunya dikeluarkan oleh Let’s Encrypt, Lets encrypt merupakan salah satu CA nirlaba terkemuka yang menyediakan sertifikat SSL / TLS gratis. 

SSL Berbayar 

Sertifikat berbayar dikeluarkan dan ditandatangani oleh otoritas sertifikat yang dapat dipercaya (CA) . Kamu bisa mendapatkan mendapatkannya langsung dari website Otoritas Sertifikat atau kamu dapat membeli dari pihak ke 3 atau yang disebut ‘Reseller’. Kamu juga membeli SSL Murah di Jagoan Hosting.

Perbandingan SSL gratis dan SSL Berbayar

Jadi SSL gratis atau SSL Berbayar? Untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa membaca perbandingannya terlebih dahulu. Nah berikut Perbandingan antara SSL gratis dan berbayar :

Jenis Sertifikat SSL

Sertifikat SSL gratis hanya datang dengan opsi Validasi Domain (DV) saja. Sertifikat DV hanya digunakan untuk menyediakan tingkat otentikasi dasar. Biasanya, mereka digunakan untuk platform seperti situs web kecil dan blog. 

Sertifikat SSL gratis tidak memiliki ketentuan untuk sertifikat Organization Validation (OV) dan Extended Validation (EV). Sedangkan sertifikat SSL berbayar memang datang dengan opsi OV & EV, yang mutlak diperlukan untuk melindungi situs web bisnis.

Tingkat Validasi 

Ketika harus memverifikasi rincian bisnis pemilik situs web sebelum mengeluarkan sertifikat gratis, CA tidak memvalidasi apa pun selain identitas pemilik situs web.

Sementara dalam kasus sertifikat SSL berbayar, verifikasi identitas pemilik situs web adalah suatu keharusan sebelum menerbitkan sertifikat kepada pemilik situs dan dalam kasus sertifikat OV & EV, verifikasi mendalam bisnis dilakukan oleh otoritas sertifikat (CA).

Masa berlaku

Sertifikat SSL gratis yang disediakan oleh CA populer dikeluarkan selama 30-90 hari. Akibatnya, pemilik situs web harus memperbarui sertifikat setiap 30-90 hari. Dalam hal sertifikat berbayar, sertifikat dapat diterbitkan untuk jangka waktu 1-2 tahun. Untuk sertifikat berbayar, Tinggal kamu yang menentukan akan berlangganan berapa tahun.

Dukungan

Otoritas sertifikat (CA) dan Reseller sertifikat berbayar berkomitmen untuk memberikan dukungan sepanjang waktu kepada pelanggan mereka. Pelanggan-pelanggan itu dapat memilih jenis dukungan apa pun yang mereka inginkan, apakah itu chat, email, atau panggilan. 

Di sisi lain, CA gratis tidak membantu pelanggan mereka dengan dukungan luar biasa seperti itu karena mereka tidak mampu melakukannya. Jika kamu memerlukan bantuan dengan masalah tentang SSL gratis, Kamu harus menyaring banyak posting forum lama untuk menemukannya.

Tingkat Kepercayaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sertifikat gratis hanya membantu validasi tingkat domain saja. Jika seseorang ingin mendapatkan sertifikat OV dan EV , Maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan sertifikat SSL berbayar. 

Dengan menggunakan sertifikat OV & EV terdapat sebuah indikator visual seperti nama bisnis di URL dan informasi Sertifikat dan segel situs yang lebih baik. Untuk sertifikat SSL gratis tidak menyediakan hal tersebut.

Jaminan

Sertifikat SSL berbayar ketika terjadi permasalahan terdapat Jaminan, Jaminan berbeda-beda sesuai jenis SSL berbayar yang kamu gunakan. Untuk SSL Gratis tidak menyedia jaminan, sehingga ketika terdapat permasalahan pada (CA) seperti Public Key Infrastructure maka tidak terdapat jaminan.

SSL Gratis atau SSL Berbayar? Mana yang Lebih Baik

Mana yang lebih baik? SSL Gratis atau SSL Berbayar. Sejauh ini SSL Berbayar lebih unggul dari beberapa hal. Apakah SSL berbayar lebih baik?

Sejauh menyangkut tingkat enkripsi, sertifikat SSL gratis memberikan tingkat enkripsi yang sama dengan yang dibayar. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, ‘Mengapa harus menggunakan yang berbayar jika kamu bisa mendapatkan secara gratis?’

Kamu mungkin sudah paham bahwa untuk mendapatkan SSL berbayar seperti OV dan EV membutuhkan proses verifikasi yang ketat dan mendalam. Dengan begitu ketika kamu menggunakan SSL berbayar maka indikator kepercayaan akan lebih tinggi. 

SSL berbayar sangat cocok untuk website toko online dan website bisnis, SSL berbayar menawarkan kepercayaan lebih tinggi. Selain itu, terdapat banyak kelebihan yang tidak dipunyai oleh SSL berbayar.

Kamu bisa bisa melihat pada bagian Perbandingan SSL di atas, Semua informasi mengenai kedua SSL tersebut sudah tertulis jelas. Dari perbandingan tersebut kamu mungkin sudah tahu mana yang lebih baik.

Itulah informasi mengenai SSL Gratis dan SSL Berbayar, Kamu mungkin sudah menentukan mana yang lebih baik. Jika kamu menggunakan SSL Berbayar, Kamu bisa membeli SSL murah di Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like