Plesk

VestaCP

Webuzo

Wordpress Toko Online

Wordpress Company Profile

CodeIgniter

Laravel

Prestashop

Joomla

Drupal

Nextcloud

Moodle

Open Cart

Cari tutorial

Cara Cek Resolve DNS Domain Kamu

Hai Sobat! Sobat pasti sering mendengar satu istilah yang sering disebut sebagai resolve domain jika Sobat sudah familiar dengan domain dan hosting.

Jikalau Sobat adalah seorang pemula dan ingin melakukan cek resolve DNS pun tetap bisa. Dalam prosesnya, pertama-tama dalam memeriksa proses resolve domain, hal yang harus dipastikan adalah apakah domain Sobat sudah resolve di negara-negara besar lain selain indonesia.

Begini Proses dari Cek Resolve DNS Domain Sobat Jagoan, Sob!


STEP 1: Sobat bisa akses https://whatsmydns.net


cek resolve dns

Tampilan awal whatsmydns


STEP 2: Sobat bisa masukkan nama domain Sobat, seperti contoh nya jagoanhosting.com lalu tekan button search


cek resolve dns

Tekan button search setelah memasukkan domain


STEP 3: Setelah itu whatsmydns akan memeriksa apakah domain Sobat resolve ke IP mana, tanda centang hijau menunjukkan domain Sobat sudah resolve di negara yang tertera sedangkan tanda merah berarti belum resolve. Berikut adalah contoh ketika domain sudah resolve di semua negara.


cek resolve dns

Status resolve semua negara

Apabila dari whatsmydns masih belum bisa berarti memang masih belum resolve. Masa resolve domain sendiri membutuhkan waktu yang berbeda-beda maksimalnya 2 x 24 jam. Namun pastikan DNS record Sobat sudah disetting dengan benar. Apabila lebih dari 2 x 24 jam DNS record Sobat masih tidak terbaca di whatsmydns, Sobat bisa menghubungi tim support provider domain Sobat agar bisa diperiksa.

Apabila dari whatsmydns sudah resolve semua sedangkan di koneksi Sobat belum resolve. Sobat bisa coba dahulu akses website Sobat menggunakan proxy atau menggunakan koneksi yang berbeda untuk memastikan.


Cara Test Akses Menggunakan Webproxy Pada Proses Cek Resolve DNS

Sobat bisa menggunakan beberapa web proxy untuk kemudahan seperti https://hide.me/en/proxy https://www.proxysite.com/ atau web proxy lain yang sangat banyak macamnya, bisa Sobat search di google dengan kata “free web proxy”

cek resolve dns

Masuk jagoanhosting.com lewat web proxy

*Perlu Sobat ketahui, bahwa kemampuan akses web proxy ini tidak terlalu baik untuk mengakses website, sehingga kadang tampilan web Sobat akan terlihat lama tampil atau sedikit rusak. Namun hal tersebut adalah hal yang normal, mengingat fungsi web proxy ini untuk mengetest saja apakah sudah resolve atau belum.

Apabila sukses maka kendalanya hanya terjadi pada device dan koneksi yang Sobat gunakan saja. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal.


1. Dikarenakan adanya cache DNS di PC yang Sobat gunakan


Device yang Sobat gunakan biasanya menyimpan data DNS dari domain-domain yang pernah diakses didalam DNS table masing-masing Device.


2. Dikarenakan DNS table ISP yang Sobat gunakan tidak sama seperti device yang Sobat gunakan.


Provider Internet Sobat juga memiliki server yang bertugas menyimpan DNS. Dan bisa saja DNS table ISP Sobat tidak update. Solusi yang bisa dicoba adalah mengganti DNS server yang digunakan di pengaturan network Sobat menggunakan DNS google berikut:

  • 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 setelah itu Sobat bisa clear cache DNSnya seperti di panduan nomor 1.
  • Apabila masih gagal, Sobat bisa menunggu DNS ISP Sobat akan melakukan update otomatis pada DNS mereka yang mana prosesnya terjadi secara otomatis dan tidak dapat diestimasikan berapa lama,

Catatan: Sobat bisa menghubungi provider internet Sobat agar mereka memeriksa lebih lanjut mengenai kendala ini kalau ingin lebih memastikan kondisi yang mendera Sobat supaya Sobat sendiri tak kesusahan dalam melakukan cek resolve DNS Sobat ya Sob.


Kalau Sobat Jagoan masih bingung dengan tutorial di atas, Sobat Jagoan bisa menghubungi admin Jagoan Hosting lewat Live Chat ataupun Open Tiket ya Sob! Semangat Sob!

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ada yang baru sob! Tempat buat kamu diskusi & tanya jawab di Forum JagoanHosting

Cek langsung TKP!