Cari tutorial

Cara Instalasi Litespeed dan Management Litespeed

Hai Sob! Litespeed yang terintegrasi dengan cpanel merupakan software berlisensi yang digunakan untuk menggantikan apache agar menghasilkan webserver yang unggul. Setelah 15 hari lisensi trial, kamu akan diharuskan mengupdate lisensi litespeed. Beon tidak mensupport lisensi litespeed secara langsung, sehingga apabila kamu menggunakan litespeed. kamu perlu membeli lisensi litespeed di https://store.litespeedtech.com/store/cart.php. Simak artikel dibawah ini ya untuk cara instalasi litespeed Sob!


STEP 1 : Lakukan Commend cd /usr/src pada SSH kamu


STEP 2 : Lalu jalankan command berikut : wget http://www.litespeedtech.com/packages/cpanel/lsws_whm_plugin_install.sh


STEP 3 :  Jika sudah, sekarang jalankan command berikut : sh ./lsws_whm_plugin_install.sh


STEP 4 : Tunggu proses nya sampai selesai dan bila sudah selesai sekarang kamu perlu login ke WHM melalui browser.


STEP 5 : Masuk ke menu Litespeed Web Server untuk mengisi form instalasi Litespeed nya, jika kamu sudah memiliki lisensi Litespeed maka dipilih opsi “serial number” dan kamu masukkan kode lisensi Litespeed di kolom yang disediakan.Namun jika belum memiliki kamu bisa mencoba trial license dahulu yang masa aktifnya 15 hari dengan memilih opsi “Trial license”


STEP 6 : Setelah itu pada kolom “Port Offset” kamu isikan 0


STEP 7 : Lalu kamu isikan juga username dan password untuk Litespeed web admin console serta alamat email kamu sebagai Administrators Email.


STEP 8 : Jika sudah klik tombol “Next” untuk memulai instal plugin Litespeed di WHM kamu.


STEP 9 : Setelah proses instal selesai, nanti tampilan menu “Litespeed Web Server” akan seperti ini

STEP 10 : Apabila sudah maka perlu kamu ubah dulu ke webserver apache karena konfigurasi di Litespeed belum selesai, untuk merubah ke apache silahkan diklik tombol “Switch to Apache”


STEP 11 : Setelah web server apache running, maka sekarang kamu sinkronkan web server litespeed dengan konfigurasi PHP yang sudah terinstall di apache dengan mengklik tombol “Build Matching LSPHP”


STEP 12 : Jika sudah selesai proses build matching lsphp nya, silahkan kamu klik tombol “Enable EasyApache Integration” tujuan nya agar ketika kamu melakukan recompile webserver pada menu Easyapache yang biasanya untuk mengaktifkan module php di server, maka otomatis module tersebut juga terinstal di Litespeed. Setelah itu kamu aktifkan php suExec di Litespeed dengan cara klik tombol “LiteSpeed Configuration”


STEP 13 : Klik menu “PHP suEXEC Quick Configuration” lalu ubah value “Enable PHP suEXEC” menjadi yes dan klik tombol update.


STEP 14 : Setelah itu kamu kembali ke menu “Litespeed Web Server” dan mengubah web server nya ke Litespeed dengan mengklik tombol “Switch to Litespeed”

Done instalasi Litespeed sudah selesai dan VPS kamu sudah menggunakan web server Litespeed.


Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Kamu wajib baca artikel ini juga Sob!

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!