Cara Mudah Install Multi PHP Dan PHP Ekstensi VPS cPanel

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Hai Sob, kamu sudah tidak asing lagi kan dengan WHM Server? Di WHM ini sendiri terdapat EasyApache 4. Nah dengan EasyApache 4 kamu bisa menginstall, mengkonfigurasi, dan memperbarui PHP. Sehingga kamu bisa mengatur versi PHP untuk domain kamu lewat WHM. 

Lalu bagaimana caranya? Langsung simak saja langkah - langkahnya di bawah ini.

Prasyarat

  1. Memiliki akses ke WHM.
  2. Sudah memiliki domain aktif yang akan dipasang Multi PHP

Menginstall Multi PHP dan Ekstensi PHP Dari WHM

STEP 1, Login ke WHM Panel kamu dan temukan EasyApache 4 dengan cara menuliskan easy pada kolom pencarian kiri atas. Atau bisa juga pilih Software > EasyApache 4 seperti gambar di bawah ini

STEP 2, Setelah memilih EasyApache 4 nantinya akan tampil gambar seperti di bawah. Di sini terdapat bagian Currently Installed Packages, dan klik tombol Customize di bagian kanannya.

STEP 3, Pada tampilan di bawah pilih PHP Versions.

STEP 4, Di menu versi PHP ini kamu dapat memilih versi PHP yang ingin kamu install. Jika sudah pilih Next untuk melanjutkan.

STEP 5, Selanjutnya masuk ke menu PHP Extensions, di menu ini kamu bisa memilih ekstensi PHP yang kamu butuhkan atau bisa juga semuanya.

Setelah di menu PHP Extensions, sekarang kamu beralih pada menu Review, di menu ini kamu bisa mencari sendiri ekstensi yang akan kamu pasang dengan menuliskan di kolom pencarian. Selanjutnya pilih tombol switch on/off di bagian kanan. Jika sudah kamu bisa klik Next.

STEP 6, Selanjutnya pilih tombol Provision dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Mengkonfigurasi Versi PHP Untuk Domain

Untuk menentukan versi PHP yang akan kamu pakai untuk domain kamu. Caranya masuk ke WHM > Software > MultiPHP Manager. Atau bisa juga tuliskan php pada kolom pencarian di kiri atas.

Selanjutnya cari domain yang akan kamu atur versi PHP nya. Lalu pada menu dropdown pilih versi PHP tersebut. 

Penutup

Gimana Sob, nggak ribet kan? Dengan mengikuti tutorial ini kamu sudah selesai belajar cara mengkonfigurasi PHP lewat WHM. Tunggu apalagi Sob, segera praktekan ya semoga berhasil!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?