PHP X-Ray di cPanel untuk Optimasi Kecepatan Web

Dedicated Hosting
Admin Tutorial
Latest posts by Admin Tutorial (see all)

PHP X-Ray Cloudlinux adalah fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan website berbasis Content Management System (CMS) PHP, seperti WordPress, Drupal, dan Joomla.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci apa itu PHP X-Ray Cloudlinux, manfaatnya untuk website, dan langkah-langkah cara menggunakannya di cPanel. Dengan menggunakan PHP X-Ray Cloudlinux, kamu dapat mengidentifikasi penyebab website lambat dan mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan akurat.

Apa Itu PHP X-Ray Cloudlinux?

PHP X-Ray Cloudlinux merupakan fitur yang dimiliki oleh Cloudlinux, sebuah sistem operasi khusus untuk server. Fitur ini bekerja dengan memantau kinerja dan masalah yang terjadi pada website berbasis CMS PHP.

Hasil pemantauan ini akan diolah menjadi laporan yang berisi faktor-faktor yang menyebabkan website menjadi lambat. Dengan demikian, kamu dapat mengoptimasi website berdasarkan analisis dari PHP X-Ray Cloudlinux.

Manfaat Fitur PHP X-Ray

Cloudlinux PHP X-Ray Cloudlinux memiliki manfaat yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja website. Beberapa manfaatnya antara lain:

Mengidentifikasi plugin yang mempengaruhi loading website

PHP X-Ray Cloudlinux dapat mengidentifikasi plugin yang mempengaruhi kecepatan loading website. Dengan informasi ini, kamu dapat menonaktifkan plugin tersebut untuk meningkatkan kecepatan website.

Mendeteksi perintah database yang memperlambat website

Fitur ini juga dapat mendeteksi perintah database yang memperlambat kecepatan website. Misalnya, perintah untuk memunculkan statistik pengunjung di website. Dengan informasi ini, kamu dapat mengurangi atau tidak menampilkan statistik tersebut untuk meningkatkan kecepatan website.

Mengidentifikasi permintaan eksternal dan fungsi sistem lainnya

PHP X-Ray Cloudlinux dapat mengidentifikasi permintaan eksternal dan fungsi sistem lainnya yang mempengaruhi kecepatan website. Beberapa fungsi ini mungkin tidak diperlukan dan dapat dinonaktifkan untuk meningkatkan kecepatan website.

Cara Menggunakan PHP X-Ray

Persiapan Sebelum kamu dapat menggunakan PHP X-Ray di cPanel, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan. Pastikan telah mempersiapkan dua hal berikut:

  1. Layanan hosting yang mendukung PHP X-Ray: Pastikan menggunakan layanan hosting yang mendukung PHP X-Ray. Kamu dapat memeriksa dengan menghubungi penyedia hosting untuk memastikan layanan ini tersedia.
  2. Website dengan CMS berbasis PHP: PHP X-Ray dapat digunakan untuk mengoptimalkan website dengan CMS berbasis PHP, seperti WordPress, Joomla, Drupal, Magento, dan OpenCart. Pastikan website kamu menggunakan salah satu CMS ini sebelum melanjutkan.

1. Buka cPanel

Setelah mempersiapkan dua hal di atas, langkah berikutnya adalah masuk ke cPanel. Kamu dapat masuk ke cPanel melalui akun hosting dan mencari menu cPanel pada dashboard hosting.

2. Setup X-Ray App

Setelah masuk ke cPanel, scroll ke bawah hingga menemukan menu Software. Setelah itu, klik pada X-Ray App untuk mengatur penggunaan PHP X-Ray.

4. Mulai Melacak

Setelah masuk ke halaman PHP X-Ray, klik tombol “Start tracing” untuk memulai proses pelacakan.

Akan muncul pop-up “Start Tracing”. Isikan URL websitemu pada kolom sebelah kiri. Selanjutnya, isi kolom sebelah kanan dengan subdomain website. Jika tidak ada subdomain, dapat menggunakan tanda “/” sebagai penggantinya. Setelah itu, klik “Run”.

5. Tunggu Proses Pelacakan

Setelah memulai proses pelacakan, PHP X-Ray Cloudlinux akan mengumpulkan informasi mengenai segala aktivitas yang terjadi pada website. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pelacakan bervariasi, tergantung pada seberapa banyak fitur yang ada di website.

Meskipun demikian, kami menyarankan untuk menunggu minimal dua hingga tiga jam. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisa website yang akurat.

6. Periksa Analisa X-Ray

Setelah menunggu proses pelacakan selesai, dapat kembali ke halaman PHP X-Ray. Selanjutnya, klik simbol mata pada kolom Actions untuk melihat hasil analisa websitemu.

Hasil analisa X-Ray akan menampilkan informasi mengenai performa website, termasuk waktu respon server, waktu eksekusi skrip, penggunaan memori, dan informasi lainnya yang dapat membantu dalam mengoptimalkan website.

  • hasil analisa php x-ray

kamu akan menuju halaman Recorded sessions. Di sini tampil informasi jumlah sesi yang berhasil dilacak fitur yang satu ini. 

  • recorded sessions x-ray

Untuk mengetahui apa yang terjadi pada sesi tersebut, silakan klik kolom tabel analisa yang berwarna merah.

  • issue php x-ray

kamu akan melihat laporan analisa website menurut PHP X-Ray Cloudlinux. Di sini, kamu juga bisa mendownload laporan tersebut dalam bentuk PDF.

download analisa x-ray

Nah, laporan analisa PHP X-Ray terdiri dari beberapa parameter, yaitu:

  • Top issues – Menampilkan masalah utama yang membuat website lambat.
  • Top software modules/plugin – Menampilkan daftar plugin terpasang di website.
  • Top database queries –Menampilkan daftar perintah database di website.
  • Other system functions – Menampilkan fungsi lain di website, baik fungsi bawaan atau fungsi plugin lain.

7. Lakukan Optimasi Website

Berdasarkan hasil analisa X-Ray, beberapa temuan ternyata memperlambat website. Sekarang saatnya menonaktifkan beberapa temuan yang bikin website lambat.

PHP X-Ray adalah fitur Cloudlinux OS yang berguna untuk memantau kinerja website. Mulai dari plugin pihak ketiga, perintah database, sampai fungsi sistem lain yang diterapkan pada website. Dengan begitu, kamu bisa mengoptimasi website dengan mudah untuk meningkatkan kecepatannya.

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related Posts
Tutorial Pantau Visitor, Spy, dan Traffic Website melalui AWSTAT

Halo, Sob! Kamu penasaran gimana sih caranya pantau visitor kamu? Nah, kita punya tutorialnya nih, Yuk, simak bareng! Sebenernya, Sob, Read more

Tutorial Menambahkan IP di Cpanel untuk Remote MYSQL

Hi Sobat Jagoan! Seperti yang sudah diketahui, bahwa keberadaan CPanel memungkinkan para usernya untuk menambahkan IP address lebih dari 1. Read more

Cara Redirect Domain Melalui cPanel

Hai Sob! Apa sobat bingung gimana cara setting redirect website Sobat melalui cPanel? Santai aja Sob! Jagoan Hosting punya solusinya. Read more

Tutorial Setting dan Konfigurasi PHP dengan PHP Selector di cPanel

  Hai, Sob, suka pusing mikirin gimana mengganti versi PHP kamu pada cPanel? Gak perlu bingung, Sob, karena kali ini Read more