VPS Gratis dari Jagoan Hosting — Virtual Private Server atau yang biasa disebut VPS adalah versi lebih besar dan lebih canggih dari shared hosting. Nama VPS masih belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini sangat wajar, karena memang lebih banyak yang menggunakan shared hosting dibandingkan VPS.

Serupa dengan hosting, VPS juga bisa diartikan sebagai ruang penyimpanan website berupa server. Baik cloud server maupun server fisik. Satu server shared hosting diatur, diakses dan digunakan oleh beberapa pihak. Satu server ini menjadi hak milik dari beberapa website. Masing-masing pihak memiliki kapasitas ruang penyimpanan tertentu. Jadi, masing-masing pihak saling berbagi ruang penyimpanan.

Hal ini berbeda dengan VPS. Dari namanya saja sudah jelas bahwa jenis hosting yang satu ini adalah “private”. Satu server menjadi hak milik satu pihak saja. Kalau menggunakan VPS, kamu bisa melakukan konfigurasi sesukamu dan seluruh ruang penyimpanan bisa kamu gunakan sendiri. Kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Mengapa VPS?

VPS gratis dari Jagoan Hosting
gambar dari unsplash

Kenapa sih kita perlu menggunakan VPS? Hal ini sebenarnya tidak wajib. Kamu bisa menyesuaikan jenis hosting yang digunakan dengan kebutuhanmu. Jika shared hosting sudah dirasa cukup untuk website kamu, maka kamu tidak perlu beralih ke VPS. Tapi, Sob, kalau kamu merasa perlu ruang penyimpanan yang lebih besar, itu artinya kamu perlu menggunakan VPS.

Beberapa keunggulan VPS dibandingkan jenis hosting lainnya adalah:

  1. Bebas atur konfigurasi server
  2. Ruang penyimpanan lebih besar
  3. Website tetap lancar meskipun traffic tinggi
  4. High peak season tidak akan menyebabkan maintenance pada website
  5. Website menjadi lebih responsif

Kapan waktu yang tepat untuk memilih VPS?

Kapan VPS diperlukan? Kamu bisa saja memerlukan VPS sejak awal. Bisa pula, kamu baru membutuhkan VPS ketika bisnis kamu sudah berkembang menjadi bisnis lebih besar.

Memilih VPS sejak awal

Beberapa kondisi yang membuat kamu memerlukan VPS sejak awal adalah:

  1. Kamu mengelola perusahaan besar dengan traffic visitor yang tinggi
  2. Memiliki banyak karyawan sehingga memerlukan akun email bisnis yang banyak
  3. Menjalankan bisnis B2C yang memerlukan email serta website super responsif
  4. Menjalankan bisnis B2B dengan traffic besar
  5. Banyak data yang harus kamu unggah ke website, email atau domain lainnya

Beralih dari shared hosting ke VPS

Ada pula kondisi yang membuat kamu harus beralih ke VPS. Bisnis-bisnis yang awalnya merasa cukup dengan menggunakan shared hosting harus beralih ke VPS. Kondisi-kondisi yang menyebabkan hal ini adalah:

  1. Bisnis yang kamu kembangkan semakin besar
  2. Visitor website kamu semakin banyak (traffic tinggi)
  3. High peak season semakin sering terjadi
  4. Kamu ingin mengatur server hosting sendiri
  5. Kamu ingin memiliki server pribadi

Itulah kondisi-kondisi yang membuat kamu perlu beralih dari shared hosting biasa ke VPS. Di luar kondisi-kondisi yang sudah disebutkan tadi, kamu tetap bisa memilih VPS jika memang kamu merasa memerlukan VPS. Terdapat lebih banyak keunggulan di dalam VPS dibandingkan jenis hosting lainnya.

Kalau kamu masih ragu apakah ini saat yang tepat untuk menggunakan VPS, kamu bisa konsultasi dulu dengan kami, Sob. Tanyakan apapun yang ingin kamu tanyakan. Kami sediakan konsultasi secara gratis buat kamu.

Mumpung sekalian nih, Sob. Jagoan Hosting sedang mengadakan promo VPS gratis buat kamu! Jadi, yuk langsung klik link INI sekarang!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like