Plesk

VestaCP

Webuzo

Wordpress Toko Online

Wordpress Company Profile

CodeIgniter

Laravel

Prestashop

Joomla

Drupal

Nextcloud

Moodle

Open Cart

Cari tutorial

Service Manager dan Cara Pengecekan Service

Hai Sob!

Di dalam WHM, terdapat menu Service Manager yang berisi driver-driver pemantau/monitor service server.TailWatch, merupakan menu untuk memonitor log untuk setiap aktivitas tertentu di server, dan kemudian mengambil tindakan berdasarkan aktivitas tersebut. Modul driver, memantau service secara spesifik dan berisi instruksi tindakan apa yang harus dilakukan setelahnya (misalnya, log apa yang harus dipantau dan apa yang harus dilakukan dengan log/informasi tersebut). Untuk caranya, simak terus panduan di bawah ini ya Sob!


STEP 1: Buka menu Service Manager pada WHM kamu.

 

Tailwatch ini memiliki modul driver yang memiliki tugas berbeda-beda dalam melakukan monitoring service cPanel, yaitu sebagai berikut :

  • Chkservd
  • Cpbandwd
  • Eximstats
  • Jailmanager
  • Modseclog
  • recentauthedmailiptracker

STEP 2: Secara default modul-modul driver tersebut sudah aktif didalam WHM setelah server telah dibuat. Kemudian scroll ke bawah akan menampilkan list service-service dari cPanel.


Ini dia penjelasan dari gambar di atas :

  • Pada “Deselect a service to disable it” akan menampilkan service-service cPanel yang aktif dan dipantau (monitor) oleh Tailwatch. Ada 2 status yaitu Enable yang berfungsi untuk mengaktifkan service cPanel (jika di centang) dan menonaktifkan servicenya (jika tidak di centang), kemudian Monitor yang berfungsi untuk melakukan monitoring dan mengirimkan email ke admin apabila ada error atau log yang terjadi pada service yang bersangkutan.
  • Secara default, service-service cPanel tersebut mayoritas aktif semua, meskipun ada sedikit yang nonaktif. Dan sebagai admin server, kamu bebas ingin mengaktifkan dan menonaktifkan service yang mana. Sebagai tips, pada service Exim Mail Server (on another port) terdapat form untuk penambahan port SMTP yang mana defaultnya 25, dan 26. Dan disarankan untuk menambahkan port 587 untuk altternatif port lainnya.

Pentingnya menu Service Manager ini, memungkinkan kamu sebagai admin server untuk segera melakukan pengecekan server ketika mendapatkan notifikasi email dari tailwatch terkait adanya error atau log pada service yang di pantau/monitor.


Kalau misalkan Kamu masih bingung, santai aja Sob. Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoanhosting lewat Live Chat ataupun Open Ticket yak!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Ada yang baru sob! Tempat buat kamu diskusi & tanya jawab di Forum JagoanHosting

Cek langsung TKP!